Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Mengenal Pramuka dan Sejarah Hari Pramuka di Indonesia Setiap Tanggal 14 Agustus

Mengenal Pramuka dan Sejarah Hari Pramuka di Indonesia Setiap Tanggal 14 Agustus

Mengenal Pramuka dan Sejarah Hari Pramuka di Indonesia Setiap Tanggal 14 Agustus

HarusTahu.info - Pramuka merupakan salah satu organisasi pendidikan nonformal yang sudah ada sejak bangku sekolah dasar, pasalnya di dalam pramuka terdapat serangkain kegiatan yang bertujuan mengenalkan dunia luar kepada para anggotanya.

Pengertian Pramuka

Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Secara singkat Pramuka mengajarkan para anggotanya untuk saling berbagi, bergotong royong, menjaga lingkungan dan alam. Biasanya organisasi ini sering dipadukan dengan organisasi pecinta alam.


Sejarah Pramuka

Sejarah pramuka di dunia dimulai sejak awal abad 20. Baden Powell dikenal sebagai pemrakarsa gerakan kepramukaan di dunia. Pada tanggal 25 Juli 1907, Baden Powell yang menjabat sebagai Letnan Jenderal tentara Inggris mengadakan perkemahan pramuka di Pulau Brown Sea, Inggris.


Pada tahun 1908, ia menulis buku ‘Scouting for Boys’ tentang prinsip dasar kepramukaan. Peluncuran buku tersebut menjadi cikal bakal lahirnya gerakan pramuka. Sejak itu kian banyak muncul organisasi kepramukaan. Gerakan pramuka tidak hanya dikenal di Inggris, tapi juga di negara-negara lain di dunia.

Awalnya gerakan pramuka hanya didominasi laki-laki, namun sejak tahun 1912, muncul organisasi pramuka ‘Girl Guides’ yang didirikan dengan bantuan adik perempuan Baden Powell, Agnes. Organisasi kepramukaan perempuan ini kemudian dilanjutkan oleh istri Baden Powell.


Organisasi kepramukaan di dunia terus berkembang. Pada tahun 1916, berdiri organisasi pramuka usia siaga bernama CUB atau anak serigala, yang dilengkapi buku panduan kegiatan merujuk pada buku The Jungle Book. Di tahun 1918, Powell mendirikan ‘Rover Scout’ untuk kelompok remaja usia 17 tahun.

Pada tahun 1922, Baden Powell menerbitkan buku ‘Rovering to Success’ atau ‘Mengembara Menuju Sukses’. Buku tersebut menceritakan seorang pemuda yang terus mengayuh sampan hingga akhirnya menuju pantai bahagia. Buku tersebut kian menginspirasi berkembangnya gerakan kepramukaan di dunia saat itu.



Pada 30 Juli sampai 8 Agustus 1920, untuk pertama kalinya diadakan Jambore Dunia. Kegiatan ini pertama diadakan di Olympia Hall, London, dengan dihadiri sekitar 8000 anggota pramuka dari 34 negara yang hadir. Di acara itu, Baden Powell dinobatkan sebagai Chief Scout of the World atau Bapak Pandu Sedunia.

Masih pada tahun yang sama, dibentuklah Dewan Internasional Organisasi Pramuka yang beranggotakan 9 orang. Kota London ditetapkan sebagai kantor kesektariatan Pramuka sedunia, meski kemudian berpindah ke Ottawa, Kanada pada tahun 1958 serta ke Geneva, Swiss pada tahun 1968.


Selamat Hari Pramuka 14 Agustus

Pada 14 Agustus diperingati oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Pramuka. Sebelumnya, gerakan ini dinamakan gerakan Kepanduan. Di dunia, gerakan kepanduan ini dikenal dengan sebutan Scout atau Scout Movement. Dengan begitu banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk memperingati HUT Pramuka oleh para anggotanya, mulai dari upacara, event dan kegiatan-kegiatan lain seperti baksos misalnya.

Nah saya kira ini penjelasan saya terkait Pengertian Pramuka dan Sejarah Hari Pramuka di Indonesia Setiap Tanggal 14 Agustus



Total dibaca: 1105x | Berikan Komentar!


Syifa Azizah
Penulis : Syifa Azizah
Singing Is Power

Saya itu suka bernyanyi tapi kadang juga suka menulis biarpun ga banyak hihihi

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Alasan Wallpaper Gelap Pada Smartphone Bisa Menghemat Baterai
NULIS ?