Jago Lagu
Jago Lagu

Solusi Cara Ampuh Mengatasi Koneksi Wifi Realme Putus Nyambung Tidak Stabil

Solusi Cara Ampuh Mengatasi Koneksi Wifi Realme Putus Nyambung Tidak Stabil

Solusi Cara Ampuh Mengatasi Koneksi Wifi Realme Putus Nyambung Tidak Stabil (harustahu.info)

HarusTahu.info - Realme sering sekali mengalami koneksi yang tidak stabil, bahkan jaringan wifi/wireless sering putus nyambung dan hal ini sangat menyebalkan. Dalam pembahasan kali ini kita akan memaparkan penyebab koneksi wifi realme sering terputus dan cara mengatasinya.

Berkenalan Dengan Smartphone Realme

Realme awalnya bernama "OPPO Real", sub-brand dari merek OPPO hingga akhirnya memisahkan diri pada tahun 2018 dan menjadi perusahaan sendiri. Pendirinya adalah Sky Li, yang sebelumnya adalah Kepala Departemen Bisnis Overseas OPPO. realme memfokuskan produknya pada anak-anak muda dan mewujudkannya dengan keunggulan "teknologi" dan "beauty" dari produknya.

Penyebab Koneksi Wifi Realme Tidak Stabil

Beberapa faktor penyebab koneksi wireless/wifi realme tidak stabil, yaitu sering terputus dan nyambung kembali saat dikoneksikan pada wifi.

Tahukah kamu, kenapa hal ini dapat terjadi? Ternyata berikut ini penyebab koneksi wifi realme yang sering putus nyambung.

1. Versi Android Tinggi

Versi android yang semakin tinggi terkadang memiliki imbas yang cukup signifikan pada teknologi sekitarnya, contohnya pada ponsel realme terbaru telah dibekali dengan sistem android 12 (per-tahun 2022).


Di mana beberapa jenis router pada modem atau wifi terkadang sering tidak sinkron dengan algoritma pada sistem android 12, hal ini tentu saja dapat mempengaruhi koneksi yang sering terjadi seperti putus nyambung yang berulang-ulang.


2. Asisten Wifi Diaktifkan

Salah satu fitur unggulan pada android terbaru adalah asisten wifi, yaitu sebuah fitur yang dapat mengalihkan jaringan dari wifi ke jaringan data seluller secara otomatis saat koneksi wifi tidak stabil. Sisi buruknya hal ini mengakibatkan koneksi pada ponsel realme sering putus nyambung sendiri dan wifi jadi sering disconnect.

3. Aplikasi Pihak Ketiga Yang Meminta Izin Mengelola Wifi

Banyak aplikasi pihak ketiga yang telah meminta pengguna untuk mengizinkan mengelola wifi, yaitu memungkinkan aplikasi tersebut untuk mengaktifkan dan menonaktifkan wifi tanpa sepengetahuan pengguna. Hal ini mengakibatkan terkadang wifi realme sering terputus tanpa pengguna sadari.


4. Sistem Operasi Yang Usang

Sistem operasi atau OS realme umumnya sama dengan beberapa vendor lainnya yang harus terus diupdate dalam beberapa periode tertentu, jika sistem operasi tidak diperbaruhi maka dapat mempengaruhi kinerja sistem seperti koneksi wifi yang tidak stabil dan masih banyak lainnya.

Cara Mengatasi Koneksi Wifi Realme Putus Nyambung

Dari beberapa penyebab terjadinya koneksi wifi yang tidak stabil di atas, maka berikut ini adalah solusi ampuh yang telah penulis lakukan untuk mengatasi koneksi wifi yang tidak stabil pada ponsel realme. Berikut solusinya:


1. Downgrade Versi Android? Jangan!

Pada poin satu terkait penyebab koneksi wifi realme yang tidak stabil yaitu versi android yang terlalu tinggi, hal ini memang mempengaruhi kinerja sistem di sekitarnya. Solusinya apakah harus downgrade versi android? Jawabannya adalah tidak!

Yang perlu anda lakukan adalah melakukan konfigurasi khusus pada router modem/wifi anda, masuk ke konfigurasi wireless modem. Pada bagian Channel pilih 11 dan pada bagian Channel Width pilih 20MHz.

Solusi Cara Ampuh Mengatasi Koneksi Wifi Realme Putus Nyambung Tidak Stabil


Gambar 1. (tampilan konfigurasi pada router TP-LINK)

Solusi Cara Ampuh Mengatasi Koneksi Wifi Realme Putus Nyambung Tidak Stabil

Gambar 2. (tampilan konfigurasi pada router ZTE)


Simpan dengan menekan tombol save pada menu router modem anda, seharusnya cara ini sudah berhasil.

Namun jika wifi pada realme masih juga sering terputus silahkan masuk ke menu wifi pada ponsel anda, lalu lakukan "Forgot Network" atau "Lupakan Jaringan". Ini dimaksudkan untuk melakukan koneksi ulang pada wifi.


Apakah masih gagal? Jika iya maka anda dapat mengubah Channel pada pengaturan router/modem anda silahkan dicoba satu persatu mulai dari 1 sampai dengan 13 (pilih mana yang berhasil)

2. Nonaktifkan Asisten Wifi

Setelah mengetahui fungsi dari fitur ini, sepertinya anda perlu menonaktifkan fitur ini agar wifi tidak lagi sering terputus tanpa disadari. Bahkan tanpa izin pengguna, cara ini menjadi opsi kedua jika cara pertama tidak berhasil.


3. Unistall Aplikasi Pihak Ketiga

Silahkan cari dan telusuri aplikasi pihak ketiga yang pernah meminta izin mengelola wifi pada ponsel anda, dari pengalaman penulis ada beberapa aplikasi yang sering meminta izin kelola wifi seperti ShareIt, Wifi File Transfer dan masih banyak lagi.

Sebaiknya backup terlebih dahulu beberapa file penting seperti gambar/foto sebelum menghapus aplikasi shareit dan sejenisnya.

4. Perbaruhi/Update Operasi Sistem Ponsel

Pada menu pembaruhan sistem ponsel realme umumnya selalu ada notifikasi update/pembaruhan dalam periode tertentu, sebaiknya jangan menunda untuk segera melakukan pembaruhan agar sistem operasi anda dapat berfungsi dengan baik.

Hal ini dikarenakan beberapa update umumnya akan memperbaruhi fungsi-fungsi tertentu pada ponsel, seperti fitur koneksi wifi misalnya.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi koneksi wifi yang tidak stabil pada ponsel realme. Dan penulis telah berhasil mengatasi kendala ini dengan cukup pada poin ke satu saja yaitu dengan cara mengubah konfigurasi wireless modem pda bagian Channel pilih 11 dan pada bagian Channel Width pilih 20MHz.

Mungkin hal ini juga dapat terjadi pada ponsel android lainnya selain realme, selamat mencoba.


Total dibaca: 129x | Berikan Komentar!


Penulis : Aries Puja
Tech Enthusiast

Tidur lebih Malam, Bangun lebih Pagi

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Menabung Selama Bulan Ramadhan Bisa Kok! Simak Tips Manajemen Keuangan Berikut
NULIS ?