Jago Lagu

Mengenal Teknologi Hybrid pada Mobil: Keunggulan dan Cara Kerjanya

Mengenal Teknologi Hybrid pada Mobil: Keunggulan dan Cara Kerjanya

Mengenal Teknologi Hybrid pada Mobil: Keunggulan dan Cara Kerjanya

HarusTahu.info - Apakah kamu tahu apa itu teknologi hybrid pada mobil? Teknologi hybrid pada mobil adalah teknologi yang menggabungkan dua jenis mesin, yaitu mesin bensin dan mesin listrik. Teknologi ini menjadi pilihan yang semakin populer bagi pengendara yang ingin menikmati keuntungan dari keduanya.

Keunggulan Teknologi Hybrid pada Mobil

1. Efisiensi Bahan Bakar

Dengan menggunakan teknologi hybrid pada mobil, pengendara dapat menghemat bahan bakar hingga 40-60% dibandingkan dengan mobil yang menggunakan mesin bensin biasa. Hal ini karena mesin hybrid dapat memanfaatkan energi yang dihasilkan dari pengereman dan membuangnya kembali ke baterai untuk digunakan saat mobil bergerak lagi.

2. Ramah Lingkungan

Mesin listrik pada teknologi hybrid pada mobil menghasilkan emisi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mesin bensin biasa. Hal ini membuat mobil hybrid menjadi pilihan yang ramah lingkungan, karena dapat mengurangi polusi udara dan membantu menjaga kebersihan lingkungan.

3. Performa yang Lebih Baik

Mesin hybrid pada mobil dapat mengoptimalkan tenaga dan torsi yang dihasilkan, sehingga mobil dapat melaju dengan lebih lancar dan responsif. Dalam beberapa kasus, mobil hybrid bahkan bisa melaju lebih cepat daripada mobil dengan mesin bensin biasa.

Mengenal Teknologi Hybrid pada Mobil: Keunggulan dan Cara Kerjanya

Cara Kerja Teknologi Hybrid pada Mobil

1. Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik pada teknologi hybrid pada mobil memanfaatkan energi yang dihasilkan dari pengereman dan mengubahnya menjadi energi hidrolik yang kemudian disimpan dalam baterai. Energi ini kemudian digunakan untuk membantu menggerakkan mobil saat mobil bergerak kembali.


2. Sistem Motor-Generator

Sistem motor-generator pada teknologi hybrid pada mobil berfungsi untuk menghasilkan tenaga tambahan saat mobil memerlukan daya ekstra. Motor-generator pada mobil hybrid biasanya berfungsi sebagai motor listrik saat mobil melaju dengan kecepatan rendah atau saat mobil sedang berhenti. Dan saat mobil bergerak dengan kecepatan tinggi, motor-generator akan berfungsi sebagai generator untuk mengisi baterai kembali.


3. Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan pada teknologi hybrid pada mobil berfungsi untuk mengatur dan mengoptimalkan penggunaan energi yang dihasilkan, sehingga mobil dapat melaju dengan lebih efisien. Sistem kelistrikan pada mobil hybrid juga berfungsi untuk mengontrol proses pengisian baterai dan penggunaan energi yang dihasilkan dari pengereman.

Itulah sedikit penjelasan tentang teknologi hybrid pada mobil. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang teknologi canggih ini.



Hits: 991x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia
Syifa Azizah
Singing Is Power

Saya itu suka bernyanyi tapi kadang juga suka menulis biarpun ga banyak hihihi

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

MENARIK UNTUK DIBACA!

Bisa Lewat Whatsapp Dapatkan Token Listrik Gratis dari PLN di September 2020
NULIS ?