Jago Lagu
[CLOSE]

Keren! Penampakan Uang 75 ribu Yang Beredar di Masyarakat Dalam Peringatan HUT RI 75

Keren! Penampakan Uang 75 ribu Yang Beredar di Masyarakat Dalam Peringatan HUT RI 75

Keren! Penampakan Uang 75 ribu Yang Beredar di Masyarakat Dalam Peringatan HUT RI 75

HarusTahu.info - Peringatan kemerdekaan Indonesia ke 75 diwarnai dengan berbagai peristiwa menarik, salah satunya rilisnya uang edisi khusus yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Mata uang bernilai 75.000 dalam bentuk satu lembar ini bukan kali pertama yang dilakukan oleh Bank Indonesia.


Uang Baru 75.000

Uang rupiah khusus yang diterbitkan Bank Indonesia adalah uang lembaran Rp 75.000. Ini menjadi momen langka mengingat Bank Indonesia biasanya mengeluarkan rupiah edisi khusus berbentuk koin. Tercatat, BI telah mengedarkan uang edisi khusus peringatan kemerdekaan RI sebanyak 4 kali.

Pencetakan uang edisi khusus pertama kali dibuat untuk memperingati HUT ke-25 RI tahun 1970, diikuti HUT ke-45 RI tahun 1990, dan HUT ke-50 RI tahun 1995.


Misalnya pada seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, BI pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda, dan gambar belakang burung cendrawasih.



Keren! Penampakan Uang 75 ribu Yang Beredar di Masyarakat Dalam Peringatan HUT RI 75  Uang Baru 75 ribu Rupiah Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 75


Edisi Terbatas dan Tidak Untuk Jangka Panjang

Uang edisi khusus juga tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat.



Oleh karena itu, uang dicetak terbatas, hanya 75 juta lembar. "Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nomimal Rp 75 ribu dengan jumlah lembar yang dicetak 75 juta lembar. Ditandangani oleh menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI," kata Sri Mulyani dalam kesempatan yang sama.


Makna Desain Uang Baru 75.000

Perry menjelaskan, ada makna filosofis yang berarti dalam desain rupiah khusus menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia kali ini.


Dia menjelaskan, rupiah bernuansa merah putih itu memiliki makna mensyukuri kemerdekaan yang telah diraih selama 75 tahun terakhir. "Maknanya adalah mesyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang," papar Perry. Perry menggambarkan, makna mensyukuri kemerdekaan digambarkan pada halaman muka uang lembaran Rp 75.000 berwarna merah, putih, hijau itu.

Dalam halaman muka, terdapat peristiwa proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 oleh proklamator dan Presiden RI ke-1 dan wakilnya, Soekarno dan Mohammad Hatta. "Di halaman muka, ada berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia, yang digambarkan jembatan, MRT, dan tol trans jawa," jelas Perry.

Sementara di sisi lainnya, terdapat 2 makna mendalam. Makna memperteguh kemerdekaan digambarkan dengan potret anak-anak berpakaian adat mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia. Desain dilengkapi pula dengan motif tenun nusantara, seperti tenun dari Bali, batik kawung dari Jawa dan songket khas Sumatera Selatan. Gambar-gambar itu mencerminkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian. Kemudian, makna menyongsong masa depan gemilang di era digital digambarkan dengan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.


Bagaimana berminat untuk mendapatkan uang baru bernilai 75.000 ini ?

Nah itulah tulisan terkait, Keren! Penampakan Uang 75 ribu Yang Beredar di Masyarakat Dalam Peringatan HUT RI 75



Total dibaca: 1483x | Berikan Komentar!


Paling Viral
Penulis : Paling Viral
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari ini.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()
TOPIK HANGAT
Video Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Custom!

Pesan Sekarang!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Rumah ini Tertimpa Kursi Lontar Jet Tempur TNI AU, Kini Sudah Diperbaiki
NULIS ?