Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Bagaimana Perhitungan Uang Adsense dari Youtube? Panduan Monetisasi Youtube

Bagaimana Perhitungan Uang Adsense dari Youtube? Panduan Monetisasi Youtube

Bagaimana Perhitungan Uang Adsense dari Youtube? Panduan Monetisasi Youtube (Google Images)

HarusTahu.info - Mau tahu bagaimana perhitungan iklan adsense youtube? Dunia digital yang kian berkembang di masa saat ini, membuat para pemuda bahkan sebagian orang berputar otak. Dari menjadi seorang content creator hingga menjadi ahli pakar sosial media, pasalnya dari menjadi content creator maka dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Jika anda berminat ingin terjun di dunia content creator, betapa beruntungnya anda mmembaca tulisan ini. Pasalnya pada tulisan kali ini akan kita bahas bagaiamana perhitungan dan cara kerja iklan adsense di youtube.

Tahukah anda? Youtube adalah sosial media berbagi video terbesar di dunia saat ini, dengan pengguna aktif jutaan ribu tiap harinya. Youtube merupakan platform yang di miliki oleh perusahaan digital raksasa Google.

Tak heran jika kemampuan youtube sangat canggih dan mudah digunakan oleh banyak orang karena ada Google yang mensupport dan mengembangkan hingga saat ini.

Bagaimana Youtube bisa Menghasilkan Uang?



Youtube mampu menghasilkan uang dari iklan yang terpasang di setiap video seorang content creator dalam hal ini adalah pengupload atau pemilik akun youtube masing-masing. Iklan youtube ini tidak resmi dari youtube itu sendiri, melainkan melalui media partner yaitu Google Adsense. Kenapa dibilang bukan dari youtube? Yaa. Karena, Google Adsense adalah media periklanan milik Google dan sedangkan Youtube adalah media sosial berbagi video milik Google.


Tentu saja dari segi kategori keduannya sangat berbeda dan berdiri independen di bawah naungan perusahaan raksasa Google.

Apakah Syarat Youtube Terpasang Iklan?



Tidak mudah, kenapa bilang seperti itu? Yaa. Tidak serta merta ketika anda membuat sebuah akun youtube langsung dapat terpasang iklan, ada persyaratan khusus hingga saat tulisan ini terbit 10 Juni 2020. Ada kebijakan dan syarat akun anda dapat diajukan untuk pemasangan iklan Google Adsense, yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Setelah persyaratan terpenuhi tidak serta merta akun anda disetujui, pasalnya anda harus mengajukan permohonan atas pemasangan iklan ke Google Adsense. Biasanya proses permohonan ini akan memakan waktu 2-7 hari bahkan ada yang sampai 1 bulan atau lebih lama dari itu.


Bagaimana Jika Permohonan di tolak?


Seperti yang diinformasikan sebelumnya, bahwa tidak serta merta akun anda disetujuhi oleh pihak Google Adsense. Ada banyak pertimbangan saat proses review tersebut, di antaranya jenis konten, kualitas konten serta keaslian dan hak cipta konten.

Kasus yang sering terjadi adalah, permohonan ditolak dengan alasan bahwa terjadi pelanggaran hak cipta seperti upload ulang video orang lain, menggunakan backsound atau soundtrack lagu milik orang lain dan lainnya.


Jika akun anda ditolak karena alasan tersebut, maka anda perlu memperbaiki masalah yang telah disebutkan pada info penolakan tersebut. Kemudian, anda dapat mengajukan ulang permohonan ke Google Adsense.

Bagaimana Cara Perhitungan Uang di Iklan Youtube?


Jika permohonan iklan Google Adsense anda di terima, Selamat! Maka secara langsung akan muncul iklan di setiap video anda. Namun, tahukah anda berikut ini cara menghitung pendapatan atau uang dari iklan di youtube anda.


Anda perlu paham tentang dua indikator untuk menghitung penghasilan dari YouTube ads. Dua indikatornya yakni CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click).


CPM (Cost Per Mile)

CPM adalah uang yang bakal anda dapatkan setiap 1.000 penayangan iklan di seluruh video youtube anda. Di Indonesia, nominal sekitar Rp7.000 per seribu tayangan iklan bisa anda peroleh. Oh ya, angka nominal tersebut hanya estimasi ya mari lanjut baca kita bahas rinciannya, sebelum lanjut baca siapkan dulu cemilan dan kopinya karena ini lumayan panjang. hehe.

CPC (Cost Per Click)

CPC adalah nominal yang anda peroleh setiap 1 orang meng-klik iklan yang tayang di videomu. Semakin banyak klik semakin tinggi pendapatan anda dari iklan, namun ingat jangan pernah melakukan klik iklan sendiri berulang kali. Ini dapat mengakibatkan pemblokiran atau penonaktifan akun Adsense anda.



Berikut ini adalah contoh dashboard 30 hari terakhir pada Google Adsense Youtube.


Bagaimana Perhitungan Uang Adsense dari Youtube? Panduan Monetisasi Youtube

Contoh Dashboard Adsense Youtube (Google Adsense Indonesia Facebook Group)


Cara Menghitung Pendapatan dalam 30 hari terakhir dari kasus di atas:

1. CPM/RPM Penghasilan perseribu tayangan

Dalam contoh kasus di atas maka cara menghitungnya adalah. Senilai Rp 2.070 per seribu tayang iklan. Total tayangan 12.700.

Rumusnya:

Rp 2.070 x (12.700/1.000) = 2.070 x 12,7 = Rp 26.289

Pendapatan CPM anda adalah Rp 26.289 untuk 30 hari terakhir.

2. CPC Penghasilan per Klik iklan

Dalam contoh kasus di atas maka cara menghitungnya adalah. Senilai Rp 50,73 per klik iklan. Total klik iklan 1.890.

Rumusnya:

Rp 50,73 x 1.890 = Rp 95.880

Pendapatan CPC anda adalah Rp 95.880 untuk 30 hari terakhir.


Maka jika dijumlahkan dalam satu bulan terakhir pendapatan iklan anda adalah Rp 122.169.

Nah, dari kasus di atas dapat disimpulkan semakin banyak iklan diklik dan semakin banyak iklan di tonton (tanpa skip) maka pendapatan akan semakin besar setiap bulannya.

Dari beberapa studi kasus, saya pernah melakukan review jika youtuber yang memiliki subscriber 100ribu an penghasilan setiap bulan antara 2-4 juta. Nah, silahkan di kira-kira sendiri jika subscriber anda di bawah atau di atas itu hehe.

Itulah cara membaca dan menghitung pendapatan youtube dari iklan adsense, semoga bermanfaat.


Total dibaca: 2663x | Berikan Komentar!


Aries Puja
Penulis : Aries Puja
Tech Enthusiast

Tidur lebih Malam, Bangun lebih Pagi

Komentar (2)
Paling Viral
11 Jun 2020, 10:14 WIB

sangat bermanfaat, saya kini jadi tahu gan. lanjutkan! dan tetap berbagi ilmu.

Syifa Azizah
13 Jun 2020, 20:17 WIB

Mengedukasi, semoga youtube sy segera di terima monetisasi

Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Lokasi Pengecekan SIKM Jakarta, Pemalsuan SIKM Akan Dikenakan Sanksi Hukum
NULIS ?