Jago Lagu
Jago Lagu
[CLOSE]

Alasan Utama Kenapa Sebaiknya Tidak Melakukan Pinjaman Bank

Alasan Utama Kenapa Sebaiknya Tidak Melakukan Pinjaman Bank

Alasan Utama Kenapa Sebaiknya Tidak Melakukan Pinjaman Bank

HarusTahu.info - Sudah bukan rahasia lagi, jika bank adalah salah satu opsi akhir bagi para nasabah yang membutuhkan dana segara secara mudah. Namun, kami akan mencoba berikan Alasan Utama Kenapa Sebaiknya Tidak Melakukan Pinjaman Bank.


Pinjaman Bank

Terkadang kita memiliki kebutuhan yang kadang kali tak terduga padahal kondisi keuangan sedang tidak baik. Pada saat seperti ini, pinjaman dana bisa menjadi solusi. Namun, untuk memperoleh pinjaman dana membutuhkan proses yang tidak cepat. Sedangkan Anda sedang dalam kondisi dimana Anda perlu memperoleh dana secepat mungkin.

Pinjaman atau utang di bank biasanya menjadi alternatif pendanaan untuk sebagian orang. Selain prosesnya dibilang mudah dan prosedurnya tidak terlalu ribet bank menjadi pilihan banyak orang untuk pinjaman.



Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Melakukan Pinjaman Bank



1. Pinjaman di Bank Akan Mendorong Menghabiskan Lebih Banyak Uang

Banyak sekali orang yang tergoda untuk berhutang, karena mereka bisa mendapatkan berbagai barang saat ini juga, tanpa perlu menabung dan mengumpulkan uang untuk membeli barang tersebut.

Hal yang tidak disadari dan tidak dipedulikan oleh masyarakat adalah dengan berhutang mereka diwajibkan untuk membayar barang tersebut lebih mahal daripada membelinya dengan cara tunai.



2. Terjebak Bunga yang Mengharuskan Membayar Lebih Tinggi

Hutang seperti kartu kredit membuat Anda lebih mudah belanja berbagai barang dan keperluan tanpa uang tunai. Komitmen yang harus Anda tanamkan saat berhutang adalah keharusan untuk membayarkan beban bunga yang sudah ditetapkan di awal perjanjian hutang.


Artinya semakin tinggi tingkat bunga, semakin besar juga uang yang harus dibayarkan. Semakin lama Anda menunda pembayaran, semakin tinggi juga beban hutang di masa depan dan uang yang perlu dibayarkan.



3. Menguras Penghasilan Anda di Masa Depan

Alasan pihak perbankan memberikan syarat penghasilan minimum untuk mengajukan kartu kredit adalah untuk menilai kemampuan Anda membayarkan utang dari penghasilan yang ada.


Biasanya penghasilan Rp 3 Juta per bulan sudah bisa mendapatkan fasilitas kartu kredit di berbagai bank.

Jika Anda tetap mengajukan kartu kredit dengan jumlah penghasilan di atas, itu artinya Anda sama saja menguras penghasilan yang akan di dapatkan di masa depan.

Sebab, ada cicilan atau tagihan yang Anda bayarkan setiap bulannya karena penggunaan kartu kredit. Ingat, tagihan tersebut termasuk beban bunga yang membuat utang Anda semakin tinggi.



4. Membatasi Diri Anda Melakukan Hal Lain

Dengan adanya utang yang Anda miliki artinya semakin kecil penghasilan yang bisa Anda habiskan untuk berbagai hal lain.

Anda juga akan semakin sulit menyisihkan uang untuk dana berlibur, sulit untuk menyisihkan uang untuk menabung dan berinvestasi, serta menyulitkan Anda untuk menabung biaya pendidikan anak.


Dengan semakin banyak hutang yang Anda kumpulkan, maka akan semakin sedikit jumlah yang bisa dihabiskan untuk hal yang lain.


Nah, itulah Alasan Utama Kenapa Sebaiknya Tidak Melakukan Pinjaman Bank


Total dibaca: 1769x | Berikan Komentar!


Penulis : Harus Tahu Ekonomi
Redaksi Harus Tahu

Dapatkan informasi seputar perkembangan dan berita ekonomi terbaru.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

MUNGKIN ANDA TERTARIK

Atasi masalah Kurap, Panu, Kudis dan Gatal dengan 4 tanaman ini
NULIS ?