Jago Lagu
[CLOSE]

Ditemukan Bakteri Pemakan Sampah Plastik

Ditemukan Bakteri Pemakan Sampah Plastik

Ditemukan Bakteri Pemakan Sampah Plastik

Masalah Sampah Plastik kepada Penerus

HarusTahu.info - Jika selama ini kita selalu diberitahu oleh guru di sekolah, jika sampah plastik adalah sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan oleh alam. Maka mungkin pernyataan tersebut tidak lama lagi akan menjadi sebuah kenangan karena telah menjadi ilmu pengetahuan lawas yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

Seiring kemajuan teknologi di seluruh penjuru dunia sedang gencar-gencarnya seperti saat ini, manusia telah memproduksi limbah yang merusak ekosistem disekitarnya sebagai dampak negatif dari terjadinya revolusi industri.

Salah satu penemuan terbesar adalah kantong plastik. Sebuah zat sintetis tahan air dan transparan yang terbuat dari produk minyak bumi, telah menjadi penemuan yang paling berdampak sepanjang sejarah umat manusia. Awalnya, tujuan dari dibuatnya kantong plastik adalah untuk menyelamatkan lingkungan dari penggunaan kertas yang berlebihan.

Karena kertas terbuat dari bahan baku kayu, dan untuk mendapatkan kayu kita perlu menebang pohon. Sehingga dengan pemakaian plastik di segala aspek kehidupan diharapkan dapat mengurangi penebangan pohon dan menyelamatkan lingkungan. Namun nyatanya sekarang plastik malah menjadi ancaman bagi lingkungan.

Sebuah Harapan dari Makhluk Mikro

Setiap masalah pasti ada solusinya! Baru-baru ini sejumlah ilmuwan dari organisasi yang bergerak di bidang kebersihan lingkungan telah menemukan mikroorganisme yang dapat menguraikan sampah plastik tersebut. Organisasi tersebut bernama Carbios yang merupakan perusahaan berbasis kegiatan daur ulang dan biodegradasi. Perusahaan tersebut berbasis di Saint-Beauzire, Prancis.


Penemuannya berupa bakteri yang dapat menghasilkan semacam enzim yang dapat mencerna dan menghancurkan plastik dengan cepat dalam hitungan jam. Sebenarnya, bakteri ini ditemukan secara tidak sengaja oleh beberapa ilmuwan saat sedang meneliti tumpukan sampah dedaunan yang akan menjadi kompos.


Bakteri tersebut diyakini dapat memproduksi enzim yang dapat mereduksi dan menghancurkan unsur kimia yang ada pada botol plastik berkualitas tinggi. Akankah penemuan ini menjadi sebuah gebrakan baru dalam menangani masalah umat manusia yang terjadi selama beberapa dekade belakangan ini?

Atau malah menjadi petaka yang siapapun tidak menduganya! Mari kita melihat sejarah


Apakah Bakteri Ini Adalah Pisau Bermata Dua?

Berdasarkan hasil jurnal penilitian milik ilmuwan Perancis tersebut setidaknya menyebutkan tiga bakteri penghasil enzim pengurai material plastik yakni Thermobifida fusca Fusarium solani pisi, dan Ideonella sakaiensis. Semua bakteri tersebut telah mengalami mutasi sehingga bisa memecah unsur sintetis seperti plastik, disinilah titik yang mengkhawatirkan bagi saya. 


Kita tidak bisa mengetahui rahasia dari alam semesta ini, maksud saya dunia ini sangatlah acak, kita tidak bisa menggantungkan harapan kita dan berharap semuanya akan berjalan sesuai rencana. Sampai sini anda bisa menangkap poin yang ingin saya coba untuk sampai kan bukan?


Intinya dunia sudah berkali-kali mengejutkan kita semua, sudah tak terhitung lagi kejutan yang alam ini berikan kepada kita makhluk hidupnya. Kita tidak dapat hanya memikirkan sisi positifnya namun kita juga harus bersiap untuk menerima sisi negatifnya, yakni bersiap untuk yang terburuk, sehingga kita dapat memikirkan cara penanganannya sebelum semuanya terlambat.

Tidak ada yang menjamin bahwa bakteri ini akan bekerja sesuai yang kita harapkan, bagaimana nantinya jika dia bisa menjadi ancaman baru bagi kelangsungan makhluk hidup lainnya yang ada di muka bumi ini. Sama halnya seperti penemuan kantong plastik yang awalnya untuk menyelamatkan bumi, namun malah menjadi bencana bagi lingkungan itu sendiri.

Ayo berikan pendapat dan komentarmu dibawah! Dan jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram saya di @mnafisathallah


Referensi jurnal penelitian :


Total dibaca: 1660x | Berikan Komentar!


Nafisathallah
Penulis : Nafisathallah
Kerja Lepas

Anak SMA yang magang di berbagai Media Internet, tertarik dalam paleontologi, geografi, dan sejarah

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Profesi Scalable  Dunia Pendidikan
NULIS ?