Jago Lagu
Jago Lagu

Bunga Bank 0% dan Terpotong Admin Masih Mau Nabung di Bank? Ini Rinciannya

Bunga Bank 0%  dan Terpotong Admin Masih Mau Nabung di Bank? Ini Rinciannya

Bunga Bank 0% dan Terpotong Admin Masih Mau Nabung di Bank? Ini Rinciannya (harustahu.info)

HarusTahu.info - Mungkin dulu orang beranggapan menabung di bank selalu untung dengan adanya bunga. Namun nyatanya salah, kini anda bisa merasakan potongan admin tiap bulan tanpa mendapatkan bunga sepersen pun dari pihak bank.

    Hanya bank-bank tertentu saja yang masih konsisten memberikan bunga dengan persentase tertentu, bunga 0% ini berlaku untuk jumlah simpanan dengan nominal tertentu ya. Tidak semua simpanan diberikan bunga 0%

    Rincian Persentase Bunga Bank di Indonesia

    Masing-masing bank telah menerapkan pembaruhan terkait nominal dan presentase bunga tabungan, berikut rinciannya:

    Bank Mandiri

    Misalnya untuk Tabungan Rupiah Bank Mandiri untuk tabungan 0 - Rp 1 juta suku bunga 0%, lalu Rp 1 juta sampai kurang dari Rp 50 juta juga berlaku bunga 0%.

    Selanjutnya untuk tabungan Rp 50 juta kurang dari Rp 500 juta akan mendapat bunga 0,10%. Lalu tabungan Rp 500 juta kurang dari Rp 1 miliar suku bunganya 0,6%. Lalu untuk tabungan di atas Rp 1 miliar suku bunganya 0,6%.


    Suku bunga akan berbeda untuk setiap produk. Untuk tabungan berjangka mulai dari 1 sampai jangka waktu 15 tahun diberikan bunga mulai dari 1% - 1,85%.


    Bank Negara Indonesia (BNI)

    Untuk simpanan kurang dari Rp 1 juta bunga 0% (p.a). Lalu simpanan di atas Rp 1 juta hingga Rp 50 juta suku bunganya 0,10%. Kemudian di atas Rp 50 juta hingga Rp 500 juta 0,20%, selanjutnya Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar 0,60% dan di atas 1 miiar 0,80%. Dari keterangan di website, suku bunga BNI Taplus ini berlaku mulai 04 Februari 2022.

    OCBC NISP

    Di OCBC NISP untuk simpanan kurang dari Rp 1 juta bunganya 0%. Lalu simpanan Rp 1 juta sampai dengan kurang dari Rp 30 juta bunganya 0,10%. Selanjutnya simpanan Rp 30 juta hingga kurang dari Rp 100 juta bunganya 0,10%. Untuk simpanan Rp 100 juta sampai dengan Rp 500 juta bunganya 0,50 juta dan simpanan lebih dari Rp 1 miliar bunganya 1%.


    CIMB Niaga

    Untuk beberapa jenis produk di CIMB Niaga seperti XTRA Savers Special untuk saldo rata-rata bulanan kurang dari Rp 1 juta bunga tabungan adalah 0%. Lalu untuk tabungan Rp 1 juta sampai kurang dari Rp 100 juta adalah 0,25%. Kemudian tabungan Rp 100 juta sampai kurang dari Rp 250 juta bunganya 1%.

    Lalu tabungan Rp 250 juta sampai kurang dari Rp 500 juta bunganya 2%. Selanjutnya untuk tabungan Rp 500 juta hingga kurang dari Rp 5 miliar bunganya 2,25% dan di atas Rp 5 miliar 2,5%.


    CIMB Niaga juga menyebut suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diinformasikan kepada nasabah melalui cabang. Metode perhitungan bunga dan nisbah adalah tiering progrssive kecuali produk TabunganKu, SimPel, Xtra Pandai dan Xtra Dinamis.


    Panin Bank

    Untuk bunga tabungan dengan rata-rata saldo 0 - Rp 1 juta adalah 0%. Kemudian saldo Rp 1 juta sampai kurang dari Rp 10 juta 0,25%.

    Kemudian saldo Rp 10 juta sampai kurang dari Rp 25 juta 0,25%. Saldo Rp 25 juta sampai kurang dari Rp 100 juta 0,50%, saldo Rp 100 juta kurang dari Rp 1 miliar 1%. Lalu saldo Rp 1 miliar sampai kurang dari Rp 10 miliar 1,25% dan saldo di atas Rp 10 miliar 1,5%.


    Tanggapan Masyarakat Terkait Bunga Tabungan di Bank

    Banyak respon masyarakat luas terkait persentase bunga di bank, ada yang pro dan kontra terhadap hal ini. Seperti yang di himpun dari forum detikcom.

    Arif J mengatakan "Memang bank kita gunakan untuk kemudahan transaksi. Tentu saja kita harus bayar. Namun rata-rata spread antara loan dan deposit harus dibatasi misalnya 5 persen supaya tidak terjadi pemerasan."

    Harry mengatakan "Yang ada nabung d bank stiap sbntr ads potongan admin,potongan biaya transfer,potongan2 yg ngga jelas lainnya,sptnya aturan perbankan indonesia harus d revisi ulang,soalnya merugikan konsumen"


    Bambang mengatakan "Udah bunga 0%, lalu akan di potong biaya2 pula... Minus jadinya...."

    Richard mengatakan "Wah, bunga 0%, pdhl bunga kredit 8-10%. Skrng inflasi setengah tahun udh 5%, yg bakal nyentuh 8-10%. Nyimpen uang dibank mah, sacara nilai bakal turun terus berarti "

    Lubis mengatakan "Jgn emosional, kalau nasb tidak diberi bunga sewajarnya bank juga kasih bunga kredit range 4-6% pertahun kan tidak ada beban bunga simpanan dan bank sudah dpt biaya admin simpanan juga biaya prarealisasi kredit, provisi dan admin, kickback asuransi jiwa juga bunga kredit... Jadi bisa bantu UMK dgn bunga kredit murah"


    Rio mengatakan "Jika sampai tabungan nominal 50 Jt gak dapat bunga tapi terpotong biaya admin dan pajak, maka golongan masyarakat kecil bebas dari riba’ karena gak ada bunga"

    Itulah pembahasan, Bunga Bank 0% Masih Mau Nabung di Bank dan Kepotong Admin? semoga bermanfaat.


    Hits: 648x | Berikan Komentar!

    Hosting Unlimited Indonesia
    Harus Tahu Ekonomi
    Redaksi Harus Tahu

    Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

    Komentar (0)
    Tinggalkan Komentar
    Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
    Komentar ()

    MENARIK UNTUK DIBACA!

    Selamat Hari Batik Nasional 02 Oktober, Ketahui Sejarah Hari Batik di Indonesia
    NULIS ?