Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

QooApp Tidak Bisa Lagi Download FGO

QooApp Tidak Bisa Lagi Download FGO

QooApp Tidak Bisa Lagi Download FGO (harustahu.info)

Ada Apa dengan QooApp dan Game Fate/Grand Order?

HarusTahu.info - QooApp selaku aplikasi penyedia video game mengumumkan untuk berhenti melayani update terbaru dan download bagi game Fate/Grand Order.

Pengumuman tersebut disampaikan pada tanggal 18 Agustus 2020, Selasa jam 5 sore Japan Standard Time (GMT +9) melalui laman berita di aplikasi tersebut.

QooApp adalah aplikasi dan situs untuk mendownload dan mengunduh beberapa aplikasi yang kebanyakan berasal dari kawasan Asia timur seperti Korea, Jepang, dan China.

Karena keterbatasan akses untuk mempublish gamenya di Google Play Store, sehingga banyak developer aplikasi video game asal Jepang dan China yang menggandeng QooApp sebagai sarana pengunduhan.

Ataupun sebaliknya, karena ketidaktersediaannya suatu aplikasi game di wilayah negara tertentu, mengakibatkan banyak pemain dan penikmat game dari negara-negara yang tidak tersedia tersebut, mencari alternatif lain yakni QooApp, jika Appstore ataupun Google Play milik mereka tidak menyediakan game yang mereka inginkan.


Dalam hal ini khususnya negara kita, Indonesia yang tidak tersedia game Fate/Grand Order di Google Play Store. Padahal negara Asia tenggara lainnya mendapatkan akses untuk mengunduh FGO lewat Appstore dan Play store, seperti halnya Filipina dan Singapura.


Bagaimana pun juga itu adalah keputusan dan peraturan yang dikeluarkan dan diatur oleh pihak developer game Fate/Grand Order. Delightworks (DW) selaku pengembangnya, dibawah pengawasan TYPE-MOON dalam segi alur cerita dan plot, mungkin punya alasan tersendiri kenapa mereka membatasi penggunaan aplikasi game mereka untuk wilayah negara kita, entah itu aspek budaya atau keuntungan bagi mereka.

Begitu pun sama halnya dengan kasus yang sekarang sedang kita alami bagi para pemain-pemain FGO yang berasal dari luar negeri Jepang, yang berada di seberang laut wilayah negara mereka.


Yakni pembatasan dan pemberhentian QooApp untuk mendistribusikan layanan update dan unduh untuk game FGO dalam pelayanan mereka.

Penyebab QooApp memberhentikan Publishing Game FGO



QooApp sebagai salah satu dari beberapa harapan bagi pemain-pemain yang tinggal di Indonesia, negara yang tidak mendapatkan akses untuk mendownload aplikasi tersebut, namun malah diberhentikan dan tidak diizinkan lagi oleh pihak developer Fate Series.

Sebenarnya apa gerangan yang mengakibatkan pihak pengembang game untuk memutuskan hal tersebut?

Tetap tidak bisa kita ganggu gugat, jika itu adalah hak dan keputusan mereka sebagai pihak yang bertanggung jawab atas aplikasi yang mereka buat, namun tidak ada asap jika tidak ada api bukan?


Usut punya usut, jika kita membuat hipotesanya! Sekali lagi saya tegaskan ini hanya teori yang didukung oleh beberapa bukti dan fakta yang nyata, namun bukan pernyataan resmi langsung yang official dari Delightworks (DW).


Penyebabnya adalah karena event anniversary yang ke-5 tahun kemarin, yang mana dalam perayaan ulang tahun tersebut dikeluarkan sebuah game gratis berjudul Fate/Grand Order Waltz in Moonlight/Lostroom, yang bertema fanservice dan dansa.

Aplikasi game tersebut dibatasi oleh pihak developer untuk hanya boleh diunduh kepada 550.000 pemain pertama yang berhasil mendownload aplikasinya di device mereka masing-masing.


Namun diketahui, walaupun telah dibatasi dan mencapai jumlah maksimum 550k unduhan jika pihak QooApp tidak menutup dan membatasi pemain yang ingin mengunduhnya.

Sehingga walaupun batas pemainnya sudah mencapai batas yang disepakati, namun pemain masih tetap dapat mengunduhnya lewat QooApp.

Juga sebagai tambahan, karena hal inilah banyak pemain dari luar negeri Jepang yang dapat mengaksesnya walaupun aplikasi ini sebenarnya hanya diperuntukkan bagi pemain server JP yang berafiliasi di Jepang.


Hal inilah yang mungkin membuat pihak DW jengkel dan marah terhadap QooApp sehingga memutuskan untuk mencabut aplikasinya dari mereka.

Lalu Bagaimana Solusi untuk Masalah Ini


Sebenarnya QooApp tidak hanya satu-satunya jalur bagi kita yang tinggal di Indonesia untuk tetap bisa mendownload dan melakukan pemutakhiran/update game.

Masih ada jalan tikus lainnya yang dapat kita pakai agar tetap bisa memainkannya, seperti menggunakan VPN dan IP Address negara lain yang menyediakan FGO di Playstore/Appstore.

Namun hal seperti itu tentunya merepotkan jika jaringan dan kualitas koneksi internet kalian memang kebetulan sedang berada di wilayah yang buruk koneksi internetnya, terlebih lagi VPN melambatkan kecepatan koneksi internet kita.

Ada alternatif lainnya jika anda tidak ingin memakai VPN, yakni dengan bantuan APKPure. APKPure adalah situs unduhan aplikasi yang sebelas dua belaslah dengan QooApp, hanya saja jika QooApp orientasinya lebih ke game-game anime dan jejepangan, maka APKPure lebih global dan umum.

Sekian itulah ulasan saya mengenai QooApp yang berhenti menyediakan layanan unduh game Fate/Grand Order, beserta hipotesa penyebabnya dan kronologi, serta tips alternatifnya agar anda tetap bisa memainkan FGO.



Total dibaca: 8997x | Berikan Komentar!


Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Mengenal Fenomena Aphelion Yang Mengakibatkan Suhu Dingin Sepanjang Hari?
NULIS ?