Jago Lagu
[CLOSE]

Atasi masalah Kurap, Panu, Kudis dan Gatal dengan 4 tanaman ini

Atasi masalah Kurap, Panu, Kudis dan Gatal dengan 4 tanaman ini

google.com

HarusTahu.info - Kurap, panu, kudis dan gatal-gatal merupakan beberapa masalah kulit yang sering terjadi pada beberapa orang. Salah satu pemicu atau penyebanya adalah infeksi jamur dan tungau pada area kulit bagian luar, dan hal tersebut mampu menimbulkan warna kulit belang, bentuk ruam lingakaran pada kulit, menjadikan kulit kering, dan tentu saja akan menimbulkan sensai gatal, terlebih lagi saat sedang banyak berkeringat. 

Penyakit kulit panu, kudis, kurap tentu saja bisa di tularkan ke orang lainnya dengan cara tanpa sengaja berkontak langsung ataupun dengan menggunakan peralatan yang sama dengan orang yang mempunyai masalah tersebut. Sebagai contoh yaitu berdepetan kulit dalam waktu lama, menggunakan baju yang bergantian ataupun menggunakan kain handuk yang sama.

Akan tetapi perlu kamu ingat bahwa penyebab panu dan kurap pada kulit adalah jamur, sedangkan kudis di sebabkan oleh infeksi tungau.

Pada dasarnya penyakit kulit satu ini tidak berbahaya akan tetapi bagian kulit yang terinfeksi akan menjadi belang dan hal ini bisa menurunkan kepercayaan diri di hadapan banyak orang.

Nah jika kamu mempunyai masalah kulis yang seperti di sebutkan di atas, cobalah untuk menggunakan beberapa jenis tumbuh-tumbuhan berikut.


1. Betadine batang atau betadine pohon

Betadine batang atau dengan nama ilmiahnya Jatropha multifida, tanaman satu ini biasa di kenal juga dengan nama jarak cina atau jarak tintir, tanaman satu ini sering dijadikan tanaman hias didepan rumah. Pemanfaatan terletak pada gerahnya yang berwarna bening kecoklatan.


Getah dari daun tumbuhan satu ini mempunyai keampuhan dalam membunuh jamur, tungau, bakteri serta mencegah infeksi lainya. Tak sampai disitu saja getah betadine batang juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka bernanah, bisul dan luka lecet.

Jika di tempat kamu terdapat tumbuhan betadine batang tak ada salahnya untuk menggunakan manfaatnya, cukup teteskan getah daun ke area kulit yang bermasalah maka getah akan langsung cepat mengering, agak sedikit pedih jadi cukup hati-hati mengenai mata.


2. Daun sirih

Berikutnya ada sirih, daun sirih memang sudah dikenal sejak lama dan hingga kini masih banyak digunakan sebagai obat. Daun sirih (Piper betle) adalah tumbuhan herbal berkhasiat merambat yang kerap kali digunakan bagian daunya.

Daun sirih di ketahui memiliki sifat alami berupa anti-bakteri, anti-tungau dan anti-fungi, itulah kenapa daun satu ini kerap kali digunakan dalam menghilangkan bau tak sedap pada badan dan mengatasi masalah keputihan pada wanita.


Tak sampai disitu khasiat daun sirih lainnya di ketahui juga mampu mencegah terjadinya pendarahan lebih lanjut pada hidung (mimisan) dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Kamu bisa menggunakan tumbuhan satu ini untuk mengatasi masalah gatal-gatal, panu dan kurap pada area kulit.


3. Daun Ketepeng

Ada yang tahu dengan tumbuhan satu ini? Daun kaskado atau dikenal juga dengan ketepeng (Senna alata) adalah tanaman liar yang kerap tumbuh subur di semak-semak, tepian sungai, blukar dan hutan, bahkan terkadang tumbuhan satu ini tumbuh di tepian jalan.


Pemanfaatan tanaman ketepeng sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, pasalnya ekstrak dari daun ketepeng kerap kali digunakan dalam campuran salep atau obat krim untuk mengobati masalah kulit seperti panu, kudis, kurap dan gatal-gatal.

Adanya kandungan senyawa yang bersifat anti-bakteri, anti-fungi, anti-tungau dan anti-infeksi pada daun tumbuhan satu ini, sehingga kamu bisa menggunakanya sebagai obat alami.

Penggunaanya terbilang sangat mudah yaitu dengan cara menumbuk daun ketepeng hingga halus lalu kemudian tempelkan pada area kulit yang bermasalah.


4. Jahe dan laos

Jahe dan laos adalah tumbuhan rizoma atau akar-akaran alias tanaman yang di manfaatkan bagian akarnya sebagai rempah-rempah dan paling sering digunakan, baik itu sebagai bumbu masakan, jamu hingga bahan baku obat-obatan.

Kemampuan jahe dan laos dalam mengatasi masalah panu, kudis dan kurap didapati dengan adanya kandungan minyak atsiri alami yang terkandung di dalamnya, minyak atsiri tersebut diketahui bersifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-randang dan anti-fungi.

Beberapa masyarakat dahulu juga sering menggunakan khasiat laos dan jahe sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit diatas.


Cara menggunakanya yaitu cukup gosok akar jahe dan laos pada permukaan kulit yang terdapat panu, kurap dan kudis hingga kemerahan.

Namun jika kamu menpunyai kulit yang sensitif ada bainya jangan menggunakan cara satu ini karena bisa menyebabkan iritasi akibat gesekan.

Nah itulah beberapa tanaman yang mempunyai kefektifisatan dalam mengobati masalah kulit seperti panu, kurap, kudis dan gatal-gatal. Terlebih lagi jika kamu mencampurkan semua tanaman tersebut menjadi satu maka khasiat yang akan diberikan sangat ampuh. Selamat mencoba.

Referensi : Kumpulan tanaman herbal.


Total dibaca: 1266x | Berikan Komentar!


Penulis : putrras
Student

ga ada kerjaan

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *

Komentar ()
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Bahayanya Resesi Dalam Ekonomi Suatu Negara
NULIS ?