[CLOSE]

Kenapa Tidak ada Dislikes di Komentar Video Youtube?

Kenapa Tidak ada Dislikes di Komentar Video Youtube?

Kenapa Tidak ada Dislikes di Komentar Video Youtube? (harustahu.info)

HarusTahu.info - Pernahkah anda memperhatikan kolom komentar di platform berbagi video Youtube? Pernahkah anda melihat suatu komentar dengan banyak like hingga mencapai puluhan ribu like, namun yang aneh berada disebelah tombol like-nya!

Masih saja tetap tidak ada orang yang pernah menekan tombol dislike-nya atau setidaknya salah memencet tombol sehingga meng-downvote komentar orang lain tersebut. Kolom negatif/jempol terbalik pada komentar di Youtube selalu terlihat kosong dan tidak berisi, ada apa gerangan?

Dislike pada Komentar Orang Lain disalah Satu Video Youtube

Pasti akan ada saja orang-orang yang menjadi top comment disuatu video yang sedang trending dan populer di Youtube, entah mungkin karena kekocakannya atau bisa saja karena kritik pedas atau ujaran kebencian melalui opininya.

Logikanya begini sajalah, sebaik-baiknya suatu konten di Youtube pasti tetap akan ada yang entah secara tidak sengaja memencet tombol dislike disebelah kiri ataupun bisa saja traffic dislikes-nya tersebut berasal dari akun bot dan spammer.


Begitu juga seharusnya yang terjadi pada komentar dan opini-opini orang-orang yang disampaikan lewat kolom yang telah disediakan Youtube untuk bebas mengekspresikan diri demi mewujudkan kebebasan berpendpaat.


Namun, sampai sekarang toh saya tidak pernah menemukan bar dislike di komentar pengguna lain terisi atau setidaknya memunculkan angka berapa banyak orang yang telah tidak setuju atau tidak suka dengan suatu komentar tersebut.

Berbanding terbalik dengan saudaranya disebelah kiri yang selalu bergelimang angka dan terisi dengan ribuan likes. Apakah anda sebelumnya juga sudah menyadarinya bahkan sebelum membaca artikel ini? Atau anda baru saja tahu setelah saya beritahu melalui artikel ini?


Apapun itu, mari kita bahas keanehan ini lebih lanjut!

Tidak Bisa Dislike di tombol Downvote di Komentar Youtube

Memang benar adanya hal tersebut, jika kita tidak bisa memberikan reaksi tidak suka/ tidak setuju pada komentar orang lain di kolom komentar pada platform Youtube.


Walaupun mereka menyediakan tombol downvote berupa jempol kebawah (negatif), namun pada dasarnya tombol tersebut tidaklah berguna dan hanya dijadikan sebagai hiasan.


Seberapa banyakpun akun yang kita gunakan untuk memberikan reaksi tidak suka terhadap suatu komentar, tidak akan pernah ada angka yang muncul di bagian tersebut.

Youtube hanya mengizinkan orang lain untuk melihat likes suatu opini/pendapat di kolom komentar video. Pada dasarnya pun tidak ada kode script yang diberikan pada bagian tombol dislikes tersebut, anda tidak akan bisa memberikan informasi apapun kepada Youtube dengan menekan tombol dislike, karena memang tidak ada apa-apa disitu!


Ini juga dilakukan untuk menghindari adanya bot dan fake account yang melakukan tindakan spam yang dapat memberatkan server untuk hal-hal yang tidak diperlukan, maka dari itu anda tidak akan pernah bisa melihat siapa saja orang yang telah menjadikan akunmu sebagai top comment pada suatu video.

Alasan Logis Kenapa Pihak Youtube Seperti Ini!

Tentunya alasan pertama adalah dari kegunaan dan tujuan awal diciptakannya sesi komentar dan kolom berpendapat pada video di Youtube. Yang gunanya adalah agar penonton dan subscriber bisa memberikan kritik dan saran kepada kreator video dan terjadi interaksi antara keduanya.

Bukan sebagai tempat dan ajang untuk mengkritisi dan saling menghujat antar sesama penonton dan pemberi komentar, karena itu semua sia-sia dan tidak pada tempatnya. Yang diharapkan dari kolom komentar pada suatu video di Youtube adalah agar pemilik channel mendapatkan umpan balik dari penontonnya, yang mana bisa ia gunakana untuk evaluasi membuat konten kedepannya.


Jika anda tidak setuju dan merasa tersinggung dengan suatu komentar dari pengguna lainnya, maka memencet tombol dislike bukanlah satu-satunya jalan yang ada dan bukan pula cara yang bagus untuk menunjukkan rasa ketidaksukaan.

Anda bisa menekan tombol reply dan memblokirnya atau menghilangkannya dari pandangan anda dengan langsung megalihkannya, atau jika komentarnya tersebut sudah parah dan bisa berdampak negatif bagi banyak aspek anda bisa langsung melaporkannya kepada pihak Youtube, mereka semua telah menyediakan fasilitas dan fitur yang anda butuhkan.

Namun, usut punya usut beberapa orang mengatakan jika tombol dislike di Youtube memiliki rahasia lain dan kegunaan tersembunyi! Namun ini hanya sekedar gosip dan rumor yang beredar di kalangan penggiat internet.


Jika sebenarnya tombol dislike dapat menjadi indikator bagi pihak Youtube untuk menghapus dan menghilangkan suatu komentar yang dianggap provokatif dan menyalahi aturan komunitas mereka untuk segera dihapus, ditake-down, atau hanya sekedar tidak bisa bergerak menjadi top comment, selalu dibawah dan tidak pernah terjamah orang lain.

Namun bagaimanapun juga kita tetap harus menjaga etika dan sikap yang baik dalam berkomentar dan memberikan gagasan atau pendapat kepada orang lain, jangan sampai itu malah merugikan dan membawa masalah kepada kita.


Total dibaca: 2108x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

OVO Meningkatkan Layanan Selama Pandemi Upgrade Akun Premier Kini Cuma Hitungan Jam Saja
NULIS ?