Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Selamat Hari Batik Nasional 02 Oktober, Ketahui Sejarah Hari Batik di Indonesia

Selamat Hari Batik Nasional 02 Oktober, Ketahui Sejarah Hari Batik di Indonesia

Selamat Hari Batik Nasional 02 Oktober, Ketahui Sejarah Hari Batik di Indonesia

HarusTahu.info - Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 02 Oktober setiap tahunnya, tahukah anda kenapa bisa jatuh pada hari itu untuk hari batik nasional. Bagaimana sejarah hari batik nasional di Indonesia?

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 lalu oleh UNESCO.

Kini di Indonesia diperingati sebagai Hari Batik Nasional setiap tanggal 02 Oktober.

Sejarah Hari Batik Nasional

Bagi orang Indonesia, batik sudah tak lagi asing. Selembar kain batik tak cuma indah dipandang, tapi juga menyimpan sejarah panjang di baliknya, dari budaya, perseteruan, tingkat kehormatan, sampai akhirnya diakui PBB.



Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh Presiden ke-2 RI Soeharto saat menghadiri konferensi PBB. Sebelumnya dia juga kerap memberikn batik sebagai oleh-oleh untuk tamu negara.

Setelah itu, batik didaftarkan untuk mendapat intangible cultural heritage di UNESCO pada 4 September 2008 lalu.


Perjalanan panjang itu pun baru berbuah pada 9 Januari 2009 di era pemerintahan Presiden SBY. Batik diterima secara resmi oleh UNESCO, kemudian baru dikukuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi usai sidang ke-4 UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.



Menyambut baik hal tersebut, Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapkan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia. Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

UNESCO menilai bahwa teknik, simbol, dan budaya batik melekat dengan jalan panjang kebudayaan Indonesia.


Mengenal Lebih Jauh Dengan Batik

Batik sebenarnya sebuah teknik menggambar motif pada kain dengan menggunakan canting dan malam. Kata 'batik' sendiri berasal dari bahasa Jawa 'amba' yang berarti menulis dan 'titik'.


Batik di Nusantara sendiri dimulai sejak masa Kerajaan Majapahit. Hal itu dibuktikan oleh sejumlah arca batu dari zaman Kerajaan Majapahit. Konon, Arca Harihara, yang merefleksikan pendiri Majapahit, Raden Wijaya, mengenakan batik kawung.

Kejayaan batik masa Kerajaan Majapahit juga terlihat dari sisa peninggalan batik yang di Mojokerto dan Bonorowo (kini Tulungagung). tradisi membatik ini hanya dikenal di dalam wilayah kerajaan. Batik menjadi sesuatu yang 'ningrat' dan eksklusif. Ia hanya digunakan sebagai pakaian raja dan para pembesar kerajaan.


Artikel ini dikutip dari CNNIndonesia.com, dengan judul Sejarah Perayaan Hari Batik Nasional 2 Oktober


Total dibaca: 1684x | Berikan Komentar!


Penulis : Syifa Azizah
Singing Is Power

Saya itu suka bernyanyi tapi kadang juga suka menulis biarpun ga banyak hihihi

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Potret Blue Lake, Danau yang Memiliki Air Terjernih di Dunia
NULIS ?