Jago Lagu
[CLOSE]

Tips dan Cara Buat CV Lamaran Kerja Agar di Terima HRD

Tips dan Cara Buat CV Lamaran Kerja Agar di Terima HRD

Tips dan Cara Buat CV Lamaran Kerja Agar di Terima HRD (desaincvkreatif.com)

HarusTahu.info - Di saat kita akan melamar suatu pekerjaan di instansi/perusahaan tentunya anda bukan satu-satunya calon dan maka dari itulah menjadi hal penting untuk mengerti syarat melamar kerja yang dapat membuat HRD terkesan. Dengan demikian perlu strategi untuk mendapatkan peluang yang besar untuk mengalahkan calon yang lain. Salah hal penting yang menjadi parameter sebuah perusahaan memiliki bobot penilaian kandidat karyawan yang tinggi yaitu sebuah curriculum vitae (CV) yang menarik.

Membuat CV Lamaran Pekerjaan

Bahkan CV akan menjadikan bahan pertimbangan untuk HRD dalam mengambil keputusan apakah berkas lolos seleksi atau tidak. Maka dari itu pembuatan CV yang menarik merupakan suatu hal yang sanat penting pada saat mulai melakukan pelamaran pekerjaan. Selain surat lamaran kerja, CV juga dapat mendatangkan keberentungan atau nasib yang membuat akan masuk ke dalam tahap seleksi berikutnya atau tidak. Itulah mengapa, menjadi hal penting meskipun bagi sebagian orang CV bukanlah hal yang asing namun contoh CV yang baik akan mampu menarik perhatian perusahaan.

Ketika seorang HRD melihat CV anda, perusahaan bisa mengetahui jikalau anda layak untuk direkrut kedalam perusahaan nya. Menurut studi yang sudah dilakukan, perekrut atau recruiter membutuhkan waktu sekitar 6 detik untuk memeriksa CV dan waktu yang dihabiskan untuk memeriksa CV yang lebih dari 6 detik, menjadikan bahwa si perekrut menunjukkan ketertarikan pada anda seeker.

Di sini CV seakan menjadi suatu penentu apakah anda dapat diterima atau ditolak berkas lamaran kerjanya. Karena fakta penting yang demikian maka sebaiknya bila Anda mengetahui bagaimana cara membuat CV yang menarik menjadi cerminan bila Anda merupakan seorang yang profesional.


Untuk bisa membuat CV yang menarik bukan berarti membuat data diri berlembar-lembar kertas karena CV yang dibuat dalam banyak lembar kertas tidak menjadikan anda terlihat sebagai sosok pelamar yang profesional.




Perlu diketahui, dalam membuat CV informasi apa saja yang seharusnya disajikan adalah :

1. Mencantumkan data diri berupa nama, alamat, nomor telepon hingga email serta posisikan berada di CV header atau bagian atas

Data diri / informasi pribadi wajib atau sangat diperlukan di dalam CV yang anda buat. Tidak perlu panjang dan bertele-tele serta mendetail cukup hanya mencantumkan nama, alamat, nomor telepon dan surel. Letakkan informasi data diri tersebut pada bagian atas CV atau CV header karena informasi tersebut yang akan dilihat pertama kalinya oleh perekrut.


2. Tuliskan CV objective atau CV summary dan letakkan tepat di bawah informasi pribadi

Pada dasarnya CV objective berisi tentang perjalanan karir yang telah anda lalui. Namun jika anda masih sebagai pemula atau fresh graduate dalam membuat CV maka riwayat perjalanan karir ini dapat anda ganti dengan riwayat pendidikan.

3. Bila Anda memiliki Riwayat pengalaman kerja, harus anda cantumkan walaupun hanya sebatas magang asalkan pekerjaan tersebut terkait dengan pendidikan yang anda dijalani


Bukan rahasia umum lagi, bila sang perekrut akan melihat riwayat pengalaman kerja sebagai bahan untuk menjadikan pertimbangan ketika memberikan undangan untuk sesi interview. Oleh sebab itu, ketika anda akan membuat CV pastikan bahwa pengalaman kerja harus ditulis dengan benar.

4. Tuliskan pendidikan anda, yang terpenting perguruan tinggi

Disaat menuliskan pendidikan yang telah anda dijalani, sebaiknya hanya menuliskan yang penting asja. Beberapa hal yang mesti diperhatikan didalam penulisan riwayat pendidikan adalah :



• Nama universitas atau sekolah

• Lamanya menempuh pendidikan

• Jurusan yang diambil


• Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN)

Hal-hal yang termuat di atas mengenai riwayat pendidikan sudah lebih dari cukup.

5. Tulis dan cantumkan skill atau kemampuan yang telah dikuasai

Walaupun anda menguasai banyak kemampuan atau skill tapi bukan berarti semua kemampuan tersebut anda masukan ke dalam CV. Lebih baik masukkan kemampuan atau keahlian yang sangat relevan dengan pekerjaan yang anda lamar saat ini.

6. Masukkan informasi minat, prestasi serta pengalaman berorganisasi sebagai bahan pertimbangan lainnya.

Informasi terkait hal diatas, sebenarnya hanya sebagai informasi tambahan. Akan tetapi hal tersebut menjadi sesuatu yang bisa dijadikan pertimbangan bagi perekrut.

7. Tambahan (Buat Desain CV Kreatif)


Tips dan Cara Buat CV Lamaran Kerja Agar di Terima HRD

Sumber Gambar : [LINK]


Nah, di era digital sekarang ini sebuah CV perlu dibuat semenarik mungkin, unik dan tidak biasa. Sehingga akan terlihat profesional hal ini dapat menarik perhatian perekrut yang akan menyeleksi CV. Anda dapat mencari referensi cara membuat CV di internet sehingga CV anda memiliki tampilan dan template yang menarik. Desain CV Kreatif hadir sebagai salah satu web penyedia CV Menarik yang gratis yang bisa anda download tanpa mengeluarkan biaya.

Hal tersebut menjadi sangat praktis,mengingat anda tidak memliki kemampuan mendesain Template CV Yang Menarik. Hanya dengan beberapa langkah, pengunjung sudah dapat mengunduh CV yang telah disediakan.

Selain itu pengunjung dapat merubah data-data pribadi yang diperlukan sehingga sesuai dengan kebutuhan pengunjung.. Berbagai pilihan Desain template CV Kreatif dengan berbagai warna akan membuat CV kamu menjadi lebih Profesional dan mempermudah untuk mendapatkan perhatian dari HRD perusahaan.

Yuk Download CV Kreatif mu biar lebih cepat dapat kerja. Mau memiliki Desain CV Kreatif yang keren dan gratis? Yuk kunjungi [LINK]



Total dibaca: 2101x | Berikan Komentar!


Penulis : rio antoro
Blogger

Admin www.desaincvkreatif.com

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Jangan Terlewat Besok Tanggal 21 Juni Gerhana Matahari Cincin Terjadi di Indonesia
NULIS ?