Jago Lagu
[CLOSE]

Ternyata Anggur pernah Tumbuh di Skandinavia!

Ternyata Anggur pernah Tumbuh di Skandinavia!

Ternyata Anggur pernah Tumbuh di Skandinavia!

HarusTahu.info - Anggur adalah buah yang terkenal mewah dan panganan kalangan atas jika di tempat kita. Ya memang pada dasarnya ini disebabkan karena anggur bukanlah tanaman asli yang berasal dari negara kita melainkan banyak tumbuh subur baik itu domestik maupun liar disekitaran wilayah Laut Mediterania dan Eropa.

Sejarah Tanaman Anggur

Jika kita lebih menelusuri lebih dalam lagi asal-usul tanaman anggur ini maka daerah Kaukasus sekitaran Armenia adalah tempat anggur pertama kali dibudidayakan. Hingga menyebar ke masa Pharaoh-Mesir Kuno dan kini di masa modern anggur telah menjadi komoditas pertanian utama di negara-negara seperti Timur Tengah, Turki, Prancis, dan Italia.

Namun tahukah kamu? Jika anggur hanya bisa tumbuh subur di tempat yang beriklim sesuai dengan kharakteristiknya yaitu tidak terlalu dingin dan lebih cocok dengan iklim subtropis seperti di kawasan sekitaran Mediterania.

Berarti dengan kondisi  alam yang sekarang ini dimana daerah sekitaran Eropa utara ataupun Skandinavia yang tanahnya membeku karena beriklim tundra tidak akan mungkin bisa ditanami anggur, sehingga diharuskan mengimpor dari negara-negara lain yang memiliki perkebunan anggur seperti Jerman ataupun Prancis.

Di Masa Lalu Anggur Tumbuh Liar di Skandinavia

Lalu jika anggur tidak bisa tumbuh di Eropa Utara masa sekarang ini, kapan itu pernah terjadi?


Sejarah mencatat jika anggur sudah pernah beberapa kali tumbuh secara liar di bagian bumi belahan utara di saat kondisi bumi lebih hangat daripada sekarang ini, kita sebenarnya saat ini sedang memasuki zaman es kecil dimana beberapa bagian dari bumi kita diselimuti salju.


Sekitaran abad ke-9 hingga abad ke-13 sebuah periode yang disebut sebagai Medieval Warm Period (MWP) dimana suhu bumi mengalami kenaikan sehingga wilayah belahan bumi bagian utara dapat lebih hangat dan bisa ditumbuhi tanaman anggur.

Pemanasan global yang terjadi di abad 9 tersebut berbeda dengan yang terjadi sekarang ini, faktor yang mengakibatkan hal tersebut ada banyak beberapa diantaranya seperti aktivitas vulkanik gunung berapi yang menurun yang menyebabkan radiasi dari sinar matahari lebih banyak mengenai bumi.



Kenaikan suhunya pun tidak separah sekarang yang hampir menyentuh 1°C palingan saat Periode Hangat Abad Pertengahan kenaikan suhu hanya mencapai 0,2°C.

Suhu yang lebih hangat-pun juga pernah terjadi saat zaman perunggu peradaban manusia di wilayah Nordik tersebut, dimana wilayahnya saat itu memiliki suhu yang jauh lebih hangat sekitaran tahun 900SM. Iklim saat itu setara dengan suhu wilayah Jerman Tengah dan Prancis Utara modern ini.


Ternyata Anggur pernah Tumbuh di Skandinavia!


Total dibaca: 1630x | Berikan Komentar!


Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Bulan Dzulhijjah Temukan Banyak Keutamaan di Dalamnya
NULIS ?