Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Kenapa Sekarang Banyak Video Youtube Berdurasi 8 Menit

Kenapa Sekarang Banyak Video Youtube Berdurasi 8 Menit

Pixabay.com

HarusTahu.info - Pernahkah anda memperhatikan perkembangan durasi video-video yang ada di Youtube? Sebelumnya banyak sekali video dengan durasi 10 menit keatas bertebaran diberbagai channel-channel Youtube, namun kedepan para kreator video mulai meninggalkan format tersebut dan lebih banyak membuat video 8 menit. Ada apa gerangan?

Perubahan Peraturan Youtube dan Fitur Terbarunya

Tentunya pembuatan video dengan durasi diatas 10 menit tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendatangkan keuntungan lebih bagi para konten kreator. Dengan membuat video diatas lebih batas yang ditetapkan Youtube tersebut maka seorang kreator dapat menambahkan lebih banyak iklan pada videonya tidak hanya diakhir dan diawal video melainkan pada bagian tengah atau disela-sela video yang ia monetisasi.

Format iklan tersebut dinamakan mid roll ads, pastinya kalian mungkin sering terganggu dengan iklan seperti ini bukan? Saat sedang seru-serunya menonton film dokumenter yang panjangnya hampir satu jam atau bahkan lebih pasti akan ada banyak sekali kesempatan anda untuk berjumpa dengan iklan dan menekan tombol skip pun semakin sering dilakukan (makanya langganan Youtube Premium :)

Nahh, dengan adanya peraturan dan fitur baru tersebut, maka para pemilik video Youtube yang sudah mengaktifkan monetisasi di channelnya dapat meletakkan iklan di vidoenya yang berdurasi lebih dari 8 menit, jadi tidak harus 10 menit baru bisa memanfaatkan fitur mid roll ads seperti pada aturan yang sebelumnya. 

Maka dengan ini kemungkinan kita sebagai penonton/penikmat video untuk melihat iklan akan lebih tinggi daripada sebelumnya, karena peraturan Youtube ini yang mana memberikan kelonggaran dan keringanan bagi para video creator untuk memperbanyak pendapatannya dengan iklan.


Siapa juga yang tidak mau lebih banyak uang dari Google adsense? Pasti semua kreator video akan memanfaatkan fitur ini semaksimal mungkin demi meningkatkan income channel-nya. Maka dari itu Youtube mempertimbangkan untuk menerapkan peraturan dan fitur barunya bagi semua video dan akun yang memenuhi syarat ini secara otomatis dan default.


Mungkin ada beberapa konten kreator yang tidak ingin penontonnya terganggu dengan iklan di video 8 menitnya, boleh juga! Untuk menyetel dan mengatur fiturnya untuk dinonaktifkan agar iklan tidak muncul ditengah-tengah video. Itu semua bisa diatur lewat pengaturan monetisasi di dashboard Youtube Studio.

Jalan berpikir kebanyakan konten kreator pastinya adalah dengan memakai prinsip ekonomi! Dengan modal sedikit-dikitnya untuk menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Untuk apa lagi membuat video panjang berdurasi lebih dari 10 menit untuk mendapatkan mid roll ads jika hanya dengan 8 menit lebih saja sudah bisa dapat memanfaatkan fitur tersebut.



Kiar-kira begitulah mayoritas konten kreator berpikir mengenai hal ini, namun tidak menutup kemungkinan tetap akan ada saja yang lebih mengutamakan kualitas daripada efisiensi dan tetap berusaha membuat video bukan berdasarkan keuntungan namun lebih kepada idealismenya dalam membuat konten.

Sehingga untuk kedepannya format 10 menit mulai jarang terlihat oleh channel-channel Youtube yang mengejar konten demi uang, dan video berdurasi 8 menit akan lebih umum untuk ditemukan serta berjamuran dimana-mana, tidak hanya terbatas bagi Youtuber angka namun juga para influencer dan selebgram terkenal.



Total dibaca: 2861x | Berikan Komentar!


Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Berkenalan Dengan Sistem LPSE Situs Web Paling Ramai Visitor di Indonesia
NULIS ?