Jago Lagu

4 Tips Sukses Menjalankan Bisnis UMKM di Indonesia

4 Tips Sukses Menjalankan Bisnis UMKM di Indonesia

4 Tips Sukses Menjalankan Bisnis UMKM di Indonesia (harustahu.info)

HarusTahu.info - Bisnis UMKM di Indonesia dapat berkembang pesat jika kita mengetahui tips dan strategi yang tepat, apa saja tips sukses bisnis umkm di Indonesia.

4 Tips Sukses Menjalankan Bisnis UMKM di Indonesia

Semua pelaku UMKM pasti ingin sukses dalam menjalankan bisnisnya. Porsi profit yang menggiurkan inilah yang membuat banyak orang banting setir dari bekerja sebagai karyawan perusahaan jadi pelaku usaha. Dari pendapatan berupa gaji yang segitu-segitu saja, kini jadi punya peluang untuk dapat cuan banyak.

Pelajari Para Pesaing Anda

Ide usahamu pasti juga dimiliki juga oleh pelaku UMKM di luar sana. Tapi, pasti kamu ingin bisa menggiring lebih banyak pelanggan, kan? Satu-satunya cara adalah mempelajari pesaing dalam menjalankan usaha mereka.

Sekedar google search produk yang sejenis dengan produkmu, kamu sudah bisa mendapatkan gambaran bagaimana para pesaingmu memasarkan produknya, menentukan harga, hingga cara mereka untuk membuat pelanggan berdatangan.

Ini hanya sedikit dari masih banyak lagi parameter yang kamu bisa pakai untuk mencari tahu lebih tentang pasar yang ada. Satu tempat yang kamu bisa jadikan referensi mengenai sebuah UMKM adalah kolom ulasan mereka yang tertera di halaman Google Business mereka. Jika sudah lama berjalan, pasti ada banyak ulasan yang ditinggalkan. Dari situ, kamu bisa mencari tahu positif dan negatifnya usaha tersebut.


Bertemanlah Dengan Teknologi

Dalam menjalankan sebuah UMKM, ada banyak praktik-praktik yang sekarang sudah bisa dibantu dengan teknologi. Perihal melakukan transaksi, memasarkan produk, melakukan pembukuan, semua ini bisa dibantu oleh teknologi. Jadi jangan ragu, bertemanlah dengan teknologi!


Menggunakan teknologi sangat membantu mempermudah praktik pengelolaan UMKM. Ditambah, teknologi jadi membuat konsumen makin mudah dalam melakukan pembelian. Misalnya perihal pelunasan transaksi. Metode pembayaran tunai tentunya sampai sekarang masih ada, namun banyak sudah beralih ke uang elektronik.

Sebuah contoh lain adalah teknik pemasaran melalui teknologi. Membagikan brosur dianggap sudah tak lagi efektif untuk memasarkan produk. Semua pelaku UMKM sudah beralih ke pemasaran lewat internet. Entah melalui media sosial, iklan berbayar, atau website resmi.


Pertahankan Profesionalisme

Bersikap profesional dimulai dari yang paling kecil, seperti seberapa ramah kamu ketika menanggapi konsumen, mau secara luring ataupun daring. Banyak orang tidak memandang keramahan sebuah kepentingan. Padahal keramahan adalah salah satu kunci yang bisa membuat bisnis sukses.


Profesionalisme tentunya tidak berhenti di bersikap ramah saja. Bersikap profesional juga berarti melayani dengan cepat. Zaman sekarang, orang-orang ingin semua terproses dengan cepat, selayaknya peribahasa “Time is Money”. Mereka tidak mau waktu mereka dihabiskan dengan berdiam diri saja. Jadi, pelayanan harus dilaksanakan dengan cepat dan jangan lupa dengan benar juga.


Ini hanya sedikit contoh dari masih banyak lagi contoh yang mengharuskan kita bersikap profesional. Jadi, apapun situasi yang kamu hadapi, pegang teguh prinsip profesionalisme.

Strategikan Usahamu Dengan Jelas

Sebuah usaha tentunya berjalan atas suatu strategi. Jika tidak ada suatu strategi yang ditetapkan, usaha tersebut akan tersesat atau tidak sama sekali berkembang. Jadi, pastikan untuk mengkalkulasi setiap langkah yang akan diambil ke depannya dan memastikan cara-cara untuk melakukan tiap langkah itu.

Jabarkan langkah-langkah berdasarkan periode waktu. Mulai dari yang terdekat hingga yang terjauh. Para pengusaha biasa memasang 6 bulan ke depan untuk jarak waktu paling jauh, namun tentunya kamu bisa menentukan jarak waktu yang lebih dekat atau jauh. Tentukan apa akan terjadi kapan, dan bagaimana itu akan terealisasikan. Nah, dengan begitu, bisnis akan bergerak menuju sebuah target yang memang ada.


Di tengah zaman sekarang yang selalu berubah, satu hal tidak akan berubah dan itu adalah kerja keras. Apapun targetnya, kerja keras pada akhirnya adalah satu-satunya penghubung kamu dengan targetmu.


Hits: 125x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia
Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

MENARIK UNTUK DIBACA!

Ingin Bayar Hutang Puasa Ramadhan? Ini Bacaan Niatnya dan Cara Pelaksanaan
NULIS ?