[CLOSE]

Kutu Kucing Bisa Mengakibatkan Kematian Apa Benar?

Kutu Kucing Bisa Mengakibatkan Kematian Apa Benar?

Kutu Kucing Apakah Mengakibatkan Kematian? (Google Images)

HarusTahu.info - Dokter hewan sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran Hewan Universitasa Nusa Cendana Kupang, drh. Yeremia Yobelanno Sitompul M.Sc menjelaskan, pada tubuh hewan peliharaan seperti kucing, sering ditemukan ektoparasit.

Ektoparasit ini ada empat jenis yaitu kutu, tungau, pinjal, dan caplak. Namun, masyarakat umumnya menyebut keempatnya dengan istilah yang sama yakni kutu.

Dia menjelaskan, berdasarkan pengetahuan mengenai hewan, ketika parasit mengigit ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, umumnya menyebabkan alergi. Lalu bisa juga terjadi infeksi sekunder, di mana luka akibat gigitan menjadi pintu masuk bagi bakteri ke tubuh. Atau parasit itu sendiri ketika mengigit memang sedang membawa bakteri.

Sebelumnya diberitakan kasus meninggalnya balita di Sragen dikarenakan sebelumnya digigit oleh kucing dan mengalami pembengkakan di jarinya, namun kepastian penyebabnya perlu diketahui apakah benar-benar meninggal karena gigitan kutu kucing.

Jika memang telah dinyatakan oleh dokter bahwa gigitan kutu dari kucing yang menyebabkan kematian, salah satu jenis kutu yang dapat menyebabkan penyakit zoonosis, penyakit menular dari hewan ke manusia, adalah pinjal Ctenocephalides felis. Parasit yang memang ditemukan pada kucing. 


Gigitan parasit ini dapat menyebabkan cat scratch fever/disease, penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bartonella henselae pada manusia, dapat tertular melalui gigitan pinjal tersebut.


Melansir Sehatq, pada manusia bakteri ini bisa berdampak pembengkakan dan kulit kemerahan pada bekas gigitan, demam, lelah, tidak nafsu makan, serta pembengkakan kelenjar getah bening. Sebagian orang bisa mengalami gejala yang parah, seperti pada balita dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

“Jadi ya kalau memang gigitan kutu kucing penyebabnya, penyakit zoonosis cat scratch disease ini bisa dipertimbangkan dalam dokter yang berwenang mendiagnosa penyebab kematian balita tersebut,” ujar Yeremia.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus di Sragen, Benarkah Kutu Kucing Bisa Bunuh Manusia?"



Total dibaca: 791x | Berikan Komentar!


Paling Viral
Penulis : Paling Viral
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari ini.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Kenali Gejala dan Penyebab Sleeping Beauty Syndrome Apakah Berbahaya?
NULIS ?