Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Tips Jaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Energik Yuk!

Tips Jaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Energik Yuk!

Tips Jaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Energik Yuk! (harustahu.info)

HarusTahu.info - Ramadhan baru saja berjalan beberapa hari, jangan sampai tubuh kita drop dan mengakibatkan mudah jatuh sakit.

Ikuti tips Jaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Energik.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Apa saja hal-hal yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga tubuh kita selama menjalankan ibadah puasa? Simak berikut ini.

Konsumsi Yang Manis Secukupnya

Dikutip dari laman WHO, makan tiga buah kurma untuk berbuka puasa adalah cara tradisional dan sehat untuk memulai buka puasa. Kurma merupakan sumber serat yang sangat baik.

Selain itu, mengonsumsi banyak sayuran juga penting untuk memberikan vitamin dan nutrisi penting. Pilihlah makanan dari biji-bijian yang memberi tubuh energi dan serat.


Lalu, nikmati daging tanpa lemak panggang atau panggang, ayam dan ikan tanpa kulit, untuk mendapatkan porsi protein yang sehat.


Secara umum, hindari gorengan dan makanan olahan yang tinggi lemak atau gula. Makanlah secara perlahan dan hindari makan secara berlebihan saat berbuka puasa.

Lalu, cobalah untuk tetap beraktivitas fisik secara aktif di sore hari. Misalnya, dengan rutin berjalan kaki.


Makan Sahur Tidak Terlewatkan

Sahur adalah makan pagi sebelum subuh untuk memulai puasa setiap hari. Makan sahur dianjurkan dikonsumsi terutama untuk kelompok khusus seperti orang tua, remaja, ibu hamil dan ibu menyusui, serta anak-anak yang memilih berpuasa.

Hidangan sahur perlu menyertakan sayuran, satu porsi karbohidrat, makanan kaya protein seperti produk susu dan/ atau telur, serta buah-buahan.


Minum Air yang Cukup Untuk Menjaga Stabilitas Tubuh

WHO juga menganjurkan untuk minum banyak air setidaknya 10 gelas dalam sehari dan makan-makanan yang menghidrasi selama Ramadhan.

Coba tambahkan semangka ke dalam menu sahur atau makanlah sebagai camilan manis setelah buka puasa. Salad hijau yang mengandung banyak mentimun dan tomat juga bisa dikonsumsi sebagai makanan yang menghidrasi.


Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola, karena kafein dapat membuat beberapa orang lebih sering buang air kecil, yang dapat menyebabkan dehidrasi.


Ingat juga bahwa minuman bersoda dengan gula akan menambah kalori pada makanan Anda. Rata-rata, orang berpuasa antara 15 dan 16 jam sehari.

Pada siang hari, saat suhu tinggi, penting untuk tetap berada di tempat yang sejuk dan teduh, serta menghindari sinar matahari.

Itulah Tips Jaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Energik yang dapat kamu coba.


Semoga ibadahnya lancar yaa, Aamiin.



Total dibaca: 737x | Berikan Komentar!


Roni Setya
Penulis : Roni Setya
Sastra, Jokes, And Blogger

Semua itu indah tinggal bagaimana cara kita menikmati hidup ini saja :)

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Mudahnya Download Lagu MP3 Super Lengkap di Situs Jago Lagu Tanpa Iklan
NULIS ?