Teknik Belajar Feynman Method Cara Mudah Menghafal Teori Pelajaran

Teknik Belajar Feynman Method Cara Mudah Menghafal Teori Pelajaran

Teknik Belajar Feynman Method Cara Mudah Menghafal Teori Pelajaran (harustahu.info)

HarusTahu.info - Belajar adalah sesuatu hal yang wajib untuk semua orang, tidak mengenal usia dan tempat di manapun dan kapanpun semua harus belajar semua hal.

Namun, ada beberapa orang yang merasakan kesulitan saat menghafal dan memahami teori. Solusinya adalah dengan teknik Belajar Feynman Method

Metode Belajar Teknik Feynman 

Richard Feynman adalah seorang fisikawan teoretis yang terkenal di dunia dan sangat sukses, bahkan berhasil memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1965. Dia adalah orang yang brilian.

Dan Feynman mengembangkan metode pribadinya sendiri untuk mempelajari dan menginternalisasi topik secara mendalam. Sekarang dikenal sebagai teknik Feynman, ini adalah proses sederhana, berisi 4 langkah berulang:

Langkah 1 – Belajar

Langkah pertama mudah. Bahkan, siapa pun yang membaca artikel tentang proses belajar mungkin sudah melakukannya.


Yang harus Anda lakukan adalah memilih topik dan mulai belajar.


Secara alami, ini masuk akal untuk studi berbasis pendidikan, tetapi juga dapat bekerja dengan baik untuk keterampilan lain seperti olahraga. Cukup tuliskan semua hal yang Anda ketahui tentang keterampilan di selembar kertas. Cobalah dan uraikan menjadi komponen intinya dan berusahalah untuk memahaminya secara keseluruhan.

Contoh


Sebagai contoh, kita akan menggunakan permainan catur.

Dengan mengingat hal itu, menerapkan langkah 1 untuk belajar catur akan menjadi sederhana. Anda hanya perlu mulai mempelajari aturan dan strategi dasar. Ingatlah bahwa Anda harus cukup tahu sehingga Anda dapat mengajar orang lain di langkah 2.


Langkah 2 – Ajarkan

Setelah Anda benar-benar membahas topik tersebut, saatnya untuk langkah 2. Anda akan mengajarkannya kepada orang lain.

Jika Anda lebih suka menghindari mengajar seseorang, Anda bisa mengajarkannya kepada audiens imajiner. Tetapi teknik Feynman bekerja jauh lebih baik jika Anda menggunakan orang sungguhan. Mereka akan dapat memberikan umpan balik dan memberi tahu Anda ketika ada sesuatu yang tidak jelas.

Idealnya, orang yang Anda ajar akan mengajukan pertanyaan dan menyelidiki Anda, mencoba menemukan lubang di basis pengetahuan Anda. Ini mungkin terasa sedikit tidak nyaman, tetapi itulah yang Anda butuhkan untuk melanjutkan ke langkah 3.


Contoh:

Melanjutkan contoh catur, langkah kedua mengharuskan Anda mengajari orang lain bermain catur. Anda harus bisa menjelaskan tujuan permainan, aturan, bagaimana potongan bergerak dan beberapa strategi dasar untuk menang.

Saat siswa Anda mengajukan pertanyaan, Anda pasti akan menemukan lubang dalam pengetahuan Anda – pertanyaan yang tidak dapat Anda jawab. Tapi inilah yang Anda inginkan.


Langkah 3 – Isi Kesenjangan

Seperti yang saya sebutkan, langkah 2 akan mengungkap beberapa kesenjangan dalam pengetahuan Anda.

Langkah 3 melibatkan kembali belajar, tetapi dengan fokus yang intens pada kesenjangan ini. Tujuan dari langkah 3 adalah untuk menghilangkan kelemahan ini dan mengubahnya menjadi area kekuatan.

Contoh:



Lubang apa dalam pengetahuan Anda yang ditemukan pada langkah 2? Jika Anda tidak dapat mengingat dengan jelas bagaimana sebuah bidak bergerak, bagaimana sebuah aturan bekerja atau mengapa strategi tertentu efektif, maka ini adalah kelemahan yang perlu difokuskan.

Sekarang, Anda dapat kembali dan mempelajari apa yang perlu Anda ketahui. Memulihkan aturan dan mencari informasi mengenai efektivitas strategi.

Langkah 4 – Sederhanakan

Idealnya, Anda sudah sangat meningkatkan pemahaman Anda tentang keterampilan target. Namun, Anda belum selesai. Sekarang Anda perlu menyederhanakan konten.

Langkah ini sangat efektif dalam membangun pemahaman kohesif Anda tentang suatu subjek. Untuk dapat memotong kekacauan dan menjelaskan sesuatu dengan sangat jelas sehingga bahkan anak kecil dengan kosa kata yang terbatas dapat mengerti, sangatlah sulit. Mencoba melakukan ini, memaksa Anda untuk tidak hanya menguasai informasi/keterampilan secara mendalam tetapi juga memahami bagaimana semua elemen yang berbeda bergabung bersama.

"Jika Anda tidak bisa menjelaskannya kepada anak berusia enam tahun, Anda sendiri tidak memahaminya."
- Albert Einstein

Contoh:

Anda sekarang memiliki pemahaman yang jauh lebih baik tentang catur. Tapi bisakah Anda menjelaskannya dengan cara yang sederhana dan jelas sehingga orang lain pasti akan mengerti? Mungkin tidak. Catur adalah permainan yang kompleks dengan banyak aturan dan strategi yang terlibat. Untuk dapat menjelaskan hal ini kepada seorang anak yang tidak pernah bermain dan membuat mereka mengerti, adalah tugas yang sulit.

Pecahkan menjadi bentuk yang paling sederhana. Cobalah untuk mengungkapkan ini dengan cara yang singkat dan jelas. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Nah itulah penjelasan, terkait Teknik Belajar Feynman Method Cara Mudah Menghafal Teori Pelajaran


Total dibaca: 83x | Berikan Komentar!


Penulis : Roni Setya
Sastra, Jokes, And Blogger

Semua itu indah tinggal bagaimana cara kita menikmati hidup ini saja :)

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Situs DPR RI di Sambangi Hacker Tampilan Berganti Dewan Pengkhianat Rakyat
NULIS ?