Jago Lagu
[CLOSE]

Bahayanya Resesi Dalam Ekonomi Suatu Negara

Bahayanya Resesi Dalam Ekonomi Suatu Negara

Bahayanya Resesi Dalam Ekonomi Suatu Negara

HarusTahu.info - Resesi merupakan hal terburuk dalam dunia ekonomi, pada dasarnya resesi adalah kemerosotan atau mengalami penurunan. 

Apa Itu Resesi

Dikutip dari Wikipedia Indonesia. Resesi atau Kemerosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun. Resesi dapat mengakibatkan penurunan secara simultan pada seluruh aktivitas ekonomi seperti lapangan kerja, investasi, dan keuntungan perusahaan.

Resesi sering diasosiasikan dengan turunnya harga-harga (deflasi), atau, kebalikannya, meningkatnya harga-harga secara tajam (inflasi) dalam proses yang dikenal sebagai stagflasi. Resesi ekonomi yang berlangsung lama disebut depresi ekonomi. Penurunan drastis tingkat ekonomi (biasanya akibat depresi parah, atau akibat hiperinflasi) disebut kebangkrutan ekonomi (economy collapse).

Artinya, resesi dalam sebuah negara merupakan peristiwa terburuk yang sangat harus dihindari. Dengan, adanya resesi maka bisa dipastikan dan bahkan di nilai bahwa suatu negara tengah mengalami kegagalan ekonomi.

Resesi Selama Masa Pandemi

Perekonomian dunia berada di ambang ketidakpastian akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Begitu juga dengan perekonomian Indonesia yang diprediksi kuat pada kuartal II-2020 ini mengalami kontraksi. Belum lagi isu resesi yang berada di depan mata, melihat negara tetangga Singapura sudah menelan pil pahit akibat pandemi.


Bahkan, dalam peluncuran laporan Bank Dunia untuk ekonomi Indonesia edisi Juli 2020, tak ada jaminan bagi ekonomi Indonesia terbebas dari resesi. Ekonomi Indonesia bisa mengalami resesi jika infeksi COVID-19 terus bertambah banyak. Terlebih lagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali mengingatkan para menterinya soal ancaman tersebut.


Menghindari Terjadinya Resesi

Selama masa sulit pandemi, resesi sangat mungkin terjadi di beberapa negara. Seperti yang dilakukan Indonesia, yaitu tidak memilih opsi lockdown saat awal masa pandemi. Sehingga perekonomian masyarakat tetap dapat berjalan biarpun tidak stabil, karena jika opsi lockdown diterapkan bisa saja negara melakukan keterpurukan ekonomi dengn begitu sangat rawan sekali terjadi resesi.

Nah, kini anda jadi tahu Cara Kenali Apa itu Resesi Dalam Ekonomi.



Total dibaca: 1189x | Berikan Komentar!


Penulis : Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Wirausaha Muda Yang Mandiri Membuka Cafe di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang
NULIS ?