Jago Lagu
[CLOSE]

Pengertian Kerja Sama Konsinyasi dalam Perdagangan dan Ilmu Ekonomi

Pengertian Kerja Sama Konsinyasi dalam Perdagangan dan Ilmu Ekonomi

Pengertian Kerja Sama Konsinyasi dalam Perdagangan dan Ilmu Ekonomi

HarusTahu.info - Konsinyasi merupakan sebuah kegiatan yang hampir dijalankan oleh semua pembisnis di seluruh dunia, lebih diutamakan pada jenis perdagangan produk atau barang. Apa sebenarnya pengertian konsinyasi itu?

Pengertian Konsinyasi

Secara bahas konsinyasi adalah jual titip, atau dapat diartikan menjual produk di tempat atau lokasi dagang seseorang dalam jangka waktu tertentu. Dan biasanya jika barang tidak laku akan dibawa kembali.

Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Konsinyasi adalah tindakan memberikan suatu barang kepada pihak lain, agar pihak tersebut dapat melakukan pengendalian, penyimpanan, maupun perawatan terhadap barang, hingga barang tersebut dapat terjual. Konsinyasi dilakukan setelah ada perjanjian antara dua pihak, yakni pengamanat dan komisioner.


Contoh Konsinyasi

Misalkan anda adalah seorang produsen kripik singkong, anda melakukan kerjasama pada outlet-outlet yang menjual produk oleh oleh khas kota tertentu. Kemudian anda menerapkan kerjasama konsinyasi, yaitu anda menaruh produk di sana dalam jumlah tertentu kemudian anda akan mengambilnya kembali selang beberapa waktu ke depan.


Biasanya bisa seminggu sekali, atau 3 hari sekali tergantung permintaan dari pemilik outlet.

Semakin produk anda laris terjual maka permintaan dari outlet juga akan semakin banyak, dan sebaliknya jika barang anda tak kunjung terjual maka akan dikembalikan dan meminta ganti baru agar tidak kadaluawarsa.



Pembagian hasil dari penjualan konsinyasi biasanya 80% : 20% ada juga 90% : 10%, tergantung dari kesepakatan bersama di awal. Namun, jenis kerjasama konsinyasi sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.


Bagi penjual resiko kerugian sangat kecil bahkan tidak mengalami kerugian jika produk anda tidak laku, sedangkan keuntungan untuk anda sebagai produsen adalah tidak perlu repot-repot membuka kios dan tentunya lebih hemat biaya operasional.

Nah, itulah sekilas tentang Pengertian Kerja Sama Konsinyasi dalam Perdagangan dan Ilmu Ekonomi



Total dibaca: 1611x | Berikan Komentar!


Penulis : Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Hebat! Ternyata Gerakan Sholat Mampu Menjaga Kesehatan Tubuh
NULIS ?