Jago Lagu
[CLOSE]

Mechanical Keyboard Kenapa Lebih Mahal? Apa Perbedaan dengan Keyboard Biasa?

Mechanical Keyboard Kenapa Lebih Mahal? Apa Perbedaan dengan Keyboard Biasa?

Mechanical Keyboard Kenapa Lebih Mahal? Apa Perbedaan dengan Keyboard Biasa? (harustahu.info)

Apa itu mechanical keyboard? Kok bisa harganya lebih mahal dan jauh berbeda dari keyboard biasa

Mari kita bahas lebih lanjut kenapa harga mechanical keybaoard lebih mahal

Berkenalan dengan Mechanical Keyboard

Keyboard jenis mekanik Mechanical Keyboard sering sekali dikaitkan dengan seorang gamer, karena ciri khasnya yang terdapat RGB lighting.


Mechanical Keyboard adalah keyboard yang pertama kali diproduksi ketika komputer desktop pertama dibuat. Contoh keyboard mekanik yang pertama kali dibuat adalah tipe IBM Model M , yang sampai sekarang masih banyak diburu oleh kolektor keyboard.

Keyboard dengan switch mekanik tidak menggunakan pegas karet atau rubber dome untuk penahan tombol keyboardnya. Keyboard jenis ini menggunakan pegas mekanik dari besi dan aluminium yang terletak di dalam kotak switchnya.


Struktur dan cara kerja pegas dari keyboard IBM model M ini lalu banyak diadopsi dan dikembangkan oleh pembuat switch keyboard mekanik yang muncul akhir-akhir ini. Sebut saja produsen switch Cherry MX, Gateron, Kalih, Outemu, dst.

Alhasil sekarang banyak varian switch mekanik yang lebih ringkas dan simpel tanpa mengurangi daya tahan dan ciri khas mekaniknya. Produsen tersebut mengembangkan switch mekanik yang terbagi berdasarkan tingkat tekanan untuk menekan pegas, bunyi yang dihasilkan pegas, dan daya tahannya.

Kelebihan dari keyboard dari mechanical switch ini adalah daya tahan yang cukup lama dipakai. Daya tahan switch mekanik bisa mencapai hingga 50 juta lebih ketikan (menurut hasil pengujian yang dilakukan oleh produsen Cherry MX), yang artinya bisa tahan hingga lebih dari 5 tahun, selama tidak kena tumpahan air ataupun jatuh terbanting.


Kemudian kita bisa memilih switch mekanik yang sesuai dengan kebutuhan gaya mengetik kita. Ada banyak pilihan switch mekanik yang tersedia, seperti red switch, brown switch, blue switch, silver switch, green switch, dst. (akan kita bahas pada tulisan selanjutnya)

Kekurangan dari keyboard mekanik ini adalah tentu saja harganya yang di atas rata-rata dari keyboard membrane. Dikarenakan teknologi switch mekanik yang dipakai dan PCB board yang khusus dalam pembuatannya.


Rentang harga keyboard mekanik ini antara Rp 350.000,- sampai dengan Rp 4.000.000,- an. Tergantung dari switch yang dipakai dan casing yang dipasang.

Selain itu, ketersediaan penjual yang menyediakan keyboard mekanik ini juga terbatas. Keyboard mekanik biasanya dibeli melalui toko online di Indonesia, ataupun impor langsung dari luar negeri.




Apa Perbedaannya Mechanical Keyboard dengan Keyboard Biasa

Sebenarnya apa perbedaan keyboard mekanik dengan keyboard biasa (Rubber dome keyboard).

Rubber dome keyboard adalah jenis keyboard yang sering kita temukan dipasaran dengan harga yang relative terjangkau dibandingkan mechanical keyboard, untuk mekanisme register hurufnya menggunakan membran yang ditempatkan tepat dibawah tombol keyboard sehingga ketika dipencet akan akan mengaktifkan circuit yang ada dibawahnya.

Mechanical Keyboard Kenapa Lebih Mahal? Apa Perbedaan dengan Keyboard Biasa?


Gambar: Rubber Dome Keyboard (Google Images)


Dikutip dari [LINK], Mechanical keyboard adalah sebuah keyboard yang dibuat dengan kualitas yang tinggi, dan menggunakan mechanical switches untuk setiap tombolnya jadi untuk meregister sebuah huruf user harus menekan switch tersebut.

Mechanical Keyboard Kenapa Lebih Mahal? Apa Perbedaan dengan Keyboard Biasa?


Gambar: Mechanical Keyboard (Google Images)


Perbedaan jenis bahan ini menghasilkan pengalaman yang jauh berbeda dari keduanya pengunaan dome mengharuskan user untuk tidak dapat merubah seberapa keras dan seberapa enteng sebuah switch ditekan, sedangkan mechanical keyboard user dapat memilih karakter switch ingin seperti apa, apakah clicky, tactile atau linier dan dengan actuation force (jarak ketika switch ditekan sampai suatu key teregister ke keyboard, semakin kecil semakin cepat) yang berbeda-beda


Nah itulah, Mechanical Keyboard Kenapa Lebih Mahal? Apa Perbedaan dengan Keyboard Biasa? 



Total dibaca: 1158x | Berikan Komentar!


Harus Tahu Tekno
Penulis : Harus Tahu Tekno
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita teknologi digital terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Nulis Di HarusTahu? Gratis!

Kamu hobby menulis? Ingin tulisan kamu dilihat banyak orang dan dapat disebarkan dengan cepat? Mendaftar sekarang dan buat tulisan terbaikmu di sini! Gratis Selamanya!


Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Apa Pentingnya Sensus Penduduk dan Apa Tujuan Sensus Penduduk?
NULIS ?