Jago Lagu
[CLOSE]

Kapan Suatu Negara Mengalami Inflasi Ekonomi dan Apa Penyebab dari Inflasi?

Kapan Suatu Negara Mengalami Inflasi Ekonomi dan Apa Penyebab dari Inflasi?

Kapan Suatu Negara Mengalami Inflasi Ekonomi dan Apa Penyebab dari Inflasi?

HarusTahu.info - Inflasi pada sebuah negara bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa disangka oleh masyarakatnya, seperti diketahui inflasi merupakan musibah ekonomi yang sangat berbahaya bagi suatu negara. Secara bahasa Inflasi adalah kemerosotan ekonomi.


Pengertian Inflasi

Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.

Biasanya, inflasi terjadi ketika jumlah uang yang beredar di masyarakat lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Inflasi merupakan suatu gejala ekonomi yang tidak mungkin dihilangkan secara tuntas.

Inflasi merupakan sebuah keadaan krisis suatu negara dalam menjalankan perekonomian, yaitu tidak berjalan seperti normalnya.


Kapan Inflasi Dapat Terjadi?

Inflasi suatu negara benar-benar terjadi jika ada beberapa fakto pendorong pada siklus kehidupan masyarakatnya, diantaranya:


Permintaan pasar yang meningkat, Inflasi yang terjadi disebabkan karena peningkatan permintaan untuk jenis barang/jasa tertentu. Dalam hal ini, peningkatan permintaan jenis barang/jasa tersebut terjadi secara menyeluruh (agregat demand).

Biaya produksi yang meningkat, Inflasi yang terjadi karena meningkatnya biaya produksi. Adapun peningkatan biaya produksi disebabkan oleh kenaikan harga bahan-bahan baku.


Peredaran uang yang semakin tinggi, Inflasi yang terjadi karena uang yang beredar di masyarakat lebih banyak dibanding yang dibutuhkan. Ketika jumlah barang tetap, sedangkan uang yang beredar meningkat dua kali lipat



Kesimpulan

Inflasi merupakan mimpi buruk bagi sebuah negara, oleh karenanya suatu negara selalu berusaha menjaga kestabilan ekonomi dengan lebih meningkatkan produksi lokal. Pemanfaatan sumber daya yang ada dengan maksimal, menempatkan anggaran belanja yang tepat sasaran. Dengan begitu semua akan tetap stabil dan suatu negara akan terhindar dari inflasi ekonomi.



Nah, kini anda jadi mengetahui Kapan Suatu Negara Mengalami Inflasi Ekonomi dan Apa Penyebab dari Inflasi?




Total dibaca: 726x | Berikan Komentar!


Harus Tahu Ekonomi
Penulis : Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Biaya Transfer OVO Naik Lagi Jadi Rp 1500, Ini Daftar Bank Yang Terpengaruh
NULIS ?