10 Tradisi Ramadhan di Indonesia yang Wajib Diketahui

10 Tradisi Ramadhan di Indonesia yang Wajib Diketahui

10 Tradisi Ramadhan di Indonesia yang Wajib Diketahui

HarusTahu.info - Selamat datang di artikel ini! Kita akan membahas tentang 10 tradisi Ramadhan di Indonesia yang wajib diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Puasa

Puasa merupakan salah satu kewajiban umat muslim di bulan Ramadhan. Selama bulan ini, umat muslim di seluruh Indonesia berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

2. Sahur

Sahur adalah waktu makan sebelum memulai puasa. Di Indonesia, sahur biasanya dilakukan sekitar jam 3-4 pagi. Makanan yang biasa dikonsumsi saat sahur di Indonesia adalah nasi goreng, bubur ayam, atau soto.

3. Buka Puasa

10 Tradisi Ramadhan di Indonesia yang Wajib Diketahui

Buka puasa merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh Indonesia. Biasanya, buka puasa dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau teman-teman. Makanan yang biasa disajikan saat buka puasa di Indonesia antara lain kolak, ketupat, atau opor ayam.

4. Tarawih

Tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah shalat Isya' selama bulan Ramadhan. Di Indonesia, tarawih biasanya dilaksanakan di masjid atau musholla.


5. Takbiran

Takbiran adalah tradisi yang dilakukan pada malam hari menjelang Idul Fitri. Takbiran dilakukan dengan mengumandangkan takbir dan tasbih di masjid atau musholla.


6. Zakat

Zakat adalah kewajiban umat muslim untuk memberikan sebagian dari hartanya kepada yang membutuhkan. Di Indonesia, zakat biasanya diberikan melalui lembaga atau organisasi zakat seperti Baznas atau Dompet Dhuafa.

7. Lebaran

Lebaran atau Idul Fitri adalah hari raya umat muslim yang dirayakan setelah bulan Ramadhan berakhir. Di Indonesia, lebaran biasanya diisi dengan berkumpul bersama keluarga, mengunjungi sanak saudara, atau bermaaf-maafan.



8. Berbagi Takjil

Takjil adalah makanan kecil yang biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa. Di Indonesia, sering terlihat tradisi berbagi takjil kepada pengemudi ojek atau para pejalan kaki yang sedang berpuasa saat sore hari.

9. Berbuka Puasa di Masjid

Berpuasa dan buka puasa bersama di masjid atau musholla merupakan tradisi yang cukup populer di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas antar umat muslim.


10. Berqurban

Berqurban adalah tradisi yang dilakukan di hari raya Idul Adha. Di Indonesia, berqurban biasanya dilakukan dengan menyembelih kambing atau sapi yang kemudian dagingnya dibagikan kepada yang membutuhkan.

Itulah 10 tradisi Ramadhan di Indonesia yang wajib diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.



Hits: 711x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia
Roni Setya
Sastra, Jokes, And Blogger

Semua itu indah tinggal bagaimana cara kita menikmati hidup ini saja :)

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

MENARIK UNTUK DIBACA!

Tips dan Trik Menulis Ulasan Kuliner yang Menarik untuk Meningkatkan SEO
NULIS ?