Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Berkenalan Dengan Permainan Tradisional Manggarai (Rangkuk Alu)

Berkenalan Dengan Permainan Tradisional Manggarai (Rangkuk Alu)

Berkenalan Dengan Permainan Tradisional Manggarai (Rangkuk Alu) (harustahu.info)

Mengenal Permaianan Tradisional Manggarai (Rangkuk Alu)

NAMA  : Kristianus Maryono

NPM    : 170401040016


Berkenalan Dengan Permainan Tradisional Manggarai (Rangkuk Alu)




Rangkuk alu adalah salah satupermaiana tradisional yang berada di manggarai. Permaianann rangkuk alu ini merupakan suatu permainan yang menggunakan batang bambu atau kayu yang berjumalh 4 batang atau lebih yang panjangnya kurang lebih 2 meter.

Biasanya permaiana rangkuk alu ini dimain kan oleg dua regu yang masing- masing terdiri dari 4 atau sampe 6 orang.


Cara bermaina rangkuk alu itu sendiri biasanya masing-masing redu memiliki giliran bermain dan giliran berjaga, dimana tugas dari regu penjaga ini yaitu memagang setiap ijung bambu dan mengetuk atau bermain sesuai dengan irama sedangkan regu yang mendapat giliran bermain harus bisa melompat di sela-selah bambu yang sedang di ketuk-ketuk sesuai dengan irama untu bisa mengetahui bahwa kelompok yang sedang bermain kalah biasanya jika kaki mereka terjebit di selah-selah bambu yang sedang di ketuk.

Selain itu .juga permaianan rangkuk alu ini menjadi salah satu permaian tradisional yang berada di manggarai.



Hal ini sya tulis setelah saya telusuri di salah satu daerah yang berada di manggarai yaitu desa ruis kec. Reok. “Saat ini permaianan rangkuk alu sudah mulai tidak di gemari lagi oleh anak-anak muda sekarang ini. Karena seiring dengan perkembangan jaman, sehingga membuat anak-anak muda di manggarai terutama di desa ruis kec. Reok yang saat ini anak-anak muda tidak lagi mengembangkan permainan rangkuk alu ini” kata nong yang merupakan seorang pemuda yang ada di salah satu kampung di desa ruis.

“Permaian rangkuk alu perlu kita jaga dan kembangkan agar tetap menjadi salah satu ciri kas dari adat manggari yang yang tetap hidup” kata Nong.

Cara agar kita tetap bisa dalam mengembangkan permainan ini mari kita terus untuk selalu mengebangkan permaian ini dimanapun kita berada agar permainan rangkuk alu ini tetap di jaga dan di lestarikan walaupun seiring dengan perkembangan jaman.


Dia juga mengatakan bahwa perkembangan jaman merupakan salah satu faktor yang menyebabkan hilangnya kebudayaan di manggarai terutama permaianan rangkuk alu.

Hal ini di karenakan banyaknya budaya atau tradisi dari luar yang dapat mempengaruhi anak-anak muda di manggarai terutama di desa ruis ini untuk tidak lagi melestariakn adat yang di miliki di daerahnya.




Total dibaca: 708x | Berikan Komentar!


Khoirul Huda
Penulis : Khoirul Huda
Warga Soliter

Senang mengunjungi tempat-tempat bersejarah, kadang-kadang giat menulis apa saja yang diinginkan di perihalsepele.blogspot.com dan bagian kecil dari Indonesia

Komentar (0)
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *

Komentar ()
* Komentar telah dinonaktifkan untuk artikel ini *
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Wow! Kim Jong Un Tembak Mati Masyarakat Yang Dekati Perbatasan
NULIS ?