Jago Lagu
[CLOSE]

Ketahui Cara Agar Tetap Bisa Menabung di Masa Sulit Saat Ini

Ketahui Cara Agar Tetap Bisa Menabung di Masa Sulit Saat Ini

Ketahui Cara Agar Tetap Bisa Menabung di Masa Sulit Saat Ini

HarusTahu.info - Menabung di masa sulit merupakan sebuah langkah yang tepat. Dengan megetahui langkah tepat agar tetap bisa menabung di masa sulit akan membuat manajemen keuangan anda aman. Tentu saja ini akan membuat kehidupan anda lebih sejahtera.

Langkah Tetap Bisa Menabung di Masa Sulit

1. Membayar Kebutuhan Primer Tepat Waktu

Meskipun penghasilan yang anda terima tidak terlalu besar dan ketika kondisi keuangan lesu, usahakan untuk tetap menyisihkan 10% untuk menabung. Baru setelah itu, gunakan penghasilan untuk membayar kebutuhan primer. Membayar kebutuhan primer adalah langkah dasar dalam mengatur keuangan pribadi agar anda bisa mencapai kebebasan finansial.



  • Membayar uang sewa rumah atau apartemen jika anda menyewa tempat tinggal
  • Membayar premi asuransi jiwa dan asuransi kesehatan
  • Membayar tagihan secara penuh, seperti tagihan air, internet dan listrik
  • Membayar utang konsumer berbunga tinggi seperti utang kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA)
  • Membayar cicilan kredit pemilikan rumah, atau KPR, atau kredit pemilikan apartemen, atau KPA, jika anda membeli tempat tinggal
  • Membayar cicilan kredit kendaraan bermotor (KKB)
  • Setelah membayar tagihan, barulah Anda bisa mengalokasikan penghasilan untuk belanja bulanan, biaya hiburan, dan kebutuhan lainnya yang sifatnya tersier.

Dengan mendahulukan menabung dan membayar kebutuhan primer di depan, maka artinya anda harus dapat fleksibel menyesuaikan besaran belanja bulanan dengan bujet yang tersisa.



2. Batasi Pengeluaran Bulanan

Karena anggaran yang tersisa untuk biaya bulanan terbatas, maka kini anda harus lebih kreatif melakukan penghematan pada poin tertentu. Pangkaslah biaya yang bersifat tersier dan bertujuan untuk memenuhi keinginan, bukan kebutuhan.


Kebutuhan Yang Bisa Dipangkas Antara Lain:


  • Biaya beli gadget baru, jelas ini adalah keinginan dan bukan kebutuhan. Maka sebaiknya anda menunda keinginan yang tidak bersifat mendesak.
  • Biaya langganan TV berbayar, video streaming, song streaming. Karena ini bukan kebutuhan, maka memangkas biaya-biaya ini adalah salah satu strategi agar Anda punya keuangan yang sehat.
  • Biaya nongkrong dan makan di luar. Dalam kondisi lesu, usahakan membawa bekal dan menghentikan kegiatan nongkrong sampai kondisi keuangan membaik.
  • Biaya beli kopi. Anda bisa menekan biaya ini dengan membuat kopi sendiri di rumah atau kantor.
  • Biaya gaya hidup seperti belanja baju, make-up, aksesori, dan pengeluaran untuk hobi lainnya. Tahan pengeluaran untuk hobi seperti ini hingga kondisi keuangan Anda pulih.


3. Manajemen Asset Yang Tepat

Setelah mengetahui penghasilan yang anda miliki benar-benar tidak dapat memenuhi kebutuhan dan cicilan utang yang ada.


Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual aset, terutama aset bergerak. Hasil penjualan aset tersebut bisa anda gunakan untuk menutup kebutuhan sementara waktu saat keuangan sedang lesu.

Menjual aset bergerak seperti kendaraan bermotor lebih mudah dan lebih dianjurkan ketimbang menjual aset tetap seperti rumah. Karena, nilai mobil senantiasa mengalami depresiasi atau penurunan setiap tahun. Sementara nilai rumah cenderung naik.

Salah satu cara mengelola aset misalnya, jika saat ini Anda punya dua mobil, mungkin ada baiknya untuk menjual salah satu mobil yang kurang produktif. Atau, Anda juga bisa menjual mobil yang ada saat ini dan membeli mobil bekas.

4. Tetap Disiplin Menabung

Sekecil apapun penghasilan yang Anda dapatkan dalam masa-masa kritis seperti sekarang, tetaplah berusaha menabung. Anda bisa menerapkan sistem auto debit minimal 10% pada rekening tabungan untuk memastikan Anda tetap disiplin menabung setiap bulan.

Kondisi keuangan sulit sebaiknya tidak menjadi alasan Anda gagal mencapai rencana finansial. Agar rencana ini dapat terwujud, mari disiplin menabung.

Setelah anda membaca beberapa langkah tepat menabung di masa sulit ini, semoga bermanfaat.


Total dibaca: 1605x | Berikan Komentar!


Harus Tahu Ekonomi
Penulis : Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Ini Dia Manfaat Daun Kunyit Yang Terkadang Di Pandang Sebelah Mata.
NULIS ?