Jago Lagu
[CLOSE]

Pengertian Omnibus Law dalam Sebuah Negara, Apa Keuntungan dan Kekurangannya?

Pengertian Omnibus Law dalam Sebuah Negara, Apa Keuntungan dan Kekurangannya?

Pengertian Omnibus Law dalam Sebuah Negara, Apa Keuntungan dan Kekurangannya?

HarusTahu.info - Undang-undang sapu jagat atau undang-undang omnibus atau sering juga diucapkan dengan kata "omgniguslow" merupakan sebuah regulasi atau Undang-Undang (UU) yang mencakup berbagai isu atau topik. Indonesia sebagai negara berkembang kini telah menerapkan omnibus law dalam berbagai sektor tak terkecuali dalam hal ekonomi, dan topik lainnya.

Pengertian Omnibus Law

Omnibus Law adalah peraturan dalam sebuah negara yang mencakup banyak topik. Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Undang-undang sapu jagat atau undang-undang omnibus adalah istilah untuk menyebut suatu undang-undang yang bersentuhan dengan berbagai macam topik dan dimaksudkan untuk mengamandemen, memangkas dan/atau mencabut sejumlah undang-undang lain.

Keuntungan Omnibus Law

1. Memangkas Regulasi Yang Berlebih


Alasan pemerintah membuat omnibus law lantaran sudah terlalu banyak regulasi yang dibuat. Tak jarang, satu regulasi dengan regulasi lainnya saling tumpang tindih dan menghambat akses pelayanan publik, serta kemudahan berusaha. Sehingga membuat program percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sulit tercapai.


2. Memperbaiki Indeks Kualitas Regulasi Negara


Dalam lingkup ASEAN, posisi Indonesia masih berada di peringkat kelima di bawah Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Tak hanya membuat indeks regulasi Indonesia rendah, banyaknya regulasi juga telah memunculkan fenomena hyper regulation. Karena itu penyelenggara pemerintah berniat merevisi aturan perundang-undangan yang saling berbenturan.Jika dilakukan secara konvensional, revisi undang-undang secara satu per satu diperkirakan akan memakan waktu lebih dari 50 tahun. Dengan begitu pemerintah berpikir bahwa skema omnibus law adalah jalan satu-satunya yang bisa menyederhanakan regulasi dengan cepat.



3. Memperbaiki Peraturan yang Tidak Efisien

Menghilangkan tumpang tindih antar peraturan perundang-undangan. Efisiensi proses perubahan/pencabutan peraturan perundang-undangan. Menghilangkan ego sektoral yang terkandung dalam berbagai peraturan perundang-undangan.


Kelemahan Omnibus Law

Sedangkan beberapa kelemahan Omnibus Law, lanjutnya, adalah mengancam kearifan lokal yang berbeda-beda di setiap daerah. Aturan tersebut dianggap tidak memperhatikan perbedaan atau local wisdom di setiap daerah. Kemudian, ada beberapa kelemahan yang dinilai para buruh bisa mengancam keberlangsungan hak-hak buruh.


Kesimpulan

Secara teori, Omnibus Law ini bagus, tujuannya akan mempermudah aturan yang ada. Tinggal implementasinya ke depan yang perlu dikawal dan dimaksimalkan.

Nah itulah terkait topik Pengertian Omnibus Law dalam Sebuah Negara, Apa Keuntungan dan Kekurangannya?



Total dibaca: 1698x | Berikan Komentar!


Penulis : Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Alasan Kenapa Wikipedia Tidak Menayangkan Iklan
NULIS ?