[CLOSE]

Mempertimbangkan Pembelian Alutsista, MV-22 Osprey atau CH-47 Chinook

Mempertimbangkan Pembelian Alutsista, MV-22 Osprey atau CH-47 Chinook

Mempertimbangkan Pembelian Alutsista, MV-22 Osprey atau CH-47 Chinook

HarusTahu.info - Wacana pembelian helikopter angkut tersebut sebenarnya sudah lama digaungkan oleh beberapa pihak dalam pemerintahan maupun dari kalangan masyarakat kita sendiri. Bagai pungguk merindukan bulan, entah kenapa sampai sekarang wacana ini hanya sekedar menjadi wacana, tidak pernah terealisasikan.

Lalu, belum jelas masalah Chinook ini habis, sudah ada lagi kabar baru yang mencuat mengenai pengadaan alat utama sistem pertahanan berupa pesawat VTOL MV-22 Osprey!

Jangan salah kaprah loh dengan wujudnya, walaupun nampak seperti helikopter dengan dua baling-baling di kanan dan kiri namum sebenarnya burung besi ini sejatinya adalah pesawat yang memiliki kemampuan untuk mendarat dan lepas landas secara vertikal.

Jika kita bandingkan berdasarkan kelamaan waktunya, jelas Chinook sudah lebih lama ditunggu-tunggu untuk datang, anggarannya saja masih memakai APBN tahun 2016, nahh kalau Osprey ini kan ceritanya barusan saja mencuat karena adanya ketegangan di Laut China Selatan.

Keinginan untuk melakukan pengadaan helikopter Chinook awalnya berasal dari kebutuhan negara kita sebagai negara yang berada di wilayah Ring of Fire, yang artinya wilayah kita sangat rentan dengan bencana alam seperti gunung berapi, gempa bumi dan tsunami.


Dengan adanya kehadiran helikopter angkut kelas berat seperti Chinook, diharapkan kita dapat mempercepat proses pengiriman bantuan ke daerah yang terdampak bencana, baik itu logistik pangan maupun medis. 


Negara kita jelas sangat membutuhkan Chinook dalam jangka panjang dan berdasarkan karateristik wilayah negara kita yang rawan bencana ini. Terlebih lagi saat Tsunami Aceh kita benar-benar diberi tamparan yang keras terhadap pengadaan alutsista angkut udara kita. Yang mana, ya kita akui saja kita masih sangat kekurangan dalam hal ini.

Saat Tsunami Aceh saja, negara kita jadi harus menyewa dan meminjam helikopter Chinook dari negara lain yang memilikinya seperti Singapura dan Tiongkok untuk membantu mengirimkan bantuan pangan dan logistik, karena banyak akses jalur dan jalan darat yang terputus akibat gempa, sehingga truk-truk kontainer konvensional tidak dapat melintasi daerah yang rusak akibat bencana.


Kalau memakai pesawat Hercules? Tidak terlalu memungkinkan jika situasinya terlalu parah, karena pesawat konvensional membutuhkan landasan pacu yang panjang dan pastinya sangatlah tidak praktis.

Intinya kita membutuhkan kendaraan angkut yang bisa VTOL dan dapat mengangkut barang bawaan yang lebih banyak daripada helikopter biasa. Dalam hal ini, MV-22 Opsrey dan CH-47 Chinook sama-sama bisa melakukan hal tersebut, dari terbang secara vertikal, membutuhkan landasan pacu yang sempit, hingga kapasitas barang yang besar.

Namun, mari kita bahas mengenai efisiensinya, mana yang lebih harus kita prioritaskan berdasarkan kejadian yang yang ada sekarang ini, dan mempertimbangkan mana yang harus kita beli untuk saat ini! Mari kita bahas.

Spesifikasi 

Disini kita akan membandingkan terlebih dahulu spek dan mesin yang ada pada kedua kendaraan ini!



MV-22 Osprey :

Berat kosong : 15 Ton

Kecepatan maksimum : 500 Km/H

Jangkauan terbang : 1.600 Km

Panjang : 17 Meter

Lebar : 25 Meter

Tinggi : 6,7 Meter


Mesin : dua rotor baling-baling Rolls-Royce Allison T406/AE 1107C-Liberty turboshaft

Kekuatan : 6,150 Tenaga Kuda


CH-47 Chinook :

Berat kosong : 10 Ton


Kecepatan maksimum : 300 Km/H

Jangkauan terbang : 700 Km

Panjang : 30 Meter

Lebar :  7 Meter

Tinggi : 5,7 Meter

Mesin : dua rotor baling-baling Lycoming T55-GA-714A turboshaft

Kekuatan : 4,733 Tenaga Kuda


Dari data-data diatas, kita bisa melihat bahwa MV-22 Osprey jauh lebih mengungguli Chinook dari segala bidang, baik itu kecepatan, jangkauan operasi, hingga kekuatan mesinnya. Namun coba kita pakai data ini lagi :


Kemampuan 

Kali ini kita akan coba membandingkannya dalam hal daya angkut dan ability mereka sebagai moda angkutan udara!


MV-22 Osprey :

Jumlah kru : 4 orang

Kapasitas : 24 Personel (Penumpang) jika duduknya di kursi / 32 Personnel (Penumpang) jika duduknya di lantai

Beban Maksimal : 9.000 Kg ( Internal ) / 6.800 Kg ( Eksternal )


CH-47 Chinook :

Jumlah kru : 3 orang

Kapasitas : 55 Personel (Penumpang)

Beban Maksimal : 12.700 Kg ( Internal + Eksternal )


Dalam masalah kapasitas dan daya angkut barang yang dapat dibawa oleh kedua kendaraan tersebut, maka Chinook nyatanya jauh lebih unggul daripada saingannya tersebut. Karena mampu membawa 12 Ton barang yang itu bisa dimasukkan kedalamnya jadi Kargo ataupun dikaitkan dengan tali lalu ditenteng dari luar, maka bisa membawa kontainer, artileri, ataupun kendaraan tempur sejenis Komodo 4 X 4.


Harga 

Nahh, ini nihh yang paling ditunggu-tunggu, masalah harga dan budget negara kita juga jadi penentu bagusan beli yang mana!


MV-22 Osprey :

Harga : US$ 72 Juta

Ongkos Terbang : US$ 11,000/Jam


CH-47 Chinook :

Harga : US$ 30 Juta

Ongkos Terbang : US$ 4,600/Jam


Dari sinilah kita dapat mempertimbangkan soal efisiensi dan dompet anggaran kita, Chinook dengan harganya yang murah lebih cocok dan ramah untuk negara berkembang seperti kita ini, kita tidak terlalu memerlukan teknologi canggih dan termutakhir yang dimiliki oleh MV-22 Osprey.

Namun jika tetap dibuka lobi untuk pembelian MV-22 Osprey, maka itu nantinya akan sangat berguna bagi TNI AL kita karena untuk pertarungan di laut Osprey sangat bisa diandalkan mengingat jangkauan terbangnya yang luas dibandingkan Chinook, serta kemampuannya untuk dapat mendarat di dock kapal perang kita, semacam kapal LPD seperti KRI Makassar atau KRI Banda Aceh mungkin bisalah.

Lalu nantinya, Chinook akan digunakan sebagai transportasi bagi TNI AD dalam kepentingan pemindahan personel dan pengiriman suplai logistik


Total dibaca: 808x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Dituding Pelakor, Adik Ayus: Benar Nissa Sabyan Selingkuh dengan Kakak Saya Sejak 2 Tahun
NULIS ?