Jago Lagu
[CLOSE]

Cara Sederhana Atasi Sakit Gigi Dengan Bahan Disekitar Kita

Cara Sederhana Atasi Sakit Gigi Dengan Bahan Disekitar Kita

https://pixabay.com/id/photos/gigi-sakit-lisan-pengobatan

HarusTahu.info - Sakit gigi merupakan salah satu masalah pada area rongga mulut yang mengganggu, terlebih lagi sakitnya kumat pada di malam hari, tentunya hal ini bisa mengganggu aktivitas tidur kamu dan bisa-bisa membuat jam tidur kamu menjadi tidak maksimal.

Umunya sakit gigi bisa disebabkan karena adanya gigi yang lubang, pembengkakan gusi serta infeksi. Jika sakit gigi sudah menyerang dan tidak segera di atasi bisa jadi masalah tersebut akan menyebabkan peradangan hingga terkadang efeknya hingga sakit kepala.

Medical News Today menyebutkan bahwa aliran darah yang menuju ke kepala pada saat tidur lebih banyak, sehingga hal ini menimbulkan rasa sakit atau nyeri semakin bertambah parah. Untuk itu mungkin kamu harus mencoba beberapa cara mengatasi masalah sakit gigi saat sedang melanda, simak dibawah ini.

Kompres Menggunakan Air Dingin

Cara pertama bisa kamu lakukan dengan menggunakan air dingin (es). Dikutip dari Medical News Today, menggunakan es batu kemudian menempelkan kearea bagian gigi yang sakit cukup efektif dalam mengurangi rasa nyerinya.

Hal ini dikarenakan efek dingin dari es akan membuat aliran pembuluh darah sedikit terhenti sehingga rasa sakit bisa dan pembengkakan menjadi berkurang. Kamu bisa lakukan cara satu ini selama 15 hingga 20 menit saat menjelang tidur.


Berkumur Menggunakan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam merupakan cara yang cukup efektif dalam mengurangi sakit gigi, kamu bisa mencobanya dengan berkumur beberapa kali saaat menjelang tidur. Air garam diketahui dapat membunuh kuman dan bakteri yang masuk kelubang gigi serta mencegah inflamasi dan peradangan agar tidak semakin bertambah parah.


Berkumur menggunakan air garam juga efektif dalam membuang sisa makanan atau kotoran lain yang menyangkut di sela gigi atau gusi .

Menggunakan Cengkih/Cengkeh

Cengkih merupakan rempah-rempah yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi sakit gigi. Cengkih dapat digunakan sebagai cara satu cara menghilangkan sakit gigi dikarenakan kandungan senyawa eugenol di dalamnya.


Dikutip dari Medical News Today, minyak atsiri berupa eugenol pada cengkih bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan karena sifatnya analgesik, antiinflamasi, antiradang serta antibakteri.

Kamu bisa menggunakan cengkih bubuk kemudian mencampurnya dengan air hingga berbentuk adonal lalu mengoleskan gigi yang sakit. Atau dengan cara merebus cengkih yang kemudian digunakan sebagai obat kumur. 



Menggunakan Bawang Putih

Cara mengatasi sakit gigi berikutnya bisa menggunakan bawang putih. Adanya kandungan allicin dalam bawang putih yang dapat berperan dalam membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Cara menggunakanya sangat mudah kamu hanya perlu mengunyah bawang putih mentah dan letakkan beberapa saat di sekitar gigi yang sakit.

Menggunakan Getah Daun Jarak.

Cara satu ini tak banyak orang yang tahu dikarenakan pohon jarak cukup sulit di temukan. Pemanfaatan getah jarak sebagai obat sakit gigi sudah sering di lakukan oleh para orang tua jaman dahulu sebagai cara yang paling mudah.


Cukup petik beberapa tangkai daun jarak kemudian teteskan getahnya ke area gigi yang berlubang, tunggu beberapa menit lalu berkumur menggunakan air bersih.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengatasi masalah sakit gigi yang sedang melanda, namun jika kamu tidak menyukai cara di atas atau tidak tahan lagi dengan rasa sakit, tak ada salahnya untuk menggunakan obat pereda nyeri untuk mengatasi sakit gigi.

Diatas hanya sekedar cara alternatif.



Total dibaca: 2334x | Berikan Komentar!


Penulis : palau
Mr

i miss u

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *

Komentar ()
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Platform Nulis Masih Beroperasi atau Tidak sih?
NULIS ?