Jago Lagu
[CLOSE]

Benarkah Aggregator Pojok.in Sudah Bubar?

Benarkah Aggregator Pojok.in Sudah Bubar?

Benarkah Aggregator Pojok.in Sudah Bubar? (harustahu.info)

Mengenal Aggregator Berita Pojok.in

HarusTahu.info - Bagi anda yang memang belum pernah mendengar, dan tidak mengenal sama sekali tentang Pojok.in ini, saya akan mencoba untuk menjelaskannya sesingkat dan sepadat mungkin.

Portal media berita Pojok.in adalah aggregator yang memperbolehkan semua orang untuk bergabung menulis dan bekerja sama dengan mereka dalam membuat artikel di situs berita mereka, dan tentunya mereka akan membayar penulisnya sesuai kesepakatan dan aturan mereka.

Sebelas dua belaslah dengan aggregator lainnya seperti contohnya UC News dan BaBe News yang juga membayar para penulis lepasnya dengan komisi per artikel.

Tentunya hal ini adalah hal yang sangat menarik dan menggiurkan bagi para penulis freelance yang sedang mencari uang tambahan atau sekedar mencari backlink gratis untuk website mereka.


Namun, pihak mereka sendiri memakai sistem bayaran per seribu tayangan / CPM (Cost per Mille) sebagai patokan dalam membayar penulis-penulis mereka.


Rate CPM mereka pun bisa dibilang sangat tinggi, atau bahkan terlalu berlebihan untuk sekedar artikel berita yang akan habis dan tenggelam tatkala waktu telah berlalu karena kelemahan dari artikel berita adalah aktual (terkini).

Harga yang mereka patok untuk CPM terhadap visitor/pengunjung website yang berasal dari Indonesia seharga US$ 8, malah CPM untuk orang dari luar negeri malah lebih rendah yakni hanya sekitar US$ 1,7.


Entah apa yang membuat mereka memiliki peraturan seperti itu, entah karena beritanya khusus untuk orang Indonesia, atau bagaimana? Namun yang kita semua tahu dalam dunia periklanan online jika biasanya CPC dan CPM yang berasal dari luar negeri tentunya jauh lebih tinggi daripada dalam negeri.


Lalu Bagaimana Kabar Pojok.in yang Sekarang?

Seperti halnya di artikel-artikel saya yang sebelumnya mengenai BaBe News dan platform Nulis, nasib serupa juga menimpa aggregator ini.


Diberitahukan oleh salah satu admin atau penulis yang pernah berkontribusi di situs tersebut, Oji Faoji menuturkan jika benar bahwa situs Pojok.in sudah dinonaktifkan (tidak tutup, masih ada dan bisa dibuka website-nya) dan sudah tidak beroperasi lagi sebagaimana mestinya dikarenakan ada banyak bug dan pengurusnya sudah tidak ingin melanjutkannya lagi, setelah saya wawancarai langsung melalui chat pribadi di akun Instagram.

Saya periksa dan cek langsung ke situsnya pun memang mereka sudah tidak update artikel, dan terakhir kali mereka posting itu sekitar bulan November 2019 yang lalu.

Juga memang nampaknya semua jenis iklan dan adsense sudah tidak berfungsi dan sudah dicopot, kecuali iklan dari rajatraffic.


Ya mungkin inilah akhir dari beberapa aggregator yang masih merintis, kita tidak akan tahu kedepannya apakah Pojok.in akan kembali dihidupkan dan diurus kembali?

Sekian inilah artikel saya mengenai aggregator Pojok.in yang sudah tidak aktif dan tidak beroperasi lagi.



Total dibaca: 1422x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Tips dan Cara Buat CV Lamaran Kerja Agar di Terima HRD
NULIS ?