Jago Lagu
[CLOSE]

Unik! Coba Lihat Foto Ini Warnanya Bisa Berubah Pada Setiap Orang Yang Melihat

Unik! Coba Lihat Foto Ini Warnanya Bisa Berubah Pada Setiap Orang Yang Melihat

Unik! Coba Lihat Foto Ini Warnanya Bisa Berubah Pada Setiap Orang Yang Melihat

HarusTahu.info - Foto gaun seorang wanita membuat banyak netizen berdebat, sebenarnya ini adalah foto lama yang sempat viral tahun 2015 silam. Namun, kembali menyebar di media sosial yang membuat banyak orang berdebat mengenai warnanya. Foto Ini Memiliki Warna Yang Berbeda Pada Setiap Orang Yang Melihatnya.

Ada yang menyebut ini warna biru dan hitam, ada pula yang menyebutnya gold dan putih.

Pemilik Foto Kebingungan

Foto gaun yang di bagikan oleh sebuah akun Tumblr "swiked" ini menimbulkan kontroversi di media sosial. Bahkan sang pemilik akun, Caitlin McNeill (21) dari Skotlandia mengaku bingung, sekaligus kaget karena foto gaun itu membuatnya sempat menjadi trending di Twitter (#TheDress) pada tahun 2015 silam.


Unik! Coba Lihat Foto Ini Warnanya Bisa Berubah Pada Setiap Orang Yang Melihat  Gaun Berwarna Ganda Biru Hitam dan Gold Putih




Kenapa ada yang melihatnya warna biru hitam dan putih emas?

Penjelasan Perbedaan Warna

Orang di Deadspin melakukan analisis menggunakan aplikasi Photoshop, yang mengejutkan adalah bahwa setidaknya di dalam foto itu tampak biru dan coklat. Setelah dilakukan reverse atau warnanya dibalik, tampaknya menjadi lebih ke putih dan emas.


Hasil Penelitian dan Pengamatan, Apakah Ilusi Optik?

Dikutip dari idntimes, cahaya memasuki mata melalui lensa dengan gelombang yang memiliki panjang sesuai warna yang masuk. Cahaya mengenai retina di belakang mata di mana pigmen mengalami koneksi saraf ke korteks visual (bagian dari otak yang memproses sinyal itu ke dalam gambar).

"Ledakan" cahaya pertama terbuat dari gelombang yang merefleksikan apa pun yang kamu lihat. Nah, otak bakal mendefinisikan warna cahaya yang memantul dari mata. Pada dasarnya, otak akan mengurangi warna dari warna "asli" objek itu (dalam hal ini, gaun biru itu).



Tapi persepsi ini bisa kehilangan keseimbangan (off balance) dengan warna benda-benda yang berada di dekatnya. Warna di sekitar gaun itu sangat "kacau" sehingga otak tidak yakin apa warna gaun itu.

Analisis digital dari foto gaun itu menunjukkan bahwa salah satu renda hitam itu berwarna oranye di foto. Dengan demikian, orang-orang yang menganggap daerah sekitar renda itu gelap cenderung melihat warna putih dalam biru dan warna emas dalam hitam. Itu semua tergantung pada cara otak merasakan dan memproses warna.

Jay Neitz, profesor oftalmologi (kelainan mata) dan peneliti penglihatan warna dari University of Washington mengaku dia sudah mempelajari perbedaan individu dalam penglihatan warna selama 30 tahun dan foto gaun ini adalah salah satu perbedaan individu warna terbesar yang pernah ia lihat! dan Neitz melihat bahwa gaun itu berwarna putih dan emas.


So, tidak perlu cemas! Ini bukan kesalahan pada diri kalian atau mereka, ini hanya tentang kemampuan pemrosesan otak yang berbeda. Seperti penggunaan otak kanan dan otak kiri.

Selesai sudah artikel terkait, Unik! Coba Lihat Foto Ini Warnanya Bisa Berubah Pada Setiap Orang Yang Melihat



Total dibaca: 2556x | Berikan Komentar!


Penulis : Syifa Azizah
Singing Is Power

Saya itu suka bernyanyi tapi kadang juga suka menulis biarpun ga banyak hihihi

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Memahami Arti dari Tawasul dalam Ajaran Islam
NULIS ?