Jago Lagu
[CLOSE]

Spesifikasi Konsol PS5 Yang Dirilis oleh Sony, Super Banget!

Spesifikasi Konsol PS5 Yang Dirilis oleh Sony, Super Banget!

Spesifikasi Konsol PS5 Yang Dirilis oleh Sony, Super Banget! (portalgaming.id)

HarusTahu.info - Sony dikabarkan akhirnya secara resmi memperlihatkan bentuk konsol gim terbaru mereka, yakni PlayStation 5 (PS5). Dalam acara live streaming bertajuk PS5 - The Future of Gaming pada hari ini, Jumat (12/6/2020), Sony menyibak tabir misteri penampilan konsol penerus PS4 tersebut.

Dari tampilan, PS5 tampil dengan bentuk yang futuristik, unik, dan berbeda dari desain konsol milik Sony sebelumnya. Sayang, perusahaan asal Jepang tersebut tidak mengungkap berapa harga PS5 saat meluncur di pasaran pada musim liburan 2020 nanti. Salah satu kejutan terbesar pada acara ini adalah penampakan konsol PS5 digital edition.  

Sesuai dengan namanya, konsol PS5 digital edition ini tidak memiliki hanya bisa digunakan bermain gim-gim digital atau download dari PS Store. Hal ini karena Sony menghilangkan optical disc drive yang biasa digunakan untuk bermain gim fisik. Lebih lanjut, Sony belum mengungkap lebih detail tentang kapasitas penyimapanan untuk konsol PS5 digital edition ini.

Berhubung hanya bisa memainkan gim secara digital, wajar bila Sony menyertakan konsol digital edition ini memiliki SSD dengan kapasitas yang lebih besar dari versi standarnya. Informasi, PS5 akan disertakan SSD berkapasitas 825GB. Sama seperti saingannya, Xbox Series X, PS5 ditempatkan secara vertikal. Pada bagian bodi atas, Sony menempatkan ventilasi khusus yang berfungsi untuk pembuangan panas, berdampingan dengan USB-A dan USB-C.

Selain itu, perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang ini juga membuat beberapa aksesori khusus untuk PS5 seperti DualSense, kamera dengan resolusi HD, headset nirkabel Pulse 3D, dan sebuah remote.


Menyoal salah satu aksesori PS5 yakni DualSense, seperti pengontrol DualShock, D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol, sementara dua stik analognya ada di bagian bawah. DualSense juga disematkan touchpad yang dipasang di tengah dan bilah lampu yang didesain ulang, dan berada di setiap sisi touchpad.


Beralih ke dapur pacu, PS5 ditenagai CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2. Sebelumnya, pada bulan Maret 2020 lalu, Sony sempat mengumumkan bahwa mereka akan menyematkan cip AMD khusus dengan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU.

Sony juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan gim. SSD akan menyediakan penyimpanan 852GB dan kinerja sampai 5,5GB. Perusahaan mengharuskan semua gim dipasang ke SSD internal agar cepat terbaca langsung oleh sistem.



Salah satu pengembang gim yakni Epic Games baru-baru ini menunjukkan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang berjalan cukup mengesankan saat dipasang di PS5, mereka memamerkan pemuatan gim hingga resolusi 8K dan efek pencahayaan yang dinamis.

Tak hanya mendukung resolusi 8K, PS5 juga mendukung grafik 4K pada kecepatan refresh 120Hz dan audio 3D. PS5 kata Sony akan didukung lebih dari 4.000 judul, termasuk jajaran gim yang ada di PlayStation 4. 


"Kami mengharapkan judul yang kompatibel akan berjalan pada frekuensi yang ditingkatkan pada PS5 sehingga mereka dapat memperoleh manfaat dari frame rate yang lebih tinggi, stabil, dan resolusi tinggi," ujar Sony.

sumber: cnnindonesia.com



Total dibaca: 1619x | Berikan Komentar!


Penulis : Harus Tahu Tekno
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita teknologi digital terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Helikopter Penerbad TNI Angkatan Darat Jatuh di Kendal
NULIS ?