Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Ketahui Langkah Tepat Manajemen Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Ketahui Langkah Tepat Manajemen Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Ketahui Langkah Tepat Manajemen Keuangan Selama Bulan Ramadhan (harustahu.info)

HarusTahu.info - Keuangan di bulan suci ramadhan terkadang dapat overload, di mana kebutuhan yang semakin meningkat dan berbeda dari hari biasa.

Diperlukan manajemen keuangan yang tepat agar dapat survive selama bulan Ramadhan.

Manajemen Keuangan di Bulan Ramadhan

Sebelum memasuki bulan ramadhan, pastikan kamu membuat rancangan keuangan dengan baik. Buatlah daftar yang jelas untuk menentukan prioritas dalam manajemen keuangan. Sisakan uang anda untuk makan sahur dan berbuka puasa.

Tetapkan anggaran yang masuk akal, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Pastikan juga anda membuat rencana keuangan untuk menghadapi hari Raya Idul Fitri, seperti keperluan untuk membeli baju baru atau barang-barang baru untuk sanak keluarga.


Tidak lupa juga sisihkan uang anda untuk beramal dengan bersedekah. Pastikan rencana keuangan yang anda buat berjalan dengan baik.


Pandai Memanajemen Pengeluaran

Seperti yang diketahui bersama, ketika bulan ramadhan datang, harga bahan pokok yang biasanya murah akan naik harga. Tentu saja pengeluaran yang digunakan untuk keperluan seperti biasa akan jauh meningkat.

Ditambah lagi pengeluaran untuk memberikan THR kepada sanak keluarga, memberi pakaian baru dan mudik.


Pengeluaran untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri harus anda persiapkan dengan matang. Pastikan anda telah menghitung pengeluaran dengan matang agar keuangan di bulan ramadhan dapat berjalan dengan lancar.

Buatlah List Belanja yang Hemat

Ini sangat penting bagi anda yang ingin dapat mengelola keuangan dengan benar, baik itu di bulan ramadhan maupun bulan-bulan biasanya.


Untuk dapat mengelola keuangan dengan baik, salah satu hal yang perlu anda lakukan adalah mencatat pengeluaran harian. Hal ini sangat penting agar anda dapat mengetahui kemana saja uang yang anda habiskan dalam satu hari.

Selain itu dengan mencatat pengeluaran harian anda dapat menjadi pengigat bagi anda untuk mengelola keuangan dan menghemat pengeluaran hanya untuk hal penting saja.

Belanja Secukupnya

Kebanyakan orang akan berbelanja baju baru ketika memasuki bulan ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Memang tidak ada salahnya untuk berbelanja pakaian baru saat akan menyambut hari raya yang suci, tetapi anda tetap perlu memperhatikan pengeluaran untuk membeli pakaian tersebut.



Jangan sampai diri anda terpengaruh ketika melihat banyaknya promo dan diskon yang ada di Mall. Kendalikan dan tahan diri anda ketika akan berbelanja pakaian, pastikan anda hanya membeli pakaian yang benar-benar anda butuhkan.

Berbuka di Rumah Saja

Salah satu penyebab borosnya pengeluaran di bulan ramadhan adalah karena besarnya pengeluaran saat berbuka puasa.

Hal ini karena biasanya pada saat bulan ramadhan, akan sering sekali rekan maupun keluarga yang mengajak anda untuk berbuka bersama direstoran atau tempat makan yang memiliki makanan dengan harga yang lumayan.


Tentu akan sangat menyenangkan jika dapat berkumpul bersama dengan rekan maupun keluarga saat berbuka bersama, tetapi jika sering dilakukan akan membuat kantong anda menjadi terkuras.

Untuk itu jangan terlalu sering berbuka puasa diluar kecuali jika memang menurut anda kemampuan uang anda masih cukup untuk menutupi segala keperluan dibulan ramadhan.

Semoga ibadah puasa kita tetap lancar sampai akhir Ramadhan. Aamiin.



Total dibaca: 776x | Berikan Komentar!


Penulis : Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Super Ngakak! Sinopsis Film Horns Genre Horor Komedi
NULIS ?