Jago Lagu
Jago Lagu

Apa itu NFT yang Sedang Viral? Kenapa Harganya Sangat Mahal?

Apa itu NFT yang Sedang Viral? Kenapa Harganya Sangat Mahal?

Apa itu NFT yang Sedang Viral? Kenapa Harganya Sangat Mahal? (harustahu.info)

HarusTahu.info - Sedang viral apa itu NFT dan kenapa sangat mahal? Singkatnya NFT adalah Token yang tidak dapat dipertukarkan yaitu berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok. NFT tidak saling bertukar.

Mengenal Istilah NFT yang Lagi Viral

Pemuda bernama Ghozali baru-baru ini telah mengejutkan publik karena meraup keuntungan miliaran rupiah melalui bisnis Non Fungible Token (NFT) yang Ia jalankan. Ia mengambil foto dirinya sendiri sejak tahun 2017 - 2021 dengan floor price sebesar 0,001 ETH (Ethereum) atau sekitar Rp 48 ribu.

Sementara itu, foto selfie milik Ghozali Everyday dijual dengan harga tertinggi sebesar 66.346 RH atau setara dengan Rp 3,1 triliun. Foto selfie berjudul "Ghozali_Ghozalu #528" itu kini dimiliki dan dijual kembali oleh pengguna OpenSea dengan username sonbook.

Singkatnya, NFT merupakan aset digital, semacam token yang tidak bisa ditukarkan. NFT adalah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Melalui aset digital ini, para seniman bisa memanfaatkannya untuk menjadikan karyanya sebagai aset NFT.


Transaksi NFT akan dicatat pada sebuah data yang disebut blockchain. Untuk melakukan jual beli NFT, Anda memerlukan mata uang kripto. Sebenarnya, NFT sudah hadir sejak tahun 2014 dan mulai ramai pada tahun 2017 ketika game berjudul Crypto Kitties pertama kali diluncurkan.


Lalu NFT meledak setelah CEO Twitter, Jack Dorsey menjual tweet pertamanya dalam bentuk NFT. Tweet Dorsey berhasil terjual dengan nilai harga 2,9 juta USD atau setara dengan Rp 41,47 miliar (kurs Rp 14.300). Di Indonesia sendiri sebenarnya NFT sudah dikenal sebagai aset investasi, namun belum banyak orang yang memahami lebih lanjut anak keturunan kripto satu ini.

NFT adalah semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya pada akhir tahun 2021. Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi.


Dikutip dari CNN, NFT adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

Apa Sebenarnya NFT itu?

Dikutip dari Wikipedia Indonesia, NFT merupakan sebuah token yang tidak dapat dipertukarkan (Not-Fungible Token atau NFT) yaitu berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital).


NFT tidak saling bertukar. NFTs umumnya dibuat dengan mengunggah berkas, seperti karya seni digital, ke pasar lelang. Ini membuat salinan berkas, yang direkam sebagai NFT pada buku besar digital.

Sementara berkas digital itu sendiri dapat direproduksi tanpa batas, NFT yang mewakili berkas digital dilacak di rantai blok dan memberikan bukti kepemilikan kepada pembeli.

Rantai blok seperti Ethereum dan Flow masing-masing memiliki standar tokennya sendiri untuk menentukan penggunaan NFT mereka.


NFT dapat digunakan untuk mengkomodifikasi karya digital seperti seni digital, benda pada permainan video, dan berkas musik.

Akses ke salinan berkas asli, bagaimanapun, tidak dibatasi untuk pemilik token.

Pasar spekulatif untuk NFT melonjak pada awal 2021 ketika investor yang sama yang telah berspekulasi pada mata uang kripto memperdagangkan NFT pada volume yang sangat meningkat.


NFT sebagian besar berjalan pada rantai blok proof-of-work, yang kurang hemat energi daripada rantai blok proof-of-stake. Hal ini menimbulkan beberapa kritik terhadap jejak karbon untuk transaksi NFT.


Manfaat NFT di Kehidupan Nyata

Belum banyak diketahui apa sebenarnya manfaat dari NFT dalam kehidupan nyata, berikut adalah pembahasannya.

Teknologi NFT dapat digunakan untuk menyebabkan kelangkaan buatan dari sebuah karya kreatif digital dengan membuat hanya satu NFT dari karya tersebut dengan tanda tangan yang unik.


NFT karya seni karena itu mirip dengan item bertanda tangan. Identitas unik dan kepemilikan NFT dapat diverifikasi melalui buku besar rantai blok.

NFT memiliki metadata yang diproses melalui fungsi hash kriptografi, sebuah algoritma yang menghitung urutan 40 digit huruf dan angka yang unik. NFT juga digunakan untuk menciptakan kemungkinan interoperabilitas aset di berbagai platform.

Seni adalah kasus penggunaan awal untuk NFT, karena kemampuan NFT yang diklaim untuk memberikan bukti keaslian dan kepemilikan seni digital, yang, tidak seperti seni fisik, tidak memiliki sarana yang sudah ada sebelumnya untuk mengenali orisinalitas.

Di Mana Menjual Asset NFT?

Meskipun bisa dipakai untuk membeli sesuatu, berbeda dengan aset kripto, NFT sulit untuk diperdagangkan.

NFT memiliki beberapa keungulan, salah satunya terkait tingkat keasliannya. Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada yang bisa menirunya.

Tidak hanya itu, NFT juga menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikasi. Beberapa situs yang menyediakan jual beli NFT, seperti Nifty Gateway, Mintable, Rarible, dan OpenSea. 


Total dibaca: 226x | Berikan Komentar!


Penulis : Paling Viral
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari ini.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Gelombang 4 Kartu Prakerja Kembali di Tunda, Ada Apa?
NULIS ?