Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Mammoth dan Mastodon pernah Hidup Berdampingan di Amerika Utara

Mammoth dan Mastodon pernah Hidup Berdampingan di Amerika Utara

Mammoth dan Mastodon pernah Hidup Berdampingan di Amerika Utara (harustahu.info)

HarusTahu.info - Jika para orang awam yang mendengar kata " gajah purba ", maka yang terlintas dibenak mereka adalah Mamut. Namun nyatanya gajah purba yang pernah hidup di dunia ini tidak hanyalah Mammoth sejenis saja, ada juga gajah purba lainnya yang dinamakan Mastodon. 

Dua Jenis Gajah Purba yang Hidup Berdampingan di Zaman Es

Mammoth dan Mastodon memang pernah hidup secara berdampingan dan saling berinteraksi satu sama lain, dalam kurun waktu dan habitat yang sama tepatnya di benua Amerika Utara pada saat kala Pleistosen atau yang sering disebut dengan zaman es/diluvium.

Mastodon jika dilihat secara urutan taksonominya benar-benar jauh dari kata seekor gajah, jika Mammoth masih cocok dikatakan sebagai gajah karena memiliki kekerabatan yang dekat dengan gajah Asia yang hidup di masa modern saat ini. Sementara Mastodon adalah kerabat jauhnya yang sudah lama terpisah semenjak kala Oligosen.

Walaupun begitu, kedua jenis megafauna ini masih dapat hidup dengan tentram dan damai secara bersamaan di lokasi tempat yang sama yakni North America. Bagaimana mungkin ceritanya kedua raksasa ini dapat hidup dengan akur, walaupun secara spesies mereka berbeda jenis? 

Ini bisa terjadi karena antara Mamut dan Mastodon memiliki diet/jenis makanan yang berbeda, yang mana Mastodon lebih gemar dan cocok untuk memakan cabang serta dahan pohon cemara yang berada di area yang lebih tinggi dan Mamut yang lebih suka mengembala rumput yang berada ditempat yang lebih rendah. Dari mana kita bisa mengetahui fakta ini? Kita bisa melihatnya dari bukti empirisnya secara langsung yakni fosil gigi dari kedua megafauna tersebut, yang mana Mastodon memiliki tipe gigi bunodont yang mana gerahamnya bergelombang yang cocok untuk melumat ranting dan cabang pohon yang lumayan keras, sedangkan Mammoth sendiri memiliki tipe gigi hypsodont yang memiliki geraham yang lebih datar/flat, berguna untuk menggiling rumput menjadi halus.


Jadi antara Mastodon dan Mamut pada dasarnya tidak memiliki simbiosis Kompetisi atau persaingan, walau tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi konflik dan konfrontasi secara langsung antara dua makhluk yang berbeda jenis ini karena masalah teritori dan wilayah. 


Kasus dari kedua mamalia herbivora ini juga dapat di kategorikan sebagai niche partitioning dalam eksosistem, dimana beberapa jenis makhluk hidup memiliki preferensi makanan yang sama tanpa harus saling berebut dan berkompetisi untuk mendapatkan nutrisinya. Jadi ada kesan saling berbagi layer dan job/peran dalam suatu ekosistem habitat biotik mereka.

Kamu juga bisa membaca artikel saya satu lagi yang membahas mengenai peran niche partitioning pada spesies hewan modern seperti jerapah yang hidup sekarang ini. Bagaimana evolusi telah menyelamatkan jerapah dengan niche partitioning.



Total dibaca: 1568x | Berikan Komentar!


Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Informasi Jadwal Rekap Lengkap Hasil Euro 2020 / Euro 2021 Hari Ini
NULIS ?