Jago Lagu
[CLOSE]

Selain Enak Ternyata Seledri Mempunyai Manfaat Yang Baik Untuk Kesehatan Loh.

Selain Enak Ternyata Seledri Mempunyai Manfaat Yang Baik Untuk Kesehatan Loh.

https://pixabay.com

HarusTahu.info - Seledri (Apium graveolens) tumbuhan yang banyak dibudidayakan untuk diambil bagian daun dan tangkainya sebagai bahan konsumsi atau obat-obatan. Tumbuhan alias sayuran satu ini mempunyai aroma yang khas dan tekstur yang renyah. 

Penggunaan daun sledri juga sering dipakai sebagai bahan pelengkap atau penyedap pada masakan ataupun hanya sebagai hiasan. Selain itu sayuran satu ini juga banyak di sukai para pecinta vegetarian dan kerap di jadikan campuran salad.

Untuk kandungan nutrisi setidaknya dalam sekitar 100 gram seledri, terkandung sekitar 14 kalori dan beragam lainya seperti 1,5 gram serat, 2,5–3 gram karbohidrat, 0,7 gram protein, 80 miligram natrium, 260 miligram kalium, 1,3 gram gula dan 40 miligram kalsium.

Beberapa kandungan lainya juga ada antioksidan flavonoid serta beragam mineral dan vitamin, termasuk zinc, tembaga, magnesium, folat, kolin, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

Berikut ini Manfaat Dari Daun Seledri.

1. Mencegah penyakit batu ginjal

Seledri merupakan jenis sayuran yang banyak kandungan mineral kalium dan antioksidan. Senyawa tersebut diketahui berguna dalam mencegah pengendapan atau pengkristalan mineral garam di dalam organ ginjal, sehingga hal ini akan mengurangi risiko seseorang terkena penyakit batu ginjal. 


2. Mengatur tekanan darah

Penyakit ginjal keterkaitan dengan hipertensi atau darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang tidak stabil, lama-kelamaan akan dapat merusak lapisan pembuluh darah di seluruh tubuh. Kondisi ini tentunya dapat membuat berbagai bagian organ tubuh berkurang secara fungsionalnya, termasuk pada organ ginjal.


Jika fungsi organ ginjal terganggu kinerjanya, maka ginjal akan kesulitan dalam menyaring darah dari zat kimia, membantu produksi hormon, serta sulit mengatur keseimbangan cairan elektrolit di dalam tubuh.

Nah dengan kamu mengkonsumsi daun seledri maka secara tidak langsung akan memperbaiki sistem aliran darah keseluruh tubuh.


3. Mengatasi masalah sembelit.

Manfaat daun seledri berikutnya bisa melancarkan masalah pada saluran pencernaan seperti sembelit yang sedang kamu alami.

Cukup konsumsi sayuran satu ini secara teratu atau mengolahnya menjadi jus maka kamu akan mendapatkan khasiatnya secara langsung.



4. Diklaim Mampu Menurunkan Gula Darah.

Selderi diklaim mampu mengurangi fluktuasi gula darah di dalam tubuh, menurut hasil dari sebuah penelitian adanya kandungan vitamin K dalam sayuran seledri diketahui dapat berguna dalam mengurangi risiko penyakit diabetes dan kencing manis.

Walau belum terbukti secara langsung namun kamu bisa memanfaatkanya sebagai pencegahan secara alami.

5. Daun Seledri Baik Untuk Rambut.

Jika kamu memiliki beberapa masalah pada rambut kepala, seperti kerontokan, kusam, kering serta mudah patah cobalah untuk menggunakan daun seledri sebagai alternatifnya.


Daun seledri mengandung kaya akan mineral dan nutrisi yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kamu hanya perlu menghaluskan daun seledri lalu kemudian menjadikanya sebagai keramas.

Nah itulah beberapa manfaat daun seledri yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Tidak perlu terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya karena di takutkan daun selderi menimbulkan efek samping.




Total dibaca: 1029x | Berikan Komentar!


putrras
Penulis : putrras
Student

ga ada kerjaan

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *

Komentar ()
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Puisi Tentang Masa Depan Yang Cerah, Jadi Lebih Optimis Menjalani Hidup
NULIS ?