Jago Lagu
[CLOSE]

4 Tips Memulai Webinar Dengan Benar

4 Tips Memulai Webinar Dengan Benar

Grid.id

HarusTahu.info - Pandemi Corona yang merebak hampir di seluruh dunia seketika mengubah gaya hidup manusia, termasuk soal interaksi sosial. Jika interaksi sosial biasanya bertatap muka secara langsung, sekarang sebagian besar orang beralih tatap muka secara online sebagai langkah menanggulangi penyebaran virus corona. Kini sebagai alternatif banyak orang menggunakan aplikasi video conference sebagai penggganti meeting offline. Selain itu di beberapa lembaga negara maupun swasta sering mengadakan webinar sebagai alternatif pengganti kegiatan offline.

Webinar merupakan singkatan dari dua kata, yakni “web”/”website” dan “seminar”. Jika seminar diistilahkan dengan pertemuan /persidangan secara langsung, maka webinar lebih identik dengan seminar online berbasis web atau aplikasi. Webinar tersebut bisa berupa presentasi, diskusi, maupun pemaparan dari narasumber dengan gaya komunikasi dua arah. Ada banyak tema yang disuguhkan dalam beberapa webinar seperti kesehatan, lifestyle, olahraga, politik, kebijakan negara, IT, sejarah, keuangan, dan lain sebagainya. Biasanya webinar-webinar tersebut diadakan hampir setiap hari di beberapa platform video conference seperti Zoom, Google Meet, Webex Cisco, Youtube, dan lain-lain. Bagi sebagian orang yang akan haus ilmu tentu yang beginian tentu akan dibuat ngiler karena disajikan berbagai disiplin ilmu secara gratis (hanya bermodalkan laptop/hp dan kuota saja). Namun kelemahan dari adanya webinar ini adalah jika digunakan secara terus menerus tentu membuat kuota internet cepat habis. Lalu bagaimana cara manajemen diri dalam melaksanakan webinar dengan benar? Berikut penulis sajikan 4 tips dalam memulai webinar:


1. Pastikan kamu punya kuota yang cukup

Langkah pertama dalam memulai webinar adalah harus memiliki kuota dulu baik kuota data seluler maupun kuota wifi. Tentunya hal ini akan semakin membantu dalam mencari info dan saat pelaksanaan webinar. Besaran kuota tergantung pada pelaksanaan webinar dan aplikasi yang digunakan. Dari pengalaman penulis, webinar dengan durasi 2 jam bisa menghabiskan sekitar 200 MB dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Jika menggunakan Zoom atau Webex tentu tidak akan jauh berbeda.





2. Install aplikasi video conference

Sebelum memulai webinar install terlebih dahulu aplikasi-aplikasi video conference seperti Zoom, Google Meet, Webex dan lain-lain. Tentunya semuanya adalah free. Unduh aplikasinya di website-website resmi demi menghindari resiko phising. Jangan lupa untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum memulai webinar.




3. Cari info webinar di media sosial dan website secara selektif


Info-info webinar banyak dibagikan di berbagai platform media sosial baik Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp serta website penyelenggara. Biasanya webinar-webinar tersebut bersifat free, namun ada juga dipungut biaya (biasanya uang tersebut disalurkan kepada orang-orang yang terdampak corona ataupun disalurkan untuk keperluan penanganan corona). Jika kamu merasa kesulitan atau merasa tidak efisien dalam mencari info satu-persatu, ada beberapa akun info webinar yang selalu update mengenai info webinar, salah satunya adalah akun @webinarindo. Dan terakhir, pastikan info-info tersebut valid ya.



4. Tetap jaga privasi dan keamanan akun

Seusai buat akun pastikan selalu jaga akunmu. Pasalnya, beberapa waktu lalu ada info bahwa Zoom diretas oleh penyusup yang tidak dikenal. Bahkan ada teman penulis pernah mengatakan bahwa beberapa waktu lalu customernya ditipu oleh seseorang yang mengaku rekan kerja teman penulis untuk menyetorkan sejumlah uang. Beberapa kasus peretasan ini membuat Zoom meningkatkan security dalam aplikasinya. Oleh karena itu pastikan jika selesai webinar usahakan log out untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.



Total dibaca: 1441x | Berikan Komentar!


Penulis : Hafid Rofi P.
Tukang Bantu-Bantu

Just like history, pop-culture, newest issues, IT, transportation....

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

QooApp Tidak Bisa Lagi Download FGO
NULIS ?