Jago Lagu

Kepercayaan Jawa! Satu Suro Tidak Boleh Melakukan Kegiatan Ini

Kepercayaan Jawa! Satu Suro Tidak Boleh Melakukan Kegiatan Ini

Kepercayaan Jawa! Satu Suro Tidak Boleh Melakukan Kegiatan Ini (harustahu.info)

HarusTahu.info - Malam satu suro dalam adat jawa menjadi unik dan juga menyeramkan bagi sebagian kepercayaan yang bila di langgar dapat mengakibatkan kesialan.

Kegiatan Yang Dilarang Saat Satu Suro

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dilarang atau tidak boleh dilakukan pada Bulan Suro.

1. Adakan pesta hajatan

Selain pesta pernikahan pesta hajatan lain juga tak boleh diadakan pada bulan Suro.

Sebagian masyarakat menganggap bulan Suro adalah bulan yang buruk sehingga pantang mengadakan berbagai pesta hajatan seperti sunatan, dan acara bahagia lainnya.

2. Berpindah rumah

Budaya masyarakat Jawa mempercayai kalau tak baik apabila berpindah rumah di bulan Suro. Menurut mitos di Jawa, hari-hari di bulan Suro bukanlah hari baik sehingga tidak dianjurkan melakukan pindahan rumah.


Mitos ini dipercaya hingga sekarang, bahkan ada klaim yang mengatakan bahwa siap saja yang berani melanggar pantangan Suro akan mengalami kesialan dan ketidakharmonisan dalam rumah tangga.


3. Tak Boleh Bicara ‘Tapa Bisu’

Ritual yang biasa dilakukan pada 1 Suro adalah Tapa Bisu. Ritual Tapa Bisu ini dilakukan dengan cara mengelilingi benteng Keraton Yogyakarta dan pada saat melakukan ritual tak boleh berbicara sepatah kata apapun.

Selain itu kegiatan seperti makan, minum, merokok juga sangat dilarang untuk dilakukan saat ritual ini berlangsung.


4. Melakukan Perjalanan Jauh dari Rumah

Selanjutnya adalah tidak boleh sering keluar rumah apalagi perjalanan jauh. Tepat pada saat malam satu Suro, sangat dilarang untuk pergi keluar rumah atau melakukan aktivitas di luar rumah.

Larangan ini sangat dipegang teguh oleh masyarakat Jawa, orang tua akan melarang anak-anaknya untuk tidak keluar rumah tepat pada Malam 1 Suro.


Hal itu dipercaya akan menimbulkan musibah dan hal yang buruk dalam hidup apabila dilanggar.

5. Pesta Pernikahan

Dalam tradisi budaya Jawa ketika memasuki bulan Suro, orang tua melarang keras untuk mengadakan pesta pernikahan anak-anak mereka.


Berdasarkan kepercayaan orang Jawa mengadakan pernikahan pada bulan Suro dipercaya akan mengundang kesialan kepada kedua belah keluarga pengantin.


Alasan dilarangnya pesta hajatan diadakan pada bulan Suro kerena dianggap menyaingi ritual keraton, yang dirasa sepi dan tak lagi menimbulkan aura keramat.

Namun sebagian masyarakat tak meyakini larangan yang satu ini, karena pantangan ini disebut sebagai teori tak berdasar. Tapi hingga kini sebagian orang masih percaya dengan mitos tersebut.

Percaya atau tidak hal-hal tersebut sudah menjadi tradisi dan kepercayaan adat jawa saat tiba malam satu suro. Bagaimana dengan kalian? Apakah percaya?




Hits: 101x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia
Paling Viral
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari ini.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

MENARIK UNTUK DIBACA!

Cara Mendapatkan Kursus Gratis Secara Online
NULIS ?