[CLOSE]

Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

https://stisummulayman.ac.id/2019/07/02/buku-pena/

HarusTahu.info - Setiap perusahaan memerlukan Surat Lamaran Kerja sebagai bukti keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan.

Beberapa perusahaan dan instansi yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran yang kamu ajukan. Maka dari itu sangat penting sekali untuk kamu ketahui cara menuliskan surat lamaran yang baik dan benar. Berikut tips-tips yang berguna untuk kamu dalam menuliskan surat lamaran pekerjaan.

1. Tuliskan Nama Perusahaan dan Alamat dengan benar

Jika kamu berniat untuk mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, pastikan bahwa kamu menuliskan nama perusahaan dengan benar dan berikan juga alamat perusahaan dibawahnya. Namun, jika kamu ingin Surat Lamaran Kerja kamu ditujukan langsung kepada Seseorang, maka gunakan nama yang jelas dan jabatan yang spesifik. Secara khusus, untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan, jika Kamu tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara.



Perlu di Ingat: Meskipun banyak contoh Surat Lamaran di internet, kamu harus merubah dan mengeditnya agar tidak terlihat sama dengan yang lain, jadikan surat lamaran kamu lebih berbobot dan unggul.


2. Tuliskan Surat Lamaran dengan Singkat dan Padat

Jangan terlalu panjang dalam menuliskan surat lamaran kerja karena akan terkesan bertele-tele. Tuliskan surat lamaran kamu dengan singkat, padat dan jelas. Gunakan bahasa yang bagus namun mudah di mengerti. Gunakan kosa kata yang umum digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca bahwa kamu cerdas, dengan menggunakan kata-kata yang sulit.


Penting : Jangan menulis surat lamaran kamu lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.


3. Tulis Lamaran Kerja dengan Rapi dan Bersih

jika kamu merasa tulisan tangan kamu bagus, lebih baik gunakan tulisan tangan dalam membuat surat lamaran kerja karena menurut pengalaman, Si perusahaan akan bisa melihat watak sifat asli kamu dari tulisan tangan kamu, namun jika tulisan tangan kamu tidak bagus, gunakan aplikasi komputer untuk menulisnya.


Penting : Jika membuat surat lamaran tulisan tangan, hindari menggunakan Tip-ex atau sejenisnya, jika ada kesalahan lebih baik di ulang lagi.


4. Isi Surat Lamaran


Ada beberapa hal penting Dalam surat lamaran yang perlu dituliskan:

Pembukaan: Tuliskan dimana Kamu mendapatkan informasi mengenai Lowongan Pekerjaan tersebut .Misalnya , Kamu bisa menuliskan informasi bahwa Kamu mengetahui lowongan pekerjaan tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman Kamu .

Bagian yang di lamar : Tuliskan juga bagian atau divisi yang akan kamu lamar. Misalnya : Untuk mengisi lowongan pekerjaan sebagai Driver, Office Boy dll.

Pekerjaan Kamu Saat ini: Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Kamu saat ini. Kamu juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama Kamu dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". Yang perlu Kamu perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang Kamu lamar. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan yang Kamu lamar adalah di bidang marketing research, Kamu mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Kamu di bidang logistik.

Pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Kamu . Jika Kamu pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya Kamu menuliskannya di surat lamaran.

Penutup: Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa Kamu mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Kamu menyatakan kapan saat terbaik Kamu bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

5. Proof Read

Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Kamu dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai. Dalam program MS Word Kamu bisa menggunakan spell dan grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Kamu kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan".

6. Tambahan

Tips Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Sumber : [LINK]

Selain menuliskan surat lamaran yang baik dan benar, salah satu syarat yang tidak kalah penting adalah CV (Curriculum Vitae) atau dalam bahasa Indonesia adalah daftar riwayat hidup. Cari informasi di internet bagaimana Cara membuat CV Lamaran Kerja yang menarik.


Kunjungi Template Desain CV Kreatif gratis di [LINK]



Total dibaca: 896x | Berikan Komentar!


rio antoro
Penulis : rio antoro
Blogger

Admin www.desaincvkreatif.com

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Pengalaman Test Kesehatan Rohani Jiwa di RS Bhayangkara Tulungagung
NULIS ?