Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Berkenalan Dengan Sistem LPSE Situs Web Paling Ramai Visitor di Indonesia

Berkenalan Dengan Sistem LPSE Situs Web Paling Ramai Visitor di Indonesia

Berkenalan Dengan Sistem LPSE Situs Web Paling Ramai Visitor di Indonesia

HarusTahu.info - LPSE adalah kepanjangan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik, di mana situs web ini menyediakan informasi terkait pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah. Mari Berkenalan Dengan Sistem LPSE Situs Web Paling Ramai Visitor di Indonesia.

Apa Itu Situs LPSE Indonesia?

LPSE adalah kepanjangan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik. Dikutip dari Wikipedia Indonesia, LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik adalah penyelenggara sistem elektronik pengadaan barang/jasa pemerintah. LPSE sendiri mengoperasikan sistem e-procurement bernama SPSE yang dikembangkan oleh LKPP pada Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektonik.

Ditujukan kepada pemborong atau dalam hal ini disebut pelaksana pekerjaan.


Sejarah LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik)

SPSE merupakan aplikasi e-procurement yang dikembangkan oleh LKPP untuk diterapkan oleh instansi-instansi pemerintah di seluruh Indonesia. Instansi pemerintah di Indonesia sangat beraneka ragam begitu pula dengan anggaran yang mereka miliki. Ada instansi daerah yang memiliki anggaran lebih dari 7 trilyun dan ada pula yang hanya puluhan hingga ratusan miliar saja per tahun. Kondisi ini menjadi pertimbangan LKPP dalam mengembangkan sistem e-procurement SPSE.


SPSE dikembangkan dengan semangat free license. Instansi dengan anggaran yang terbatas tetap dapat menerapkan SPSE karena tidak diperlukan biaya lisensi kecuali pembelian server dan sewa akses internet. SPSE dikembangkan menggunakan Java dan database PostgreSQL sehingga dapat berjalan di Platform Linux. SPSE dikembangkan sejak tahun 2006 dengan mengacu business process yang tertuang pada Kepres nomor 80 tahun 2003 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.


Dalam mengembangan SPSE, LKPP melibatkan instansi-instansi terkait yaitu Lembaga Sandi Negara dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan(BPKP). Lembaga Sandi Negara mengembangkan Aplikasi Pengaman Dokumen (APENDO). Dokumen penawaran dari peserta lelang di-enkripsi dan di-dekripsi menggunakan Aplikasi Pengaman Dokumen (APENDO). Sub sistem e-audit dikembangkan bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan yang memungkinkan SPSE mengeluarkan informasi detail tentang proses lelang untuk keperluan audit.



Sistem LPSE Tersebar di Berbagai Wilayah

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 13.000 pulau. Infrastruktur teknologi informasi masih menjadi kendala besar dalam implementasi eprocurement. Di sebagian besar wilayah, internet masih merupakan barang yang mahal. E-procurement memerlukan bandwith yang cukup besar karena di dalamnya ada proses upload dokumen dengan ukuran beberapa megabyte. Sangat tidak efisien, atau tidak mungkin, jika ada satu server tunggal, di Jakarta misalnya, untuk melayani seluruh instansi di Indonesia. Ada lebih dari 600 instansi di seluruh Indonesia.


Dengan adanya sistem LPSE ini dapat mempermudah berbagai wilayah dalam menentukan pelaksana pekerjaan yang ditawarkan, misalnya untuk wilayah Yogyakarta maka Sistem LPSE akan menampilkan informasi lelang, tender atau pekerjaan yang tersedia untuk ditawar oleh calon pemborong/pelaksana.


Bahkan setiap harinya situs web sistem LPSE dikunjungi lebih dari 100.000 traffic, diakses oleh lebih dari 2juta++ penyedia jasa pekerjaan.

Tidak terbayang bagaimana jika situs tersebut dipasang iklan? hehe,


Okay itulah artikel tentang Berkenalan Dengan Sistem LPSE Situs Web Paling Ramai Visitor di Indonesia.


Total dibaca: 1801x | Berikan Komentar!


Penulis : Sipil Nulis
Bersama Membangun Negeri

Berbagi informasi seputar teknik sipil, semoga apa yang saya bagikan bermanfaat untuk kita semua.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

5 Puisi Terbaik Tentang Persahabatan, Bikin Sedih Jika di Hayati Bacanya
NULIS ?