Jago Lagu
Jago Lagu

Kelebihan dan Kekurangan Smartwatch Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Kelebihan dan Kekurangan Smartwatch Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Kelebihan dan Kekurangan Smartwatch Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli (harustahu.info)

HarusTahu.info - Smartwatch sudah menjadi unit khusus yang selalu menempel di tangan para milenial, pasalnya smartwatch memiliki beberapa fitur khusus selain jam tangan. Namun, ada kekurangan dan kelebihan yang perlu diketahui sebelum membeli jam pintar ini.

Apa itu Smartwatch?

Smartwatch merupakan perangkat wearable yang digunakan sebagai perpanjangan dari smartphone dan digunakan untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses informasi secara real-time. Smartwatch memiliki berbagai fitur seperti layar sentuh, sensor yang dapat mendeteksi gerakan, GPS, monitor detak jantung, dan banyak lagi.

Fungsi Smartwatch

Smartwatch dirancang untuk membantu penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dan memudahkan akses terhadap informasi yang dibutuhkan. Beberapa fungsi utama dari smartwatch adalah:

Memantau Kesehatan dan Kebugaran

Smartwatch dilengkapi dengan berbagai sensor yang dapat memantau aktivitas kesehatan dan kebugaran seperti detak jantung, jumlah langkah, jarak yang telah ditempuh, dan kalori yang terbakar. Dengan informasi ini, pengguna dapat memantau kesehatan mereka dan memperbaiki gaya hidup mereka untuk mencapai tujuan kebugaran yang lebih baik.

Notifikasi dan Komunikasi

Smartwatch memungkinkan pengguna untuk menerima notifikasi dari smartphone mereka seperti pesan teks, panggilan masuk, dan pemberitahuan dari aplikasi sosial media. Smartwatch juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan dan pesan teks tanpa harus mengeluarkan smartphone mereka dari saku.


Navigasi

Smartwatch dilengkapi dengan GPS yang memungkinkan pengguna untuk menentukan arah dan mencari lokasi tanpa harus melihat smartphone mereka. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian dan membutuhkan navigasi yang cepat dan mudah.


Kelebihan Smartwatch

Sebenarnya apa saja kelebihan yang dimiliki smartwatch?

Membantu tetap bugar


Fitur utama lain yang ditemukan di banyak smartwatch adalah melacak kebugaran (fitness tracking). Olahraga dan kesehatanmu dapat memengaruhi semangat serta fokus saat sedang bekerja.

Tetap aktif dan mempertahankan gaya hidup sehat akan membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari serta konsentrasi bekerja pada siang hari.


Menjaga tetap bekerja secara terorganisir

Kamu tidak bisa tetap produktif tanpa mengatur waktu dan kerja secara rapi. Dengan mempunyai smartwatch yang berkualitas, mencapai tujuan ini jadi lebih mudah.

Ada banyak cara untuk membuat jam tangan kamu bisa mengatur aktivitas atau pekerjaan yang lebih terorganisir. Pastikan untuk menyesuaikan layar beranda smartwatch dengan pekerjaan yang paling prioritas untuk dilakukan pada hari tersebut.


Memudahkan aktivitas di luar ruangan

Tipikal pekerjaan kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan? Jika begitu, kamu bisa manfaatkan smartwatch untuk mengetahui cuaca, berita terkini, detak jantung, hingga siklus menstruasi bagi perempuan.


Dengan memiliki banyak fitur yang mendukung aktivitas di luar ruangan, kamu jadi lebih siap sebelum beraktivitas, seperti tak lupa payung, obat-obatan, hingga pembalut.


Membantu fokus

Saat bekerja, tentunya kamu punya prioritas yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Smartphone memang bisa memberikanmu reminder untuk hal-hal ini.

Namun, jika reminder tersebut disimpan dalam perangkat yang sama dengan media sosial, bisa membuat kontrolmu tidak maksimal dalam mengutamakan pekerjaan.


Karena keterbatasan fiturnya yang tidak sebanyak smartphone, smartwatch justru membuat kamu jadi lebih fokus pada prioritas utama. Apalagi jika smartwatch tidak terhubung notifikasinya dengan media sosial.

Kekurangan Smartwatch

Ada kelebihan ada kekurangan, tentunya seperti pada smartwatch juga terdapat kekurangan atau kelemahan yaitu.

Baterai Boros

Penggunaan yang multifungsi tentu saja device smartwatch umumnya membutuhkan daya baterai yang tinggi dalam penggunaan, umumnya smartwatch dapat bertahan 3-4 hari sebelum pada akhirnya harus di charge ulang baterainya.

Ketergantungan

Selain dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, smartwatch memiliki dampak buruk bagi pengguna. Diantaranya adalah ketergantungan dan tidak bisa lepas dari device tersebut, misalnya kalkulator maka akan selalu mengandalkan smartwatch dalam hal perhitungan fungsi kalkulator.

Varian dan Style Terbatas

Selain urusan sumber tenaga, kekurangan smartwatch juga terdapat pada minimnya varian yang ditawarkan di pasaran — jika dibandingkan jam tangan konvensional. Memang bukan hal yang mengherankan karena smarwatch yang beredar pun masih terus mengalami pembaruan model sehingga belum sebanyak yang ditawarkan oleh produsen-produsen jam tangan konvensional.

Bukan Investasi Mewah

Hal terakhir yang menjadi kekurangan smartwatch ialah bahwa jam tangan jenis ini tidak dapat dikatakan sebagai aksesoris mewah sebagaimana citra yang melekat pada luxury watch jam tangan konvensional. Sebaik apapun fitur yang dimiliki smartwatch saat ini tidak mampu menggantikan gengsi yang dimiliki oleh jam tangan-jam tangan branded, semisal Rolex dan Patek Philippe.

Kesimpulan

Smartwatch merupakan perangkat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan dapat membantu penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas dengan lebih mudah. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, smartwatch dapat memantau kesehatan dan kebugaran, memberikan notifikasi dan komunikasi yang cepat, serta membantu navigasi pengguna.

Jadi, itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu smartwatch, kelebihan, kelemahan dan fungsi-fungsinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami lebih lanjut tentang perangkat wearable ini.


Hits: 5832x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia
Aries Puja
Tech Enthusiast

Tidur lebih Malam, Bangun lebih Pagi

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
Komentar ()

MENARIK UNTUK DIBACA!

10 Kendaraan Listrik Terbaik 2021: Solusi untuk Masalah Emisi
NULIS ?