Jago Lagu
[CLOSE]

Janin dan Aborsi dalam Pandangan Hak Asasi Manusia dan Perlindungan Hukum

Janin dan Aborsi dalam Pandangan Hak Asasi Manusia dan Perlindungan Hukum

Janin dan Aborsi dalam Pandangan Hak Asasi Manusia dan Perlindungan Hukum

Apakah janin pada kandungan memiliki Hak Asasi Manusia? dan apa landasan hukum yang melindunginya? Janin dan Aborsi dalam Pandangan Hak Asasi Manusia dan Perlindungan Hukum

Hak Asasi Manusia dan Perlindungan Hukum

PP No. 61 tahun 2014 telah mengatur tentang prosedur dan mekanisme bagaimana aborsi bagi korban pemerkosaan dalam pandangan HAM. Peraturan Pemerintah ini adalah suatu pelaksanaan dari Pasal 75 ayat (1) UU Kesehatan yang menyebutkan bahwa aborsi dilarang apabila, terkecuali ada indikasi kedaruratan ataupun kehamilan pemerkosaan.

Jika dibaca lebih jauh menurut aturan tersebut bahwa aborsi harus memenuhi prosedur tentang pembuktian usia kehamilan, keterangan dokter, keterangan penyidik dan keterangan psikolog. Menurut UU No. 39 tahun 1999 tentang HAM, aborsi dapat dilakukan jika untuk melindungi kejiwaan ibu dan anak. Selain itu dapat dianggap sebagai pelanggaran HAM.

Dalam proses kemunculan manusia, Janin adalah calon jabang bayi yang masih ada didalam perut seorang wanita yang mengandung selama 9 bulan, yang nantinya ketika ia lahir nanti akan menjadi seorang bayi manusia.

Namun tidak semua janin akan menjadi manusia, terkadang ada beberapa janin malang yang mengalami keguguran ketika sewaktu masih di dalam perut wanita hamil ataupun secara paksa janin harus dibunuh, atau dalam bahasa lainnya adalah aborsi.




Pengertian Aborsi Lebih Luas

Aborsi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu Pengguguran Kandungan yang secara lengkap telah diatur di dalam perundang-undangan diatas.


Pergaulan bebas dan pemerkosaan adalah salah satu faktor dari meningkatnya tingkat kasus aborsi. Menurut data statistik BKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) menunjukkan bahwa ada hampir sekitar 2.000.000 kasus aborsi yang dilakukan di Indonesia.

Jika melihat banyak nya kasus aborsi, maka dikeluarkan aturan yang bertujuan untuk melindungi wanita dari pemerkosaan. Janin yang ada didalam kandungan sebenarnya mempunyai hak untuk hidup, harus dilindungi.


Jika dilihat dari pandangan Hukum Islam, tidak didapati secara khusus didalam kitab suci Al-Qur'an ataupun hadist yang khusus membahas tentang aborsi, namun Allah telah melarang manusia untuk membunuh anak-anaknya dikarenakan takut miskin ataupun tidak sanggup untuk melindunginya. Perbuatan membunuh anak adalah perbuatan dosa besar sebagaimana tertulis dalam Q.s Al-Isra:


Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan suatu (alasan) yang benar.” ) Al Isra: 33.

Begitu juga ayat lain Allah berfirman: "Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasanya adalah neraka Jahanam, dan dia kekal di dalamnya, dan Allah murka kepadanya dan melaknatnya serta menyediakan baginya adzab yang besar" (Q.s Al-Nisa' 93)


Kesimpulan dari tulisan ini yaitu sesungguhnya aborsi adalah pembunuhan terhadap jabang bayi, hal ini jelas-jelas telah melanggar HAM pada janin atau calon jabang bayi. Aborsi dapat dilakukan apabila ada suatu peristiwa penting guna melindungi jiwa ibu dan hal ini telah diatur dalam UU pemerintah dan Hukum Islam.



Pustaka Acuan

Firdawaty, Linda. "Aborsi dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dan Hukum Islam (Analisis terhadap Peraturan Pemerintah No. 61 tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi)," Jurnal Al-Adalah. Universitas UIN Raden Intan Lampung (2017)



Nah, itulah Janin dan Aborsi dalam Pandangan Hak Asasi Manusia dan Perlindungan Hukum


Total dibaca: 2021x | Berikan Komentar!


Khoirul Huda
Penulis : Khoirul Huda
Warga Soliter

Senang mengunjungi tempat-tempat bersejarah, kadang-kadang giat menulis apa saja yang diinginkan di perihalsepele.blogspot.com dan bagian kecil dari Indonesia

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Kutu Kucing Bisa Mengakibatkan Kematian Apa Benar?
NULIS ?