Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Ini Spesifikasi Lengkap untuk Dapat Menginstall dan Menggunakan Windows 11

Ini Spesifikasi Lengkap untuk Dapat Menginstall dan Menggunakan Windows 11

Ini Spesifikasi Lengkap untuk Dapat Menginstall dan Menggunakan Windows 11 (harustahu.info)

HarusTahu.info - Pasti anda mencari spesifikasi minimum untuk dapat install windows 11, dan panduan tutorial lengkap bagaimana cara installnya?

Berkenalan Dengan Windows 11

Windows 11 bisa dipasang di komputer atau laptop dengan prosesor (CPU) dual core atau lebih, dengan kecepatan minimal 1 GHz.

Windows 11 membutuhkan minimal RAM 4 GB, dan sisa media penyimpanan (storage) 64 GB. Meski demikian, ada satu syarat penting yang harus dipenuhi sebuah perangkat yang akan dipasangi Windows 11, yaitu harus memiliki Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

Sederhananya, TPM adalah modul chip dalam sebuah perangkat PC yang bertugas untuk melindungi berbagai data yang tersimpan di dalam komputer atau laptop dengan sistem enkripsi.

Artinya, apabila perangkat Windows 11 dicuri, pelaku yang tidak bertanggung jawab harus membobol sistem TPM terlebih dahulu apabila ingin membajak beragam file yang ada di dalam perangkat tersebut.


Spesifikasi Untuk Install Windows 11

"Komputer masa depan membutuhkan teknologi semacam ini untuk melindungi perangkat dari berbagai serangan siber, baik itu skala kecil maupun skala besar," jelas Microsoft, sebagaimana dikutip KompasTekno dari TomsHardware, Minggu (27/6/2021).


Komputer atau laptop dengan CPU yang berumur sekitar tiga hingga lima tahun, konon sudah banyak yang dibekali dengan chip tersebut.

Namun, untuk memastikannya, pengguna bisa mengecek sendiri apakah perangkat PC mereka dibekali TPM atau tidak.


Caranya adalah dengan menekan tombol "Windows" dan "R" secara bersamaan pada keyboard, atau mengetikkan kata kunci "Run" di menu Start. Lalu, masukkan perintah "tpm.msc" dan klik tombol "OK".


Setelah itu, akan muncul tampilan aplikasi sistem TPM Management. Kemudian, perhatikan baik-baik kolom bertajuk "Status". Apabila kolom tersebut mengatakan "The TPM is ready for use", maka komputer pengguna dipastikan memiliki TPM, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.


Versinya sendiri bisa dilihat di kolom "TPM Manufacturer Information", tepat di bagian "Specification Version" di bagian kanan bawah yang harus menunjukkan versi "2.0". Namun, apabila kolom Status tadi mengatakan "Compatible TPM cannot be found", maka komputer pengguna tidak dibekali dengan TPM atau chip tersebut dinonaktifkan, sehingga Windows 11 tidak akan bisa dipasang. Kabar baiknya adalah, jika Anda memiliki prosesor dengan usia tiga hingga lima tahun terakhir, ada kemungkinan Anda dapat mengaktifkan TPM melaui UEFI BIOS. Caranya sendiri bervariasi tergantung merek perangkat tersebut, sehingga ada baiknya untuk menghubungi pembuat komputer atau laptop yang dimiliki.

Kesimpulannya, Microsoft resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi (OS) Windows 11, pada Jumat (25/6/2021). Windows 11 bisa dipasang di komputer atau laptop dengan prosesor (CPU) dual core atau lebih, dengan kecepatan minimal 1 GHz. Windows 11 membutuhkan minimal RAM 4 GB, dan sisa media penyimpanan (storage) 64 GB.

Panduan Lengkap Cara Install Windows 11

Berikut panduan lengkap instalasi Windows 11, dikutip Seputarlampung.com dari kanal YouTube Gaptech.id, berikut ini panduan Lengkap Cara Install Windows 11 di Laptop/PC Terbaru melalui drive USB Bootable, ikuti langkah-langkah Berikut Ini, yakni:


  • 1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah restart komputer Anda dan tekan tombol Boot terus menerus, kemudian anda kunci boot biasanya F8, F9, Esc, F12, F10, Delete, dan sebagainya.
  • 2. Langkah selanjutnya, di layar Laptop/PC akan tampil layar Boot, pilih Boot from USB Drive atau opsi USB Hard Drive.
  • 3. Nah, berikutnya akan dimulai instalasi Windows 11 yang pertama kali anda lakukan di sini adalah mengatur bahasa, waktu, dan keyboard, kemudian setelah anda selesai mengatur, maka anda klik tombol Next.
  • 4. Selanjutnya di halaman baru anda klik opsi Install Now.
  • 5. Tahap berikutnya baca pada laman: "Cara Lengkap Instalasi Windows 11 di Laptop dan Komputer"

Nah itulah pembahasan terkait,  Ini Spesifikasi Lengkap untuk Dapat Menginstall dan Menggunakan Windows 11



Total dibaca: 1095x | Berikan Komentar!


Penulis : Harus Tahu Tekno
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita teknologi digital terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Keren! Jungkook BTS Rilis Lagu ‘Still With You’ di event ‘BTS FESTA 2020’
NULIS ?