Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Hal Apa Saja yang Dapat Membatalkan Puasa? Ketahui Mulai Sekarang!

Hal Apa Saja yang Dapat Membatalkan Puasa? Ketahui Mulai Sekarang!

Hal Apa Saja yang Dapat Membatalkan Puasa? Ketahui Mulai Sekarang! (harustahu.info)

HarusTahu.info - Puasa Ramadhan masih belum setengah perjalanan, kita harus tetap bisa menjaga keutuhan puasa itu sendiri.

Lantas hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasa kita selama bulan Ramadhan?

Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Puasa wajib hukumnya bagi umat muslim. Namun, apabila seseorang mendapat halangan, sehingga tidak dapat menjalankan ibadah tahunan itu, maka diwajibkan baginya untuk mengqada atau mengganti puasa di bulan lain selain Ramadhan.

Hal itu tersebut sesuai dengan firman Allah dalam surah Al Baqarah ayat 185, “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.”

Lantas, apa saja yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan? Berikut tujuh hal yang dapat membuat puasa seseorang menjadi bakat. Di antaranya karena berhubungan badan suami-istri.


1. Masuknya sesuatu ke dalam mulut

Pengertian paling dasar puasa adalah menahan makan dan minum pada waktu yang ditentukan. Jadi, apabila seseorang memasukkan sesuatu lewat lubang pada anggota tubuhnya dengan sengaja maka puasanya akan batal.


2. Berhubungan badan

Seorang muslim dilarang berhubungan intim di siang bolong saat puasa. Meskipun hubungan badan itu terjadi antara suami istri yang syah.

3. Muntah

Barang siapa yang sengaja muntah, dengan cara memasukkan sesuatu ke dalam mulut atau apa pun itu, maka puasanya akan batal. Namun, bula tidak sengaja, seperti sakit, maka tidak membatalkan puasa.


4. Keluar Air Mani

Keluar mani dengan sengaja saat sedang puasa membatalkan puasa. Baik itu karena berhubungan badan atau masturbasi. Namun, bula keluar mani karena mimpi, maka tidak membatalkan puasa.

5. Haid Nifas

Bagi perempuan yang mengalami haid saat berpuasa, maka secara otomatis puasanya akan batal dan wajib menggantinya di hari lain. Senada, itu juga berlaku bagi perempuan yang mengeluarkan darah akibat proses melahirkan.


6. Gila

Bila seseorang hilang kesadaran, atau mendadak gila, maka puasanya batal. Alasannya, puasa hanya diwajibkan kepada orang yang sehat akal dengan penuh kesadaran.

7. Murtad

Syarat utama menjalankan puasa Ramadan adalah percaya bahwa perintah puasa berasal dari Allah SWT. Apabila seseorang tidak lagi percaya dengan Allah dan perintah-Nya, maka secara otomatis puasanya akan batal.


Dengan mengetahui, hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Semoga kita dapat senantiasa menjaga ibadah puasa utuh selama Ramadhan.





Total dibaca: 544x | Berikan Komentar!


Roni Setya
Penulis : Roni Setya
Sastra, Jokes, And Blogger

Semua itu indah tinggal bagaimana cara kita menikmati hidup ini saja :)

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Tabayyun dalam Ajaran Islam, Telitilah Terlebih Dahulu Sebelum Bertindak
NULIS ?