Jago Lagu
[CLOSE]

Cara Membuat Japanese Hambagu Steak ala Emiya Shirou dari Anime Fate

Cara Membuat Japanese Hambagu Steak ala Emiya Shirou dari Anime Fate

randomc.net

Lempengan daging sapi yang ada di burger tidak hanya bisa anda nikmati saat ingin memakan roti burger saja, anda bisa memakannya sebagai lauk pauk atau hidangan utama tanpa harus memakai roti sebagaimana junk food di gerai cepat saji.

Japanese Hambagu Steak adalah patty yang merupakan kuliner olahan daging sapi giling populer di negeri Jepang. Diluar Jepang sendiri makanan ini sering disebut juga dengan nama Bistik Salisbury yang berasal dari Amerika serikat.

Salah satu anime yang merupakan Spin-off dari Fate/Stay Night, yakni Emiya-san Chi no Kyou no Gohan (Today's menu for Emiya Family) yang memang bertema masak-masakan dan kuliner. Karena kebetulan protagonis kita adalah seorang yang pandai memasak, maka pada episode ke 6, Emiya Shirou mempraktekkan cara memasak hambuga steak sederhana dan simpel dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.


Persiapan Sebelum Memasak Hamburger Steak ala Emiya Shirou

Cara Membuat Japanese Hambagu Steak ala Emiya Shirou dari Anime Fate

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain, ialah sebagai berikut :

  • Daging sapi giling atau bisa juga kornet sapi (namun saya lebih merekomendasikan daging giling karena harganya yang lebih murah daripada kornet kalengan)
  • Bawang bombay
  • Lada atau merica yang telah dihaluskan
  • Tepung panir atau yang sering disebut juga tepung roti, maka dari itu bisa digantikan juga/substitusi dengan remah roti
  • Telur
  • Garam

( Catatan! Sebenarnya tidak ada takaran yang ditetapkan secara pasti, makanya saya tidak mencantumkan jumlah atau berat masing-masing bahan entah itu berapa sendok makan atau berapa ratus gram, semua itu tergantung anda, jadi sesuaikan takarannya dengan selera dan perbandingan yang rasional dengan semua bahan-bahannya.)


Langkah dan Tata Cara Membuat Japanese Steak Hamburger 

Cara Membuat Japanese Hambagu Steak ala Emiya Shirou dari Anime Fate

Teks Prosedur Pembuatan Japanese Steak Hamburger 

Tata cara dan langkah-langkah step by step membuat bistik salisbury/hambuga steak yang ada di anime Emiya-san Chi no Kyou no Gohan oleh tokoh utama Emiya Shirou:

  1. Campurkan beberapa bahan ini menjadi satu adonan, daging sapi giling, telur (cangkangnya ngak ikutan ya), tepung panir, bawang bombay yang sudah dicincang dan dipotong-potong, garam, dan lada secukupnya.
  2. Aduk dengan tangan atau sendok hingga rata dan tercampur semuanya dalam satu adonan.
  3. Bentuk adonan tadi menjadi lempengan-lempengan patty dengan ketebalan  2 cm, dengan cara dikepal-kepal dan dilempar-lemparkan antara tangan kanan dan kiri agar menjadi padat.
  4. Masukkan patty yang sudah terbentuk tadi kedalam kulkas selama sekurang-kurangnya 30 menit agar lebih kuat dan terikat, tidak terburai-burai.
  5. panaskan wajan/teflon dengan minyak secukupnya, sekedar untuk melapisi saja, tidak sampai terendam.
  6. Setelah panas, masukkan daging patty kedalam wajan/teflon panas tersebut.
  7. Untuk diawal-awal, gunakan api sedang untuk memasak daging patty agar luarnya masak dan matang.
  8. Sampai kulit luar dagingnya mulai berubah warna menjadi kecoklatan, lalu langsung ubah mode apinya menjadi kecil dan tutup teflon/wajan dengan penutup kacanya atau apalah itu yang sering kalian sebut untuk menutupnya. Ini dilakukan agar panasnya menyebar secara merata dan dagingnya bisa matang luar dalam.
  9. Sebenarnya ini opsional, namun jika anda ingin dagingnya terasa lebih creamy dan kaya akan citarasa maka tidak ada salahnya jika menambahkan mentega.
  10. Setelah menteganya cair dan meresap kedalam daging, matikan api, dan tunggu beberapa menit hingga agak dingin, supaya daging lebih juicy dan gurih.

Lalu setelah itu sudah jadi dan anda bisa segera menghidangkannya di piring meja makan bersama keluarga anda, anda juga bisa menambahkan makanan penunjang lainnya seperti buncis rebus, kentang goreng, atau tomat sebagai sumber serat pada makanan anda, namun sekali lagi ini sesuai selera anda!


Sekianlah tutorial dari Shirou dalam membuat japanese hamburger steak ala anime Emiya-san Chi no Kyou no Gohan spin-off Fate/Stay Night. 



Total dibaca: 1211x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Nulis Di HarusTahu? Gratis!

Kamu hobby menulis? Ingin tulisan kamu dilihat banyak orang dan dapat disebarkan dengan cepat? Mendaftar sekarang dan buat tulisan terbaikmu di sini! Gratis Selamanya!


Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Sinopsis Alas Pati Film Genre Horor Indonesia yang Dibintangi Nikita Willy
NULIS ?