Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Kenapa Meriam Kapal Perang Modern tidak Semeriah saat Perang Dunia 2

Kenapa Meriam Kapal Perang Modern tidak Semeriah saat Perang Dunia 2

Pixabay McRonny

HarusTahu.info - Kapal perang adalah salah satu dari kekuatan utama di pertempuran maritim dan menjadi salah satu dari 3 penyokong utama unsur peperangan selain pesawat tempur dan pasukan infanteri. 

Berbagai jenis kapal perang hebat dapat kita lihat wujudnya melalui perkembangan teknologi digital yang semakin canggih dari tahun ke tahun, walaupun anda tidak terlahir di masa perang dunia, namun anda masih dapat melihat kedigdayaan dari kapal perang Bismarck milik Nazi Jerman entah itu dari CGI di film ataupun visual efek yang ada di game. Pokoknya kecanggihan teknologi di masa sekarang benar-benar dapat membantu anda dalam hal literasi, edukasi, dan menambah pengetahuan.

Nahh, saat anda melihat kapal-kapal perang jaman dahulu setidaknya kapal perang di era Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 pastilah sangat jauh berbeda dengan kapal perang modern yang ada di masa sekarang ini tepatnya selepas Perang Dingin. 

Perbedaan pastilah suatu hal yang wajar mengingat teknologi akan selalu terus menerus diperbaharui dan ditingkatkan begitupun dengan teknologi persenjataan di kapal perang yang semakin canggih, dari zaman dulu ke masa modern ini.

Namun anehnya perubahan yang terjadi pada kapal perang modern malah mengarah kepada pengecilan ukuran kaliber meriam dan pengurangan jumlah meriam yang dipasang di kapal baik itu jenis Frigate, Corvette, maupun Destroyer.


Bukannya makin modern senjatanya seharusnya makin kuat? Lalu kaliber pelurunya kenapa makin mengecil dan jumlahnya meriamnya dikurangi?


Penjelasan Kenapa Kapal Perang Modern Berbeda saat Perang Dunia 2

Kenapa Meriam Kapal Perang Modern tidak Semeriah saat Perang Dunia 2

Ada hal mendasar yang harus dipahami oleh semua orang yang tertarik dalam dunia militer, jika ukuran yang besar tidak menjamin keunggulan dan kejayaan suatu alutsista. Justru di masa sekarang ini alat-alat dan mesin perang di desain untuk sekecil dan seminim mungkin demi menghemat anggaran dan sumber daya alam tanpa harus mengurangi kemampuan tempur mereka.


Lagipula membawa kapal-kapal raksasa dengan meriam jumbo hanya akan memperlambat mobilitas pasukan dan menjadi sasaran empuk senjata lawan yang sudah memiliki kecepatan supersonik semua seperti pesawat jet.

Dan hal yang harus dipahami lagi adalah jika meriam bukanlah senjata utama yang ada pada kapal modern saat ini! Jika dulu meriam sangatlah dijadikan senjata andalan kapal-kapal perang milik kekaisaran Jepang dan Republik Amerika serikat saat Perang Dunia II, namun kenyataan yang ada sekarang ini sudah berbeda.


Semenjak ditemukannya rudal balistik dan misil, maka peran meriam sebagai senjata andalan secara otomatis tergantikan oleh keberadaan roket rudal yang mampu menembak sasaran yang sangat jauh dengan sangat akurat.

Rudal-rudal yang sering ditempatkan pada kapal-kapal perang modern baik itu Korvet, Frigate, maupun Kapal Patroli seperti Tomahawk, Exocet, dan Harphoon. Jelas lebih efektif dibandingkan meriam-meriam seperti OTO Melara 76 mm, OTO Melara 30 mm, dan Rheinmetall, walaupun meriam ini sudah dibekali kemampuan menembak secara beruntun (rapid) tidak seperti zaman PD2 yang hanya bisa sekali menembak dan harus diisi ulang.

Peran meriam sekarang hanyalah dijadikan senjata kedua/cadangan untuk melawan musuh di permukaan yang dekat dengan kapal, ataupun mungkin bagi beberapa kapal yang memiliki sistem pertahanan CIWS (Close in Weapon System) seperti oerlikon skyshield dan Phalanx maka meriam seakan dijadikan anak tiri.


Keberadaannya pun semakin dikurangi di kapal, jika dulu kita bisa melihat berlusin-lusin moncong cannon dengan meriam-meriam super gede, maka sekarang paling banyak ditemui 2 meriam, itupun kebanyaka diletakkan di bagian depan kapal.

Memang untuk meriam, kapal modern mengecil dan jumlahnya berkurang. Namun hal tersebut terjadi karena peran dan kegunaannya sudah dapat digantikan oleh rudal.

Sehingga kesimpulan yang bisa kita dapat mengenai kapal perang sekarang ini, jika teknologi pada kapal jelas semakin berkembang, dengan ada atau tidaknya meriam pada kapal modern sekarang tetap saja akan sangat mematikan dan berbahaya dengan kehadiran misil, rudal balistik, dan torpedo.


Total dibaca: 1382x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Tulisan Ini Dibuat Sehari Sebelum HUT RI ke-75 di Masa Pandemi 2020
NULIS ?