Jago Lagu
Jago Lagu

Ponsel Android Berbunyi Sendiri? Ini Cara Mematikan Talkback Semua Jenis HP

Ponsel Android Berbunyi Sendiri? Ini Cara Mematikan Talkback Semua Jenis HP

Ponsel Android Berbunyi Sendiri? Ini Cara Mematikan Talkback Semua Jenis HP (harustahu.info)

HarusTahu.info - Android sering berbunyi sendiri saat layar ditekan, kemungkinan fitur talkback anda aktif. Ini dia cara menonaktifkan talkback di ponsel android.

Fitur Talkback Android

TalkBack adalah pembaca layar Google yang disertakan di perangkat Android. TalkBack memberi Anda kontrol atas perangkat tanpa perlu melihatnya.

Pada beberapa smartphone terlebih yang keluaran terbaru, perusahaan menyematkan fitur Talkback pada perangkat ponsel. Fitur talkback ini memang sengaja di keluarkan di Android untuk membantu pengguna yang memiliki masalah pada penglihatan.

Fitur talkback ini bekerja sebagai Pembaca layar yang memberi pengguna notifikasi dan masukan lisan. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan pengguna dapat mendengarkan keterangan dari apa yang disentuh di layar sehingga tetap bisa mengoperasikan handphone meskipun mempunyai penglihatan terbatas.

Mungkin fitur ini akan sangat membantu bagi yang membutuhkan. Namun bagi pengguna biasa yang tidak memiliki masalah pada penglihatan, akan terganggu karena fitur ini akan memberikan beberapa tahap kepada pengguna yang ingin klik menu, juga adanya suara yang bising.


Nah, talkback akan menyulitkan pengguna biasa karena setiap sentuhan untuk masuk ke ke menu atau aplikasi, layar akan menyorotinya dengan bingkai berwarna hijau terlebih dahulu bersama keterangan berupa suara, baru pengguna setelah itu akan bisa memilihnya dengan ketukan ganda.


Alih-alih bisa scroll cepat dengan satu jari, pengguna pun tidak dapat menggulirkan / scroll layar ke atas atau bawah dengan cara biasanya. Untuk melakukan scroll, pengguna harus menggunakan dua jari supaya bisa melakukannya.

Mematikan Fitur Talkback Pada Android

Biasanya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur talkback, pengguna bisa menggunakan beberapa pintasan, seperti melalui pintasan tombol volume, maupun melalui fitur Google Assistant. 


Cara 1: Tekan kedua tombol volume

Anda dapat menggunakan pintasan tombol volume untuk mengaktifkan atau menonaktifkan TalkBack.

Di bagian samping perangkat, temukan kedua tombol volume.


Tekan dan tahan kedua tombol volume selama 3 detik.

Untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan TalkBack, tekan lagi kedua tombol volume selama 3 detik.


Jika Anda mengaktifkan TalkBack saat menyiapkan perangkat, pintasan tombol volume juga akan diaktifkan. Pelajari cara mengaktifkan pintasan aksesibilitas setelah menyiapkan perangkat.


Tips: Untuk menonaktifkan pintasan tombol volume secara permanen, buka Setelan kemudian Aksesibilitas kemudian TalkBack. Kemudian, alihkan Pintasan TalkBack ke nonaktif. Pelajari cara mengubah pintasan TalkBack.

Cara 2: Dengan Asisten Google

Di wizard Penyiapan atau di setelan, ucapkan "Ok Google" setelah Anda mengaktifkan Asisten Google.

Ucapkan “Nonaktifkan TalkBack” atau “Aktifkan TalkBack”.


Cara 3: Dengan setelan perangkat

Di perangkat, buka Setelan Aplikasi Setelan.

Pilih Aksesibilitas kemudian TalkBack.

Aktifkan atau nonaktifkan Gunakan TalkBack.


Pilih Oke.

Poin Penting Saat TalkBack Aktif

Ketuk untuk memilih item, lalu ketuk dua kali untuk mengaktifkannya / membuka.

Gunakan 2 jari untuk men-scroll layar.

Jika "Navigasi sistem" disetel ke "Navigasi gestur", untuk gestur seperti beranda, kembali, atau aplikasi terbaru, gunakan 2 jari, bukan satu jari.

Secara default, TalkBack mengucapkan karakter sandi kepada Anda. Untuk memastikan ponsel tidak mengucapkan karakter dalam kolom aman, Anda dapat mengubah setelannya.


Hits: 2431x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia
Harus Tahu Tekno
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita teknologi digital terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

MENARIK UNTUK DIBACA!

Cara Membangun Kemitraan Bisnis yang Sukses dan Langgeng
NULIS ?