Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Tabayyun dalam Ajaran Islam, Telitilah Terlebih Dahulu Sebelum Bertindak

Tabayyun dalam Ajaran Islam, Telitilah Terlebih Dahulu Sebelum Bertindak

Teliti terlebih dahulu sebelum memutuskan segala sesuatu (Google Images)

HarusTahu.info - Seringkali pasti diantara kita mendengar kata tabayyun, dan bahkan di era milenial ini kata tabayyun sudah sering digunakan untuk pembahasan melalui chat atau obrolan digital. Lantas apa arti dari tabayyun?

Tabayyun adalah akhlaq mulia yang merupakan prinsip penting dalam menjaga kemurnian ajaran Islam dan keharmonisan dalam pergaulan.

Sekarang, kata tabayyun semakin populer dan tak lagi asing di telinga kita. Banyak orang, tak hanya kalangan yang lekat dengan tradisi Islam seperti para santri, mulai rakyat biasa, politisi, aktivis dan bahkan artis kerap menggunakan dan mengatakan kata ini.

Tak jarang kita dengar para politisi mengatakan tabayyun setiap kali menanggapi statemen atau kritik dari lawan politiknya, atau para artis yang sedang didera gosip, demikian juga dengan para aktivis. Saban dikritik, mereka akan dengan mudah mengatakan, “etikanya adalah bertabayyun terlebih dahulu sebelum berstatemen atau mengkritik.” Atau kadang tabayyun juga dimaknai sebagai perintah sowan atau mendatangi pihak tertentu yang dibicarakan atau diberitakan. Biasanya dibumbui dengan kalimat sok akrab seperti, “datang kan bisa, nanya dulu sambil ngopi bersama biar nggak salah paham.”

Tabayyun meski secara literal berarti menggali kejelasan sebuah informasi, juga erat kaitannya dengan fungsi kritik atau setidaknya bisa menjadi landasan kritik. Kritik hanya bisa dikatakan sebagai kritik dan berfungsi sebagai kritik sejauh dilandasi informasi yang memadai pada apa yang hendak dikritik. Pertanyaannya kemudian, dalam konteks erupsi berita seperti sekarang, siapakah sang fasiq dan apakah tabayyun mengandaikan seseorang harus mendatangi pihak-pihak tertentu yang menjadi objek berita atau percakapan? 


Tentu saja manifestasi dari sang fasiq beraneka rupa, bisa surat kabar yang menyebarkan kabar bohong, para buzzer politik yang bekerja mendistorsi berita, politisi yang gemar menyebarkan fitnah, para ustad yang kerap menyampaikan pesan kebencian dan melebih-lebihkan informasi, atau para aktivis yang kerap mengklaim dirinya sebagai representasi rakyat tertindas namun tak pernah memberi informasi benar terkait agenda-agenda politik yang dijalankannya pada rakyat yang konon diperjuangkannya.


Kesimpulan

Tabayyun merupakan salah satu tradisi umat islam yang dapat dijadikan solusi untuk memecahkan masalah. Tradisi ini digunakan terutama untuk menyelesaikan masalah dalam masyarakat. Telitilah sebelum bertindak.



sumber: indoprogress.com



Total dibaca: 1235x | Berikan Komentar!


Aries Puja
Penulis : Aries Puja
Tech Enthusiast

Tidur lebih Malam, Bangun lebih Pagi

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Lokasi Pengecekan SIKM Jakarta, Pemalsuan SIKM Akan Dikenakan Sanksi Hukum
NULIS ?