Jago Lagu
[CLOSE]

Apa Benar BaBe News Sudah Tidak Membayar Penulisnya Lagi?

Apa Benar BaBe News Sudah Tidak Membayar Penulisnya Lagi?

Apa Benar BaBe News Sudah Tidak Membayar Penulisnya Lagi? (harustahu.info)

HarusTahu.info - BaBe News! Adalah sebuah platform berita online besutan perusahaan Mainspring Technology, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi digital. Selain BaBe News, produk lainnya dari mereka adalah seperti Jalantikus, Maingames, dan Okaydoc.

Agregator yang sempat booming pada masa perilisannya, yakni disekitaran tahun 2013. Media berita online yang satu ini pun dengan cepat berhasil menarik perhatian pengguna Internet Indonesia pada saat itu. 

Awalnya banyak yang tertarik dengan BaBe ini karena program yang mereka tawarkan kepada publik. Yakni kontributor berbayar, maksudnya anda bisa berkontribusi dalam membuat konten dan artikel di BaBe, apabila artikel anda disetujui oleh pihak BaBe untuk ditampilkan di laman pencarian, maka anda akan mendapat honor sebesar Rp. 50,000 untuk satu artikel milik anda yang berhasil dikirim.

Ini adalah win-win solution antara penulis/kontributor kepada pihak penayang/BaBe News, dimana kamu memberi mereka artikel hasil pikiran sendiri (tidak plagiat dan copy paste) lalu pihak BaBe memberimu insentif berupa nominal uang yang bisa kamu cairkan apabila saldonya sudah mencapai batas minimal tertentu.

Nampak seperti hal yang sangat menjanjikan bukan? Lumayanlah buat tambahan uang saku. Namun, sayang sekali karena program tersebut sudah ditiadakan oleh pihak BaBe sendiri, terhitung semenjak Mei 2018.


Kenapa bisa dihentikan? Kemungkinan yang terbesar dari segala hipotesa yang bisa saya gali adalah jika media BaBe sudah tekor, alias pendapatannya tidak mampu lagi menutupi pengeluarannya.


Platfrom BaBe sangatlah tidak efisien jika memiliki puluhan ribu penulis dari berbagai macam kalangan yang tidak jelas latar belakang keahlian, pengetahuan dan pendidikannya. Kebanyakan dari mereka hanya memanfaatkan BaBe karena uangnya, dan tidak punya konsistensi dalam menulis.

Inilah letak kesalahan BaBe, kualitas artikel yang mereka dapat kebanyakan dalam kualitas standar dan pas-pasan, jarang ada penulis ahli dan profesional yang menuangkan segenap ilmunya dalam menulis artikel disana.



Mungkin ini bisa menjadi bahan pertimbangan media lainnya seperti UC News, Remotivi, dan Mojok. Dan yang kita lihat pun sekarang media-media seperti ini sudah sangat ketat seleksinya dalam memilih artikel kiriman penulis honorer.

Ya, tidak terkecuali untuk portal Harustahu, walaupun belum ada program penulis yang dibayar, namun kedepannya untuk portal ini jika ingin mengadakan hal-hal semacam itu, harap seleksi dan pemilihan artikel berkualitasnya lebih diperketat. Agar nama baik setiap media pun ikut terjaga.


Referensi Sumber :


Total dibaca: 843x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Mendingan Mana, Edmodo atau Google Classroom?
NULIS ?