Jago Lagu
[CLOSE]

Mulai Memasuki Usia 20 Tahun, Berikut Tips Cara Menabung Yang Efektif

Mulai Memasuki Usia 20 Tahun, Berikut Tips Cara Menabung Yang Efektif

Mulai Memasuki Usia 20 Tahun, Berikut Tips Cara Menabung Yang Efektif

HarusTahu.info - Menabung merupakan salah satu cara agar masa tua tidak terlunta-lunta, dan jika anda sudah mulai memasuki usia ke 20 tahun berikut tips serta saran yang bisa anda terima untuk menabung yang lebih efektif.

Langkah 3 Tips Ampuh Cara Menabung Yang Efektif

1. Perbanyak Pemasukan dan Minimalisir Pengeluaran

Sudah saatnya anda merubah cara berpikir, dari konsumtif menjadi produktif. Sekarang ini, apalagi dengan dukungan teknologi informasi yang cepat sekali perkembangannya, Anda bisa memanfaatkan keahlian untuk menciptakan sumber pendapatan sampingan.

Coba jual jasa keahlian atau produk Anda sebagai seorang freelancer, entah itu di bidang desain grafis, pemrograman, tulisan hingga terjemahan, digital marketing, dan lain sebagainya.


Ada banyak sekali marketplace yang mempertemukan klien dengan freelance seperti Fiverr atau Projects.co.id, jadi jangan ragu untuk mendaftar di marketplace tersebut dan temukan klien pertama Anda sekarang.


Di sisi lain, kurangi terus pengeluaran Anda. Misalnya bila frekuensi Anda menonton film di bioskop selama ini seminggu sekali, kurangi menjadi sebulan sekali.

Bila biasanya Anda makan siang di resto atau di kafe setiap hari, kurangin menjadi 2 kali seminggu dan sebagainya. Transportasi pun demikian, cari yang paling rumah dan tetap sesuai dengan Anda.


2. Prioritaskan Pengeluaran Yang Tepat


Anda memang memiliki tanggungan pembayaran, baik itu kebutuhan sehari hari maupun untuk hal yang memang harus mengeluarkan uang.

Karena tujuan Anda adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan Anda untuk ditabung. Coba perhatikan gambar berikut?

Anda dapat melihat bahwa tabungan dan investasi memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada kewajiban membayar cicilan dan pengeluaran atas kebutuhan lainnya.



Dengan mengikuti skema itu, tak ada lagi alasan untuk tidak menabung atau berinvestasi karena uangnya tidak mencukupi. Kini anda jadi tahu mana yang prioritas dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu.

3. Sebisa Mungkin Hindari Hutang



Selain utang kartu kredit, sekarang ini akses pinjaman itu banyak sekali, apalagi karena internet sudah sangat mudah untuk diakses.

Tapi ingat, semakin mudah mengakses pinjaman, itu artinya semakin lebar ‘lubang utang’, apalagi hanya bila digunakan untuk tujuan yang kurang produktif.

Misalnya, Anda mengajukan pinjaman cepat untuk membeli iPhone X. iPhone X tidak bisa dijadikan sebuah aset yang menghasilkan karena tidak secara langsung bisa menghasilkan uang untuk Anda, dan bila dijual nilainya akan terus turun.


Bagaimana bisa menabung bila Anda sendiri menggali ‘lubang utang’ semakin dalam apabila mengajukan pinjaman untuk hal-hal yang kurang produktif?

Jadi coba pikirkan lagi, apakah tujuan Anda mengajukan pinjaman benar-benar untuk kebutuhan yang produktif? Bila tidak, jangan ajukan!

Nah, dengan membaca beberapa tips tersebut seharusnya anda bisa jadi lebih baik lagi untuk menabung di usia menginjak angka 20 ini.

Itulah pembahasan terkait, Mulai Memasuki Usia 20 Tahun, Berikut Tips Cara Menabung Yang Efektif.


Total dibaca: 1040x | Berikan Komentar!


Harus Tahu Ekonomi
Penulis : Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Benarkah Aggregator Pojok.in Sudah Bubar?
NULIS ?